3 Tips Jauhkan Si Kecil dari “Gadget”

Rabu, 16 November 2016 | 11:36 WIB Penulis : Erni Wulandari


Kini, gadget sudah merupakan teman yang sangat akrab dalam kehidupan, bukan hanya lekat dengan Bunda sebagai seorang wanita dan ibu pekerja, melainkan juga sudah merambah pada kebutuhan si buah hati.

Seperti yang diketahui bahwa sebelumnya penggunaan gadget yang berlebihan tidak baik untuk tumbuh kembang si buah hati.

Lalu, bagaimana cara membatasinya? Silakan ikuti tips di bawah ini.

 

Bunda harus menjadi contoh yang baik

Tanpa disadari, ketika sedang makan malam atau sambil menonton televisi bersama si buah hati, orangtua sering kali dialihkan dengan pesan elektronik yang masuk di ponsel. Perilaku seperti ini menjadi sebuah contoh bagi sang anak.

Seorang psikolog dan juga ahli dalam pengasuhan anak, Susan Newman, PhD, mengatakan, kalau Bunda ingin anak terlepas dari gadget, maka Bunda juga harus melakukan hal yang sama.

Newman mengingatkan bahwa sebagai orangtua, Bunda dan pasangan merupakan contoh yang akan ditiru oleh sang buah hati.

Cobalah memiliki satu momen ketika Bunda, pasangan, dan si buah hati berkumpul tanpa gangguan gadget maupun ponsel.

 

Jangan mengambil gadget anak Bunda sebagai hukuman

Gadget yang anak Bunda miliki adalah sarana untuk bersosialisasi. Kalau Bunda menghukumnya dengan cara mengambil gadget, bisa-bisa anak justru menjauhi atau bahkan membenci Bunda.

 

Saat makan adalah waktu bebas dari gadget

Budayakan satu saat khusus ketika Bunda dan si buah hati terbebas dari teknologi, seperti halnya menikmati lezatnya hidangan makan malam sambil menceritakan hal apa saja yang dilalui hari itu tanpa adanya gangguan dari gadget.

Dengan begitu, Bunda dan si buah hati akan memiliki waktu berkualitas bersama dan membiasakan untuk menjauh dari gadget.

Artikel Lainnya

Untuk para wanita yang akan mengalami proses persalinan yang pertama, tentu saja akan membayangkan bahwa semua proses persalinan secara normal itu merupakan proses yang paling sulit juga paling menega...

Ibu tentu sudah sering mendengar berbagai macam manfaat musik bagi anak maupun bayi, termasuk ketika ia masih berada dalam kandungan. Walau banyak yang meyakini bahwa musik klasik adalah musik terbaik...

Anak suka makan yang gurih asin, Moms? Kebiasaan tersebut bisa saja membuat anak terlalu banyak mengkonsumsi garam. Ya, garam memang memberi cita rasa nikmat pada makanan. Namun, mengkonsumsi garam be...

Kondisi kulit bayi yang masih sangat sensitive mengharuskan para ibu untuk memberikan perhatian extrak dalam melindunginya. Menjaga kulit bayi dapat dilakukan dengan membersihkan disaat kulitnya kotor...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................