PERHATIKAN INI KETIKA MEMBELI SABUN MANDI BAYI

Jumat, 17 September 2021 | 13:06 WIB Penulis :


Rasanya tak tahan, ya Bunda… bila tidak mencium kulit bayi kita yang lembut dan kenyal, sehari saja. Aromanya yang khas dengan wangi segar yang terpancar dari kulit bayi yang lembut dan kenyal, apalagi melihat tingkah bayi yang menggemaskan membuat Bunda sulit berpaling terlalu lama darinya.
 
Di sisi lain, kulit bayi yang lembut kenyal itu nyatanya masih sensitif, sehingga rentan terserang berbagai masalah kulit. Bisa mengalami biang keringat, ruam susu, iritasi, dermatitis, ruam popok, dan lain-lain. Salah satu faktor yang membuat kondisi kulit bayi makin parah adalah pemilihan produk perawatan kulit yang kurang teliti.
 
Agar Bunda bisa lebih bijak saat memilih produk perawatan kulit bayi yang tidak berbahaya untuknya, tentu kita wajib cermat dan mengikuti informasi yang tepat, tidak asal rekomendasi atau endorsement sembarang. Produk yang menawarkan   busa berlimpah bukan pilihan baik. Jangan tergoda dengan produk import atau produk dengan ukuran kemasan yang besar dan asal harga murah, tetapi perhatikan kualitas dari produk tersebut.
 


Ketika membeli produk perawatan untuk bayi, Bunda perlu perhatian khusus pada kandungan atau bahan-bahan yang terdapat di dalam produk. Tak jarang ada zat yang justru dapat semakin membuat kulit bayi iritasi. Hindari produk yang menggunakan SLS atau Sodium Laureth Sulfate / Sodium Lauryl Sulfate.
 
Apa itu SLS ?   Ini adalah bahan dasar kimia aktif yang banyak digunakan dalam produk pembersih, kosmetika, dan produk perawatan pribadi seperti sabun cair, sampo, deterjen, sabun cuci piring dan pasta gigi. Fungsi utama SLS ini sebagai pembersih (surfaktan) dan untuk membuat busa atau gelembung.
 
Apakah SLS ini aman bagi bayi dan anak-anak? Tentu tidak, dong. Menurut sebuah jurnal ilmiah International Journal Toxicology, SLS memiliki efek melucuti lapisan minyak di kulit tubuh manusia yang berisiko mengakibatkan iritasi dan mengikis kulit manusia. Penelitian ini juga menemukan adanya indikasi gangguan sistem imun pada tubuh manusia, khususnya yang berhubungan dengan lapisan kulit. Ini daftar bahaya SLS :

- Iritasi pada kulit bayi karena bahan ini mengikis lemak pada kulit. Padahal lemak  berfungsi  melindungi kulit dari radikal bebas, dan menjaga agar kulit tetap lembap. Pengikisan ini berisiko menyebabkan kulit menjadi kering, kasar, kemerahan bahkan mengelupas.

- Iritasi pada mata bayi. Jika tidak segera dibilas, sabun mandi yang mengandung SLS menyebabkan mata anak menjadi pedih dan merah.

Masalahnya, SLS ini justru sering kali dipakai pada produk sabun mandi bayi dan anak balita. Tujuannya, agar dapat menciptakan gelembung, yang sebenarnya tidak meningkatkan kemampuan untuk membersihkan.
 
Lantas, bagaimana cara melindungi bayi dan balita kita dari SLS?  Satu-satunya cara untuk melindungi anak dari senyawa berbahaya ini adalah dengan menghindari semua jenis produk yang mengandung SLS.

Sebelum membeli, baca secara teliti kandungan yang terdapat di dalam sabun mandi anak. Cermati dan waspada, dalam daftar kandungan bahan yang terdapat di kemasan sabun bayi, SLS bisa juga ditulis dengan nama lain yaitu sodium dodecyl sulphatelauryl sodium sulphatesodium n-dodecyl sulphatelauryl sulphate sodium salt, atau anionic surfactant.
 
Bunda bisa memilih produk yang tidak mengandung SLS, salah satunya PUREBB Liquid Soap, yang diformulasi tanpa tambahan SLS (No Added SLS) dan Low Hazard, ini merupakan konsep internasional terbaru bahwa produk untuk bayi menggunakan bahan baku dan material yang aman atau rendah hazard levelnya.

PUREBB Liquid Soap diperkaya dengan bahan alami Oat Kernel dan Chamomile yang memang digunakan untuk mencegah dan mengatasi gangguan dan radang pada kulit, serta pro-vitamin B5. PUREBB Liquid Soap juga tidak mengandung paraben (pengawet yang membahayakan kulit), lembut di mata dan pH-nya sesuai dengan kadar keasaman kulit bayi.

Sabun cair ini sudah teruji klinis Dermatology Tested sehingga cocok, tepat dan baik untuk kulit bayi, mulai dari new born alias bayi baru lahir, untuk bayi lahir prematur dan bayi yang memiliki kulit  sensitif.
 


PUREBB Liquid Soap yang berupa sabun cair ini sudah terbukti tidak memicu iritasi atau menimbulkan gangguan kulit, seperti biang keringat, alergi, eczema atau eksim, dan masalah kulit lainnya.

Sebaliknya, kulit yang sedang mengalami iritasi harus mandi agar bersih, tetapi mandinya harus pakai sabun khusus, sabun yang tidak mengandung deterjen SLS, jadi mandi menggunakan PUREBB Liquid Soap justru dapat membantu proses penyembuhan dan perawatan kulit bayi.
 
PUREBB Liquid Soap di produksi di perusahaan farmasi standar GMP (Good Manufacturing Practice), jadi bunda merasa lebih aman dan terjamin. PUREBB Liquid Soap merupakan salah satu produk dari brand yang sudah berumur 10 tahun ini dan brand yang meng-kampanye-kan Low Hazard.
 
Ingat ya Bunda, yang berbusa-busa, belum tentu baik. Ingat kulit sensitif, kulit bayi, kulit newborn dan premature baby gunakan PUREBB Liquid Soap.

 

Source: www.ayahbunda.co.id/

Artikel Lainnya

Cara yang tepat menyimpan sayuran, supaya tetap terjamin kualitasnya saat akan dikonsumsi keluarga Bunda : Dikemas Ulang Sayuran yang berdaun seperti kangkung atau bayam dan cenderung mudah...

“Anak-anak terkena cacar air ?” tentu kita sering melihatnya. Bahkan kita mungkin juga pernah mengalaminya sendiri. Cacar air kita tentu familiar namun varisela, chicken pox,atau vari...

Baik intermittent fasting maupun puasa yang diwajibkan bagi umat muslim, berpuasa seperti yang telah disebutkan sebelumnya memang tidak berbahaya bagi ibu menyusui.  Namun, melakukan...

Bayi Anda baru saja selesai menyusu, tidak lama kemudian ia mengeluarkan susu tersebut dari mulutnya. Apakah ia muntah? Atau ia sedang mengalami gumoh? Apa bedanya gumoh dan muntah? Apa itu gumoh? ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................