Penting! Cara Menghitung Waktu Kontraksi

Rabu, 02 Maret 2022 | 16:10 WIB Penulis :


Cara menghitung kontraksi berguna untuk mengetahui kapan Anda harus segera ke rumah sakit.

Bahkan, perhitungan kontraksi membantu Anda untuk mendeteksi kemungkinan persalinan prematur.Kontraksi adalah tanda-tanda melahirkan yang sebenarnya.Perlu diketahui bahwa kontraksi adalah pengencangan otot atas rahim untuk mendorong bayi menuju jalan lahir.Kontraksi umumnya datang tiba-tiba. Biasanya, Anda sudah mendekati persalinan apabila jeda kontraksi semakin teratur dan terasa semakin intens.Nah, mengetahui perhitungan kontraksi dapat membantu Anda membedakan mana kontraksi braxton hicks dan kontraksi sesungguhnya.Dengan mengetahui tanda serta cara menghitung kontraksi, Anda juga dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk segera pergi ke rumah sakit dan bersiap melahirkan.

Kapan harus menghitung kontraksi

Menghitung kontraksi bisa dimulai bahwa hari persalinan sudah semakin dekat dan Anda sudah bisa merasakan kontraksi yang muncul secara rutin.Selain itu, Anda bisa memulai perhitungan kontraksi setelah Anda merasakan kontraksi yang berbeda daripada hari-hari biasanya.Menghitung kontraksi juga perlu Anda pahami bahkan sebelum mendekati HPL. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda berisiko mengalami persalinan prematur.

Kontraksi dini terjadi bila pola kontraksi sudah teratur dan pembukaan rahim terjadi pada usia kehamilan trimester 3 awal hingga sebelum usia kehamilan 37 minggu.Dengan mengetahui pola kontraksinya, maka risiko yang mungkin terjadi saat persalinan pun bisa dicegah.

Cara menghitung kontraksi pada ibu hamil

Cara menghitung kontraksi asli bisa Anda lakukan dengan menyiapkan tabel dan stopwatch.Ketika menghitung kontraksi saat kehamilan, stopwatch berguna agar perhitungan lebih presisi. Jadi, pola kontraksi pun mudah diketahui.Sementara, tabel terdiri dari kontraksi dimulai, akhir kontraksi, lamanya kontraksi (durasi), dan jumlah kontraksi (frekuensi).Sebagai contoh, jika kontraksi Anda dimulai pukul 10:00:00 dan berhenti pada 10:00:45, maka kontraksi terjadi selama 45 detik.Cara menghitung kontraksi asli selanjutnya, lanjutkan pencatatan seperti sebelumnya bila terjadi kontraksi.Selanjutnya, Anda akan mengetahui frekuensinya. Caranya, hitung jarak waktu antara kontraksi kedua dan pertama. Misalnya, kontraksi kedua terjadi pada pukul 10.15 dan kontraksi pertama berlangsung pukul 10.00, maka kontraksi terjadi setiap 15 menit. Namun, bukan tidak mungkin bila frekuensi berikutnya bisa berkurang hingga menjadi 10 menit.Dalam 1 sampai 2 jam, lihat lagi pola kontraksi berdasarkan tabel yang sudah Anda isi.Bila frekuensinya semakin dekat, lebih intens, teratur, atau durasinya semakin lama, maka Anda sudah dekat dengan persalinan.Persalinan akan semakin dekat jika kontraksi berlangsung  30-60 detik  dan interval antar kontraksi semakin memendek.

Jenis-jenis pola kontraksi

Jika Anda sudah mengetahui cara menghitung kontraksi asli, Anda akan menemukan polanya. Pola kontraksi yang teratur adalah salah satu tanda persalinan sudah dekat. Namun, ada beberapa jenis kondisi yang menggambarkan pola kontraksi Anda, yaitu:

1. Kontraksi teratur

Kontraksi teratur adalah saat durasi dan frekuensinya sudah mapan dalam jangka waktu tertentu.Misalnya, dalam satu jam, kontraksi terjadi setiap 5 menit dengan durasi selama 1 menit.

2. Kontraksi tidak teratur

Kontraksi tidak teratur adalah ketika kontraksi tidak menunjukkan pola yang bisa diprediksi dan stabil. Misalnya, 3 kontraksi terjadi selama 30 sampai 45 detik. Lalu, jarak waktu ketiga kontraksi adalah 7 menit, 10 menit, lalu 15 menit.The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengingatkan bila Anda mengalami pola kontraksi yang tidak teratur dan terasa tidak nyeri, ini berarti Anda mengalami kontraksi palsu. Ini bukanlah pertanda awal persalinan.

 

Source: www.sehatq.com

Artikel Lainnya

Alih-alih melatih bayi berjalan, nyatanya baby walker justru menghambat perkembangan Berjalan adalah salah satu tonggak perkembangan bayi yang dinanti-nanti orangtua. Dimulai dari mampu duduk sendi...

Setelah melahirkan, banyak Bunda enggak percaya diri dengan penampilannya. Badan yang masih melar, ditambah kulit kusam, hingga lingkaran mata hitam membuat penampilan Bunda sangat berbeda dari sebelu...

Mainan apa yang bisa mengembangkan kemampuan sensorik dan motorik bayi? Ini daftarnya, Ma! Saat ini mainan bayi semakin beragam ya Ma, jadi bingung pilih yang terbaik buat si Kecil. Padahal, mai...

Makanan Pendamping ASI (MPASI) mulai orangtua berikan saat bayi usia 6 bulan. Pemberian MPASI sebaiknya kaya asupan nutrisi, seperti vitamin, protein, mineral, dan karbohidrat. Kandungan tersebut bisa...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................