Hal yang harus di lakukan saat social distancing?dikutip dari New York Times dan Kementerian Kesehatan RI.

Jumat, 20 Maret 2020 | 15:34 WIB Penulis :


1. Hindari Transportasi Umum

Kita harus meminimalkan kontak dengan orang. Hindari transportasi umum jika memungkinkan. Batasi perjalanan yang tidak penting. Jika harus menggunakan transportasi umum, kamu harus menggunakan masker, sarung tangan, dan memakai hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, serta jangan memegang barang-barang logam di alat transportasi.

2. Bekerja dari Rumah

Sesuai anjuran Presiden Jokowi, kita harus bekerja dari rumah. Namun masih banyak perusahaan yang tetap mengharuskan karyawannya bekerja. Atau pun harus bergantian masuk kantor dan work from home dengan karyawan lainnya.

Bagi yang harus kerja ke kantor, ada beberapa tips agar tidak menulari orang rumah yang sudah melakukan sosial distancing. Tipsnya antara lain jika baru pulang, langsung buka baju serta celana dan rendam dengan air deterjen semalaman. Atau bisa juga baju dan celana langsung dicuci.

3. Hindari Pertemuan dengan Banyak Orang

Cara sosial distancing lainnya yakni menghindari pertemuan dengan banyak orang. Dr. Gerardo Chowell, ketua ilmu kesehatan populasi di Georgia State University, menyatakan pertemuan yang melibatkan banyak orang akan berdampak pada penyebaran virus corona.

Bahkan untuk kamu yang masih muda dan tidak memiliki faktor risiko apa pun, jangan keluar rumah kalau tidak perlu. Anak muda sama sekali tidak kebal. Bahkan orang yang hanya menunjukkan gejala ringan dapat menularkan virus corona ke banyak orang, terutama pada awal infeksi, bahkan sebelum mereka menyadari bahwa mereka sakit. Jadi, kamu dapat menjaga rantai infeksi pada keluarga yang lebih tua atau berisiko tinggi. Kamu juga dapat berkontribusi pada jumlah orang yang terinfeksi dan menyebabkan pandemi berkembang pesat.

 

4. Boleh Keluar Sebentar untuk Olahraga

Para ahli sepakat bahwa kita boleh pergi keluar rumah untuk mendapatkan udara segar dan berolahraga misalnya naik sepeda.
Kamu juga mungkin perlu meninggalkan rumah untuk membeli obat-obatan atau hal penting lainnya. Tetapi perlu diperhatikan untuk menjaga diri dan orang lain aman selama dan setelah keluar rumah.

Saat kamu meninggalkan rumah, usap tangan dengan sanitizer dan hindari menyentuh wajah. Selain itu sering-seringlah mencuci tangan, terutama ketika baru datang dari bepergian, sebelum makan atau sebelum kamu berhubungan dengan orang yang sangat tua atau sangat muda.

5. Boleh Belanja Sebentar

Belanja sebentar diperbolehkan saat melakukan social distancing. Namun beli sekaligus untuk meminimalkan bolak-balik untuk belanja. Selain itu pilih waktu belanja yakni ketika toko sedang tidak ramai.

Saat kamu belanja di supermarket atau pasar, ketahuilah bahwa permukaan apa pun di dalam toko mungkin terkontaminasi. Gunakan lap desinfektan untuk misalnya membersihkan pegangan keranjang belanjaan. Para ahli tidak merekomendasikan memakai sarung tangan, tetapi pastikan kamu tidak menyentuh wajah sampai kamu telah melepas sarung tangan.

6. Pakai Masker

Kemenkes juga menyarankan dalam social distancing untuk selalu gunakan masker. Ganti setiap hari dan langsung buang ke tempat sampah tertutup, kemudian cuci tangan dengan benar. Selain itu konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, dan hindari pemakaian bersama alat makan (piring, sendok, garpu, dan gelas).

Source :detik.com

Artikel Lainnya

MPASI alias Makanan Pendamping Air Susu Ibu (ASI) bisa diberikan pada bayi ketika ia sudah berusia 6 bulan. Lantas, mengapa pemberian MPASI harus menunggu sampai anak berusia 6 bulan ya. Mengacu pa...

Seharian berada di luar ruangan atau sedang berlibur di daerah tropis, membuat kulit terpapar sinar matahari lebih banyak, sehingga kulit pun jadi merah karena terbakar. Lalu, bagi Bunda yang hobi ber...

Dari sekian banyak perkembangan yang terjadi selama berbulan-bulan kehidupan bayi Bunda, perkembangan yang paling ditunggu biasanya adalah “berjalan”. Kapan ya si kecil mulai bisa berjalan...

Terapi laser bisa digunakan salah satunya untuk menghilangkan tanda lahir. Lantas, bagaimana jika prosedur ini diterapkan pada anak-anak? "Treatment laser sejak anak-anak bisa dilakukan. Sebab...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................