Kenali Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selasa, 11 Januari 2022 | 16:41 WIB Penulis :


Berikut ini Tanda-Tanda Akan Melahirkan ; 


1. Keluar lendir atau flek
Tanda akan melahirkan yang pertama yaitu keluar lendir atau flek. Bertambahnya cairan lendir pada vagina menunjukkan bahwa tubuh sedang berlatih melumasi jalan lahir pada bayi sehingga bayi akan lebih mudah keluar saat waktunya tiba. Pada masa ini, mulut rahim akan melunak untuk mempersiapkan kelahiran sang buah hati.

2. Nyeri punggung
Tanda akan melahirkan yang kedua yaitu nyeri punggung. Nyeri punggung biasa dirasakan beberapa wanita saat awal persalinan. Nyeri yang dimulai dengan sakit pada punggung bagian bawah ini merupakan hal yang normal dialami saat ibu akan melahirkan. Nyeri pada punggung dapat diredakan dengan parasetamol dosis rendah yang tentunya harus diresepkan dokter.

3. Kram
Tanda akan melahirkan yang ketiga yaitu kram atau nyeri pada perut. Ketika ibu mengalami kram seperti saat datang bulan bisa jadi itu merupakan tanda ibu akan segera melahirkan. Bila tidak nyaman saat mengalaminya, cobalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman, rileks, dan meredakan nyeri pada perut.

4. Air ketuban pecah
Air ketuban pecah juga merupakan tanda akan melahirkan. Bayi yang mengambang di dalam kantung berisi air ketuban selama masa kehamilan ini sesaat sebelum lahir kantung ketubannya akan pecah. Ini merupakan pertanda bahwa kelahiran sudah sangat dekat.

5. Gangguan perut
Mengalami gangguan perut seperti diare juga merupakan salah satu tanda akan melahirkan. Bila tubuh mengalami gangguan perut, bisa jadi tubuh sedang bersiap-siap untuk menghadapi persalinan. Ini merupakan tanda yang normal terjadi. Pasalnya, hormon prostaglandin menstimulasi perut untuk membantu mematangkan serviks yang menyebabkan leher rahim akan mulai terbuka. Aktivitas hormon ini lah yang dapat menyebabkan diare pada ibu. Untuk mengatasinya, teruslah minum air untuk meringankan gejalanya.

6. Muntah
Selain menjadi tanda-tanda kehamilan, muntah juga menjadi tanda-tanda akan melahirkan. Bila sedang hamil tua, ibu akan memuntahkan apa yang dimakannya. Beberapa orang mengatakan, muntah-muntah ini disebabkan oleh perpaduan rasa takut, nyeri, gairah, juga efek hormon.

7. Kontraksi
Kontraksi merupakan tanda akan melahirkan yang paling lazim terjadi. Saat kontraksi, rahim akan mengencang dan mengendur untuk mempersiapkan kelahiran sang bayi. Proses mengencang-mengendur inilah yang disebut dengan kontraksi dan menyebabkan rasa sakit.

8. Merasa lebih ringan
Merasa lebih ringan juga merupakan salah satu tanda akan melahirkan. Ketika tanggal kelahiran semakin dekat, ibu akan merasa beban di perut mereka semakin ringan. Hal ini terjadi karena bayi cenderung turun dan menetap di sekitar panggul. Kondisi ini juga akan membantu ibu bernapas lebih lega dari sebelumnya.

9. Menggigil
Meski tidak demam, menggigil juga bisa menjadi salah satu tanda akan melahirkan. Menggigil merupakan tanda umum yang akan dialami ibu ketika kelahiran akan terjadi.

10. Nafsu makan meningkat
Tanda akan melahirkan yang terakhir yaitu nafsu makan meningkat. Selama masa kehamilan, ibu cenderung akan mengidamkan makanan tertentu. Namun, bila nafsu makan ini meningkat drastis, artinya tanggal kelahiran sang bayi sudah semakin dekat.
 

Source : https://health.detik.com/

Artikel Lainnya

Kulit bayi baru lahir memang terkenal lembut dan sensitif. Tapi, ada beberapa bayi yang memang terlahir dengan jenis kulit sensitif. Oleh karena itu, orangtua harus lebih jeli mengenali ciri kulit bay...

Si kecil  berusia 1 bulan?? Kira kira mainan apa yang cocok untuk si kecil ya mom?   Sebagai ibu baru mungkin Anda bertanya-tanya, apa keajaiban yang akan diciptakan bayi seiri...

Ikan adalah salah satu makanan yang direkomendasikan untuk MPASI bayi karena nilai gizinya yang tinggi. Tak melulu salmon, ikan-ikan yang lazim kita jumpai di pasar dekat rumah pun tak kalah bergizi l...

Hamil lagi setelah baru beberapa bulan melahirkan bisa saja terjadi. Ini menyebabkan bayi lahir ketika kakaknya kemungkinan masih butuh menyusu. Mau tidak mau, Mom harus menyusui dua anak sekaligus at...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................