5 Hal yang Seharusnya Tidak Boleh Dipaksakan Pada Anak

Senin, 10 Oktober 2016 | 16:54 WIB Penulis : Erni Wulandari


Orangtua memang bertanggung jawab besar terhadap perkembangan kepribadian anak. Bagaimana pun, pelajaran pertama yang didapat anak adalah dari orangtua, berasal dari rumah.

Tapi sebagai orangtua, kamu juga tak bisa memaksakan beberapa hal pada anak meski kamu pikir hal-hal tersebut sepertinya baik untuk mereka. Seperti misalnya beberapa hal berikut ini.

1. Bohong (secara langsung atau tidak langsung)

Meski berbohong memang tak baik, tapi anak juga harus diajarkan situasi seperti apa mereka bisa berkata jujur dan situasi apa mereka bisa bohong. Dalam perjalanan hidupnya, bagaimana pun, ia akan belajar bohong dengan sendirinya.

2. Melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai

Ketika anak tak bisa Matematika atau belajar hitungan, jangan buru-buru memarahinya. Karena bukan berarti anak tak punya kemampuan, kemungkinan besar bidang keahlian atau kecerdasannya lain, di bidang bahasa mungkin atau di bidang seni? Setiap anak pasti punya bakat dan kecerdasan sendiri.

3. Bicara atau ramah kepada orang asing

Mendidik anak menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan memang baik, tapi jangan kemudian sembarangan mengajarkan anak untuk ramah dan baik pada semua orang. Anak tak sebaiknya ramah pada orang asing atau tak dikenal apalagi tidak dalam pengawasan atau di dekatmu.

4. Memaksa makan ketika mereka tak ingin

Anak terkadang memang susah makan, tapi daripada memaksa mereka makan, akan lebih baik bertanya pada mereka apa yang ingin mereka makan. Tawari makan, jika memang tidak mau, jangan dipaksa. Memaksanya akan membuat mereka trauma dan benci ketika waktunya makan.

5. Melakukan “diet”

Membatasi makanan anak memang perlu, apalagi yang manis dan jajanan tak sehat. tapi bukan berarti kamu benar-benar mengatur anak harus makan buah dan sayur saja. Anak yang masih kecil tidak seharusnya diet. Anak perlu mengenal semua jenis makanan, namun bukan berarti kamu membiarkan ia makan segalanya, apalagi mie instan dan junk food.

Menjadi orangtua memang tak mudah ya Bunda. Ada banyak hal ini itu yang perlu dipelajari, tak masalah. Semua ini adalah proses belajar, jadi percaya dirilah bisa mengasuh anak dengan baik.

 

Sumber : parents.co.id

Artikel Lainnya

Musim hujan belum berakhir ya mom,  intensitas hujan yang masih tinggi seringkali membuat suhu menjadi turun. Hal tersebut menyebabkan cuaca akan terasa lebih dingin. Cuaca dingin se...

Mungkin Moms harus mempertimbangkan untuk memulai rutinitas perawatan kulit selama kehamilan. Apa saja tips untuk merawat kulit sensitif ibu hamil? Kita simak di bawah ini ya. 1. Rajin Bersihkan...

Menghukum anak dengan cara memukul dan menjewer, memang sangat ampuh untuk membuat anak yang berulah untuk diam dan nurut. Namun, hati-hati untuk orangtua yang menerapkan pukulan sebagai metode pol...

ISK pada ibu hamil adalah hal yang umum terjadi dan ini juga merupakan penyakit umum yang kerap menyapa perempuan. ISK pada ibu hamil wajib diperiksakan supaya mendapat pengobatan yang tepat karena bi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................