Mitos atau Fakta? Bentuk Perut Ibu Hamil Menentukan Jenis Kelamin Janin?

Selasa, 18 Oktober 2022 | 16:58 WIB Penulis :


Mengetahui kelamin janin menjadi salah satu kabar yang ditunggu-tunggu para calon orang tua. Tak jarang, banyak orang menebak jenis kelamin bayi dari bentuk perut ibunya, lho. Informasi ini sudah dipercaya sejak dahulu kala.

Ada yang mengatakan bahwa bentuk perut sedikit lonjong tandanya ia hamil anak laki-laki. Namun, jika bulat sempurna berarti anak perempuan.

Istilah-istilah ini sering kita dengar hingga saat ini bukan, Moms?

Namun, benarkah kita bisa mengetahui jenis kelamin hanya dari bentuk fisik perut ibu?

Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut terkait ini kita langsung tanya kepada ahlinya saja, yuk!

Tema "Expert Room" kali ini tentang menguak fakta seputar menentukan jenis kelamin bayi dari bentuk perut ibu yang akan dijawab dan dijelaskan langsung oleh seorang dokter yang ahli di bidangnya.

Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi RSIA Bina Medika, dr. Hasra D. Dianika, Sp.OG, akan menjelaskan terkait kelamin bayi dari ciri fisik perut.

 

 

Menentukan Jenis Kelamin Bayi dari Bentuk Perut Ibu

Bagaimana pendapat ahli terkait menentukan jenis kelamin bayi dari bentuk perut?

"Sebenarnya tidak ada teori penentuan jenis kelamin bayi dari ciri-ciri fisik tertentu atau perut ibu," terang dr. Hasra D. Dianika, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi RSIA Bina Medika.

Ini merupakan mitos yang dibawa orang zaman dulu dalam memprediksi jenis kelamin bayi.

Hingga saat ini belum ada ditemukan bukti ilmiah bahwa ciri-ciri fisik dapat menentukan kelamin janin itu sendiri.

Lantas, bagaimana kita bisa mengetahui jenis kelamin bayi?

Melansir Australian Journal of Ultrasound in Medicine, pada kehamilan ke-14 minggu jenis kelamin bayi mulai terlihat jelas.

Pada minggu ke-14 dan 20, dokter kandungan dapat memprediksi anak yang dikandung itu laki-laki atau perempuan melalui USG.

Adapun teknik lain yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya, seperti tes DNA prenatal. Umumnya dilakukan pada minggu ke-10 kehamilan.

Namun, ini bukan untuk tes khusus untuk mengetahui kelamin bayi, melainkan memeriksa sel-sel janin terkait kelainan kromosom.

 

Source : www.orami.co.id

Artikel Lainnya

Kulit Si Kecil di usia bayi memang perlu dilindungi dengan ekstra, karena lapisan pelindungnya masih belum terbentuk dengan baik. Karenanya, tidak jarang bayi memiliki tanda kulit bayi sensitif. La...

Alih-alih melatih bayi berjalan, nyatanya baby walker justru menghambat perkembangan Berjalan adalah salah satu tonggak perkembangan bayi yang dinanti-nanti orangtua. Dimulai dari mampu duduk sendi...

Banyak orangtua muda yang masih bingung mengenai sleep training untuk buah hati. Dilansir Health Essentials, menurut dokter anak Noah Schwartz, MD, sleep training merupakan pr...

Menatap wajah si Kecil, merasakan nafasnya yang lembut, dan mendekapnya dengan lembut saat menyusui, sungguh membuat hati terasa tentram ya, Bu. Rasanya, segala penat hilang seketika. Momen menyusui m...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................