Mitos Atau Fakta?! Tablet Tambah Darah Bikin Bayi Susah Lahir?

Kamis, 07 Desember 2023 | 13:38 WIB Penulis :


Fakta tentang TTD dan Kehamilan

Kemenkes mengatakan bahwa pakar medis hingga saat ini sepakat jika belum ada bukti ilmiah yang menyatakan mengonsumsi TTD akan membuat bayi menjadi susah lahir. Di dalam dunia medis, memang ada janin berukuran lebih besar yang membuat persalinan lebih sulit. Namun penyebabnya bukan karena rutin mengonsumsi TTD, ya. Janin yang melebihi ukuran normal umumnya terjadi karena ada riwayat obesitas, ibu memiliki diabetes, dan mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan. 

 

Sebaliknya, TTD justru diperlukan ibu hamil, lho. Di masa kehamilan, Moms membutuhkan sekitar 800 mg zat besi. Karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi TTD sebanyak 60 tablet selama masa kehamilannya sesuai saran dari Kemenkes.

 

Manfaat Mengonsumsi TTD saat Hamil

 

1. Memperkuat plasenta rahim

Agar kandungan tetap sehat dan berkembang, ibu hamil membutuhkan asupan TTD untuk menambah hemoglobin dalam tubuh. Nantinya, hemoglobin akan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan membuat plasenta rahim tetap kuat sampai persalinan.

 

2. Mengurangi risiko pendarahan saat persalinan

Pendarahan saat persalinan terjadi karena sirkulasi hemoglobin di bawah rata-rata. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika tidak dicegah dengan rutin minum TTD, peluang terjadinya pendarahan akan semakin meningkat.

 

3. Mencegah anemia pada bayi

Anemia ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, lho. Bayi dan anak-anak pun bisa terkena anemia. Jika tidak tertangani dengan baik, anemia akan menghambat pertumbuhan kognitif, sensorik, motorik, dan sosial di kemudian hari.

 

Jadi sekarang Moms sudah tahu, kan, kalau ternyata mengonsumsi TTD membuat persalinan susah adalah mitos. Sebaliknya, ibu hamil justru disarankan untuk rutin mengonsumsi TTD agar kandungan tetap sehat. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan gizi sesuai dengan ‘Isi Piringku’ dan rutin berkonsultasi dengan dokter selama kehamilan, ya.


 

———

 

Sumber:

Buku Pedoman Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi Ibu Hamil - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

https://ayosehat.kemkes.go.id/tablet-tambah-darah-bikin-bayi-susah-lahir-cek-faktanya-pk

https://ayosehat.kemkes.go.id/pentingnya-konsumsi-tablet-fe-bagi-ibu-hamil

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/182/anemia-defisiensi-besi-pada-anak

https://genbest.id/

Artikel Lainnya

Faktor usia menjadi salah satu pertimbangan ketika wanita berniat untuk memiliki momongan lagi. Terlebih ketika usia sudah menginjak kepala 4 dan masih ingin memiliki anak, apakah masih bisa dikatakan...

1. Bingung puting Penggunaan dot atau empeng dapat menimbulkan bingung puting, yaitu keadaan di mana bayi tidak mau menyusu lagi ke payudara ibu karena mekanisme hisapan yang berbeda antara menghis...

Pemilihan sabun cuci botol susu atau peralatan makan bayi harus dilakukan hati-hati dengan memperhatikan setiap kandungan bahan di dalamnya. Berikut tipsnya! 1. Pastikan produk pencuci peralat...

Masalah kulit ini sering terjadi pada bayi. Hal-hal di bawah ini perlu Bunda ketahui. Jerawat Kapan muncul? Dalam 30 hari pertama kehidupan bayi. Penyebab? Adanya pengaruh hormon dari Bunda, seh...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................