Makanan Yang Dapat Membantu Kecerdasan Anak

Rabu, 02 Maret 2022 | 16:01 WIB Penulis :


Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak tumbuh cerdas. Salah satu hal yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak adalah dengan memberikan makanan yang bernutrisi dan bergizi.

Dokter Gizi di Pontianak, dr. Fitri Vidyastuti, Sp.GK menjelaskan, perkembangan otak anak dimulai saat dalam kandungan sampai umur 3 tahun pertama kehidupannya. Tiap segmen waktu perkembangan anak memerlukan nutrisi yang berbeda-beda.

"Oleh karena itu gizi untuk perkembangan otak dimulai sejak masa kehamilan. Artinya sangat bergantung pada makanan ibu selama masa kehamilan dan sangat bergantung pada gizi si ibu sebelum hamil. Misalnya ibu yang sebelum hamil underweight dan obesitas dapat menyebabkan perkembangan otak bayi di dalam kandungan terganggu," jelasnya kepada Hi!Pontianak, Rabu, 2 Maret 2022.

Lebih lanjut Fitri mengatakan, setelah anak sampai pada usia 2 tahun pertama harus mencapai berat badan (BB) normal, dan tidak boleh tidak naik BB selama 2 bulan berturut. Hal tersebut guna membantu tumbuh kembang sang anak.

Fitri mengatakan, setidaknya ada 6 makanan terbaik yang bisa orang tua berikan untuk mendukung perkembangan otak anak. Berikut di antaranya:

1. Ikan

Hewani laut seperti ikan dianggap sebagai makanan terbaik untuk perkembangan otak anak. Ikan seperti salmon, sarden dan tuna merupakan sumber yang kaya akan vitamin D dan asam lemak omega 3. Kedua nutrisi tersebut bertanggung jawab untuk melindungi otak dari risiko penurunan memori terkait usia.

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya, sehingga menjadi pilihan makanan yang tepat untuk anak. Telur mengandung jumlah kolin yang baik, yaitu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi dan perkembangan otak yang optimal.

 

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli dikenal kaya akan folat dan vitamin yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak anak. Sebagai sumber antioksidan yang baik, sayuran hijau juga akan menjaga sel-sel otak anak agar tetap sehat.

aging sapi tanpa lemak merupakan sumber zat besi terbaik yang paling mudah diserap oleh tubuh. Kandungan zinc yang terdapat pada daging sapi tanpa lemak ini dapat membantu memelihara daya ingat dan kecerdasan otak si kecil.

5. Kacang-kacangan

Jika si kecil suka ngemil, berikanlah ia cemilan yang sehat seperti kacang-kacangan. Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain baik untuk kemampuan berpikir, kacang juga bisa menjadi sumber energi yang baik.

6. Hati Ayam atau Sapi

Sejak bayi baru lahir, ASI diandalkan sebagai sumber utama zat besi untuk bayi. Namun, saat bayi mencapai usia 6 bulan ke atas sangat penting untuk memberikan makanan yang mengandung tinggi besi lainnya, contohnya hati sapi maupun hati ayam.

Kurangnya asupan nutrisi seperti zat besi, dapat memicu munculnya masalah kognitif untuk perkembangan otak dan kecerdasan bayi.

 

Source: kumparan.com

Artikel Lainnya

aa

...

Memiliki anak yang cerdas tentu menjadi harapan semua orangtua ya, Ma. Tak heran kalau sejak masih di dalam kandungan, Mama sudah memberinya stimulasi dan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembangnya. Hal ...

Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena reaksi alergi adalah biduran. Gangguan yang disebut juga dengan urtikaria terjadi ketika tubuh kamu mengalami ruam warna merah dan muncul secara tiba...

Munculnya kerak di kepala bayi atau cradle cap merupakan kondisi yang umum terjadi pada bayi, terutama bayi baru lahir. Walau tidak berbahaya, kerak ini tetap perlu dibersihkan. Oleh karena ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................