Kapan Usia Tepat Melatih Si Kecil Menggunakan Sendok?

Senin, 28 Juni 2021 | 16:11 WIB Penulis :


Namun tentunya hal ini baru bisa Moms lakukan ketika Si Kecil memang sudah siap dan memiliki keinginan sendiri untuk mau belajar ya, Moms.

Lalu apa tanda Si Kecil sudah bisa dilatih menggunakan sendok dan garpu makannya?

Menurut berbagai penelitian, dikatakan bahwa Si Kecil sudah bisa diajarkan makan sendiri sejak ia berusia 10-18 bulan, dimana kemampuan motoriknya sudah semakin matang.

Melatih Si Kecil menggunakan peralatan makannya sendiri, selain melatihnya agar lebih mandiri, juga dapat menstimulasi kemampuan motoriknya. Memang sih, prosesnya tidak akan mudah dan membutuhkan kesabaran. Namun setidaknya dengan melakukan beberapa hal berikut ini, melatih Si Kecil akan terasa lebih mudah bagi Mamas.

1.Mengenali tanda kesiapan Si Kecil. Sebelum Moms mengajari Si Kecil menggunakan sendok, Anda perlu memerhatikan apakah Si Kecil sudah menunjukkan tanda bahwa dirinya sudah tertarik menggunakan sendok. Hal ini bisa dilihat ketika Anda memberinya sendok, bagaimana responnya? Bila ia tampak tidak merespons atau bergerak aktif saat diberikan sendok tersebut, maka ia memang belum siap belajar menggunakan sendok.

2.Ajari kapan harus memakai sendok atau garpu. Bedakan kapan saat Si Kecil perlu menggunakan sendok, dan kapan ia bisa menggunakan garpu saat makan, lewat jenis makanannya. Si Kecil dapat menggunakan sendok saat ia makan bubur atau nasi tim, dan menggunakan garpu saat Anda menyuguhkan buah potong untuknya.

3. Gunakan sendok-garpu sesuai usia Si Kecil. Perlu Mamas pahami, ukuran sendok Si Kecil berbeda sesuai usianya. Karena itu, menggunakan sendok – garpu yang tepat sesuai usianya juga akan memudahkan Si Kecil untuk melatih kemampuannya menggunakan sendok ataupun garpu.

4.Gunakan high chair. Saat waktu makan, Mamas bisa mendudukkan Si Kecil di highchair atau menggunakan kursi dan meja yang sesuai dengan tubuh Si Kecil. Dengan begitu, ia akan lebih mudah menggunakan peralatan makannya.

Ingat ya Mamas, proses ini tak singkat dan membutuhkan kesabaran ekstra. Makanan tumpah dan baju kotor terkena makanan sudah pasti tak akan terhindarkan. Selamat mencoba! 

Source: http://www.smartmama.com/

Artikel Lainnya

Diabetes saat hamil dikenal juga dengan sebutan Diabetes Gestasional. Diabetes Gestasional perlu diwaspadai, tidak hanya berlaku untuk ibu yang mengalami obesitas dan memiliki...

Pasca melahirkan, para Mama pasti langsung dipusingkan dengan hal yang lain. Salah satunya adalah soal menyusui si Kecil. Ada banyak hal yang harus Mama cek faktanya seputar mengASIhi, apalagi kalau s...

Menatap wajah si Kecil, merasakan nafasnya yang lembut, dan mendekapnya dengan lembut saat menyusui, sungguh membuat hati terasa tentram ya, Bu. Rasanya, segala penat hilang seketika. Momen menyusui m...

Kadang, Mama atau Papa terlalu seru bermain dengan si Kecil sampai lupa bahaya mengintai! Bayi memang sangat menggemaskan! Semua orang pasti sependapat dengan itu. Saking menggemaskannya, Mama ingi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................