Manfaat Istimewa dari Menyusui Untuk Sang Ibu

Senin, 26 September 2016 | 16:59 WIB Penulis : Erni Wulandari


Menyusui merupakan proses pemberian nutrisi pada bayi yang dilakukan oleh ibu melalui air susu ibu atau yang biasa disebut dengan ASI. ASI ini merupakan makanan yang sangat baik dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk tumbuh kembang anak.

Maka dari itu peran Ibu dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari harus lebih dijaga dan diperhatikan, karena selain manfaat ASI untuk anak, ternyata banyak kebaikan Asi untuk sang Ibu itu sendiri. Berikut adalah manfaat meyusui untuk kesehatan ibu:

1. Mengurangi pendarahan setelah melahirka

Pendarahan pasca melahirkan akan berkurang karena kadar oksitosin meningkat sehingga pembuluh darah menutup dan pendarahan akan lebih cepat berhenti.

2. Mengurangi terjadinya anemia

3. Menurunkan risiko kanker payudara

4. Menjarangkan kehamilan

Selama ibu memberi ASI eksklusif dan sebelum haid 98% tidak akan hamil pada 6 bulan pertama. Sekitar 96% tidak akan hamil hingga bayi berusia 12 bulan.

5. Lebih praktis dan ekonomis

Bunda tidak perlu menyiapkan banyak hal untuk membuatkan susu untuk si buah hati. Selain itu, dengan ASI bunda akan menghemat pengeluaran untuk membelikan susu si kecil.

Ternyata tidak hanya bayi yang mendapatkan manfaat dari ASI. Banyak juga manfaat menyusui untuk kesehatan Ibu. Jadi mulai sekarang jangan ragu-ragu lagi untuk menyusui si kecil.

Artikel Lainnya

Siapa nih yang anaknya sudah mulai MPASI? Pasti bingung kan, kenapa setiap makanan dalam menu MPASI harus diberi lemak tambahan? Lalu sebenarnya apa sih manfaat dari lemak tambahan ini? Apa ...

Perubahan cuaca yang kerap terjadi terutama saat perubahan musim, mungkin membuat siapapun mengalami masuk angin. Terlebih bayi yang belum memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik, akan lebih besar k...

Ubi ungu dikatakan pakar merupakan bahan yang tepat bagi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Apa perannya bagi tumbuh kembang anak ? dr Julistio Djais, SpA(K), MKes, pakar nutrisi anak dari RS...

“Anak-anak terkena cacar air ?” tentu kita sering melihatnya. Bahkan kita mungkin juga pernah mengalaminya sendiri. Cacar air kita tentu familiar namun varisela, chicken pox,atau vari...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................