Mitos atau Fakta? Bentuk Perut Ibu Hamil Menentukan Jenis Kelamin Janin?

Selasa, 18 Oktober 2022 | 16:58 WIB Penulis :


Mengetahui kelamin janin menjadi salah satu kabar yang ditunggu-tunggu para calon orang tua. Tak jarang, banyak orang menebak jenis kelamin bayi dari bentuk perut ibunya, lho. Informasi ini sudah dipercaya sejak dahulu kala.

Ada yang mengatakan bahwa bentuk perut sedikit lonjong tandanya ia hamil anak laki-laki. Namun, jika bulat sempurna berarti anak perempuan.

Istilah-istilah ini sering kita dengar hingga saat ini bukan, Moms?

Namun, benarkah kita bisa mengetahui jenis kelamin hanya dari bentuk fisik perut ibu?

Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut terkait ini kita langsung tanya kepada ahlinya saja, yuk!

Tema "Expert Room" kali ini tentang menguak fakta seputar menentukan jenis kelamin bayi dari bentuk perut ibu yang akan dijawab dan dijelaskan langsung oleh seorang dokter yang ahli di bidangnya.

Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi RSIA Bina Medika, dr. Hasra D. Dianika, Sp.OG, akan menjelaskan terkait kelamin bayi dari ciri fisik perut.

 

 

Menentukan Jenis Kelamin Bayi dari Bentuk Perut Ibu

Bagaimana pendapat ahli terkait menentukan jenis kelamin bayi dari bentuk perut?

"Sebenarnya tidak ada teori penentuan jenis kelamin bayi dari ciri-ciri fisik tertentu atau perut ibu," terang dr. Hasra D. Dianika, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi RSIA Bina Medika.

Ini merupakan mitos yang dibawa orang zaman dulu dalam memprediksi jenis kelamin bayi.

Hingga saat ini belum ada ditemukan bukti ilmiah bahwa ciri-ciri fisik dapat menentukan kelamin janin itu sendiri.

Lantas, bagaimana kita bisa mengetahui jenis kelamin bayi?

Melansir Australian Journal of Ultrasound in Medicine, pada kehamilan ke-14 minggu jenis kelamin bayi mulai terlihat jelas.

Pada minggu ke-14 dan 20, dokter kandungan dapat memprediksi anak yang dikandung itu laki-laki atau perempuan melalui USG.

Adapun teknik lain yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya, seperti tes DNA prenatal. Umumnya dilakukan pada minggu ke-10 kehamilan.

Namun, ini bukan untuk tes khusus untuk mengetahui kelamin bayi, melainkan memeriksa sel-sel janin terkait kelainan kromosom.

 

Source : www.orami.co.id

Artikel Lainnya

Berikut adalah tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi kagetan sehingga ia bisa tidur kembali. 1. Menenangkan si kecil Sentuhan orangtua dapat menjadi penenang termasuk saat bay...

Senangnya melihat si kecil lincah dan energik setiap hari. Tapi, kenapa ia selalu kurus? Apakah ia kekurangan gizi? Tenang, Bunda, kurusnya si kecil tak melulu masalah gizi kok. Misalnya, saat anak be...

Karena alasan tertentu, misalnya finansial, maka ibu harus bekerja setelah ia punya anak. Kadang kala, perasaan bersalah pun muncul di benak ibu karena merasa ia tak bisa mengikuti tumbuh kembang buah...

Perkembangan dalam kandungan merupakan saat yang sangat luar biasa dimana sel membelah, tumbuh dan berdiferensiasi dengan sangat cepat. Saat ini banyak terapi yang dikembangkan oleh para ahli untuk me...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................