Hal yang harus di lakukan saat social distancing?dikutip dari New York Times dan Kementerian Kesehatan RI.

Jumat, 20 Maret 2020 | 15:34 WIB Penulis :


1. Hindari Transportasi Umum

Kita harus meminimalkan kontak dengan orang. Hindari transportasi umum jika memungkinkan. Batasi perjalanan yang tidak penting. Jika harus menggunakan transportasi umum, kamu harus menggunakan masker, sarung tangan, dan memakai hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, serta jangan memegang barang-barang logam di alat transportasi.

2. Bekerja dari Rumah

Sesuai anjuran Presiden Jokowi, kita harus bekerja dari rumah. Namun masih banyak perusahaan yang tetap mengharuskan karyawannya bekerja. Atau pun harus bergantian masuk kantor dan work from home dengan karyawan lainnya.

Bagi yang harus kerja ke kantor, ada beberapa tips agar tidak menulari orang rumah yang sudah melakukan sosial distancing. Tipsnya antara lain jika baru pulang, langsung buka baju serta celana dan rendam dengan air deterjen semalaman. Atau bisa juga baju dan celana langsung dicuci.

3. Hindari Pertemuan dengan Banyak Orang

Cara sosial distancing lainnya yakni menghindari pertemuan dengan banyak orang. Dr. Gerardo Chowell, ketua ilmu kesehatan populasi di Georgia State University, menyatakan pertemuan yang melibatkan banyak orang akan berdampak pada penyebaran virus corona.

Bahkan untuk kamu yang masih muda dan tidak memiliki faktor risiko apa pun, jangan keluar rumah kalau tidak perlu. Anak muda sama sekali tidak kebal. Bahkan orang yang hanya menunjukkan gejala ringan dapat menularkan virus corona ke banyak orang, terutama pada awal infeksi, bahkan sebelum mereka menyadari bahwa mereka sakit. Jadi, kamu dapat menjaga rantai infeksi pada keluarga yang lebih tua atau berisiko tinggi. Kamu juga dapat berkontribusi pada jumlah orang yang terinfeksi dan menyebabkan pandemi berkembang pesat.

 

4. Boleh Keluar Sebentar untuk Olahraga

Para ahli sepakat bahwa kita boleh pergi keluar rumah untuk mendapatkan udara segar dan berolahraga misalnya naik sepeda.
Kamu juga mungkin perlu meninggalkan rumah untuk membeli obat-obatan atau hal penting lainnya. Tetapi perlu diperhatikan untuk menjaga diri dan orang lain aman selama dan setelah keluar rumah.

Saat kamu meninggalkan rumah, usap tangan dengan sanitizer dan hindari menyentuh wajah. Selain itu sering-seringlah mencuci tangan, terutama ketika baru datang dari bepergian, sebelum makan atau sebelum kamu berhubungan dengan orang yang sangat tua atau sangat muda.

5. Boleh Belanja Sebentar

Belanja sebentar diperbolehkan saat melakukan social distancing. Namun beli sekaligus untuk meminimalkan bolak-balik untuk belanja. Selain itu pilih waktu belanja yakni ketika toko sedang tidak ramai.

Saat kamu belanja di supermarket atau pasar, ketahuilah bahwa permukaan apa pun di dalam toko mungkin terkontaminasi. Gunakan lap desinfektan untuk misalnya membersihkan pegangan keranjang belanjaan. Para ahli tidak merekomendasikan memakai sarung tangan, tetapi pastikan kamu tidak menyentuh wajah sampai kamu telah melepas sarung tangan.

6. Pakai Masker

Kemenkes juga menyarankan dalam social distancing untuk selalu gunakan masker. Ganti setiap hari dan langsung buang ke tempat sampah tertutup, kemudian cuci tangan dengan benar. Selain itu konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, dan hindari pemakaian bersama alat makan (piring, sendok, garpu, dan gelas).

Source :detik.com

Artikel Lainnya

Apakah bayi Anda suka menguap, Moms? Lucu, ya! Menguap memang sering dikaitkan dengan rasa kantuk. Tapi apakah hal ini berlaku juga untuk bayi? Apalagi kalau mengingat bayi lebih banyak menghabiskan w...

Ibu hamil dan menyusui, ternyata lebih rentan terkena virus corona. Untuk itu, para ibu wajib tahu cara mencegah penularan virus corona berikut ini. Semakin hari, jumlah korban akibat virus corona ...

Kalau sudah digendong, bayi Bunda pasti menangis begitu diturunkan. Meski sudah mengantuk, ia pun tak akan bisa langsung terlelap di boksnya, sebelum digendong sambil diayun. Apakah itu karena ia tela...

Bagaimana cara melewati masa wonder week pada bayi Saat bayi Bunda mengalami periode wonder week, tentu Bunda akan melewati hari yang serba terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah. Bahk...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................