5 Hal yang Sering Mengganggu Tidur Bayi

Selasa, 29 Juni 2021 | 13:55 WIB Penulis :


Memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas sangat baik untuk proses tumbuh kembang bayi. Namun, tak sedikit bayi yang kerap terbangun saat tidur di malam hari. Hal apa sajakah yang bisa mengganggu tidur bayi?

Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari orang dewasa, yakni 14–16 jam dalam sehari. Bila tidak mendapatkan tidur yang cukup, bayi tidak hanya jadi mudah rewel, tapi juga bisa mengalami gangguan dalam berbagai aspek tumbuh kembang, misalnya gangguan pertumbuhan dan kemampuan berpikir.

Hal-Hal yang Bisa Mengganggu Tidur Bayi

Tanpa Bunda sadari, sebenarnya ada banyak hal yang bisa mengganggu tidur Si Kecil, lho. Beberapa di antaranya adalah:

1. Suhu kamar yang tidak nyaman

Suhu kamar yang terlalu panas atau dingin bisa membuat bayi susah tidur, sehingga ia akan menangis padahal sudah sangat mengantuk. Agar buah hati bisa tidur dengan nyaman, pastikan suhu ruangannya sejuk. Adapun suhu yang dianjurkan yaitu 20–22O C.

Selain itu, perhatikan pula pakaian tidur yang bayi gunakan. Pastikan bahan pakaian mudah menyerap keringat dan tidak terlalu tebal, supaya ia bisa tidur dengan nyenyak. Hindari pula memakaikan selimut pada bayi. Selain membuatnya gerah, penggunaan selimut justru berisiko menyebabkan Si Kecil sulit bernapas atau tercekik.

2. Suara berisik

Sejak di dalam kandungan, bayi memang sudah terbiasa mendengar banyak jenis suara. Ini menyebabkan bayi bisa tidur tenang dengan sedikit suara di dalam kamarnya, misalnya suara radio dalam volume pelan.

Akan tetapi, bayi tetap akan terganggu dengan suara-suara yang terlalu berisik, misalnya suara orang tertawa keras, suara jendela atau pintu yang terbanting, atau suara petir. Oleh karena itu, usahakan untuk mengurangi suara-suara seperti ini selama Si Kecil tidur ya, Bun.

3. Terlalu banyak tidur siang

Terlalu banyak tidur siang justru bisa mengganggu jam tidur bayi saat malam hari, lho. Pada bayi baru lahir yang belum bisa membedakan malam dan pagi hari, jadwal tidur siang dan malamnya memang belum dapat diprediksi. Jadi, Bunda memang harus bersabar saja di fase ini.

Namun sering bertambahnya usia, pola tidur anak mulai teratur. Pada usia 4–9 bulan misalnya, umumnya bayi membutuhkan tidur siang sebanyak 2–3,5 jam. Dengan menerapkan jam tidur dan bangun yang konsisten setiap hari, baik itu di siang ataupun malam hari, Si Kecil bisa terbiasa memiliki pola tidur yang baik dan tidur nyenyak di malam hari.

4. Lapar

Ketika merasa lapar, umumnya bayi akan terbangun dan menangis di malam hari, apalagi bayi baru lahir. Tanda Si Kecil lapar adalah ia akan mencari dada Bunda dan membuat suara mengecap. Bayi baru lahir yang minum ASI eksklusif bahkan bisa terbangun setiap 2–3 jam sekali.

Jika bayi bangun dan menunjukkan tanda lapar, jangan membiarkannya, ya, Bun. Meski melelahkan, memenuhi kebutuhan ASI bayi sangatlah penting, apalagi jika ia baru lahir.

5. Gangguan kesehatan

Gangguan kesehatan, seperti sakit gigi dan sakit perut, juga bisa membuat buah hati mudah terbangun di malam hari, walau sebelumnya ia sudah terlelap tidur. Saat tubuhnya sedang tidak fit, bayi akan merasa tidak nyaman dan menangis terus. Bila mengalaminya, sebaiknya Bunda konsultasikan dengan dokter.

Itulah 5 hal yang sering mengganggu tidur bayi di malam hari. Bila Si Kecil masih saja sering terbangun di malam hari meski tidak ada gangguan tersebut, Bunda tidak perlu terlalu khawatir dulu. Ada kalanya bayi terbangun hanya karena ingin bermain dengan ibunya, lho.

Namun, jika Bunda khawatir atau bila keluhan sering terbangun di malam hari ini diikuti gejala lain, seperti demam atau menangis keras dan sulit untuk ditenangkan, sebaiknya periksakan Si Kecil ke dokter, ya, Bun.

Source: www.alodokter.com

Artikel Lainnya

Tidak usah heran jika seorang ibu hanya punya waktu untuk dirinya sendiri, alias me time, amat terbatas. Bayangkan, waktu 24 jam yang dia miliki, digunakan untuk melakukan banyak hal. Selain mengurus ...

Ketika seorang ibu merasakan kebahagiaan melalui peran barunya dalam merawat Si Kecil, salah satu hal yang memiliki dampak besar pada kebahagiaan tersebut adalah kelancaran pemberian air susu ibu (ASI...

Ibu yang baru melahirkan memerlukan nutrisi dan energi ekstra untuk bisa menjalani proses pemulihan pascapersalinan dengan baik. Selain itu, merawat buah hati yang baru lahir juga memerlukan tenaga ek...

Ada banyak alasan mengapa memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan sangat penting.  Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ibu ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh buah ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................