Manfaat Menggendong Bayi

Jumat, 01 Juli 2022 | 16:44 WIB Penulis :


Bayi akan sering menangis saat ia merasa tidak nyaman karena bayi masih menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Menggendong merupakan salah satu cara menenangkan bayi karena ia akan merasa dirinya mendapat perlindungan dari orang tuanya.  Dengan digendong, bayi juga akan lebih mudah tidur dengan nyenyak. Jadi, menggendong juga merupakan salah satu cara mengatasi bayi rewel.

2. Menyehatkan bayi

Bayi dapat menyesuaikan suhu tubuh dan mengatur pernapasan karena terdapat sentuhan antara orang tua dan anak saat proses menggendong. Untuk bayi prematur, menggendong merupakan cara merawat bayi yang tepat untuk membuat bayi berkembang dengan cepat dan sehat.

3. Lebih mengenali tanda-tanda aktivitas bayi

Dengan sering menggendong, akan terbangun interaksi antara ibu dan anak. Seringkali Moms kesulitan untuk mengetahui apa keinginan bayinya, apakah haus, mengantuk, atau ingin popoknya diganti.

Moms akan lebih mudah mengenali tanda-tanda aktivitas buah hatinya dan bayi juga lebih merasa yakin untuk memberitahukan keinginannya tanpa menangis.

4. Mempererat hubungan orang tua dan anak

Menggendong adalah cara yang efektif dalam membangun hubungan antara ibu dan anak. Bayi akan lebih mengenali dan tidak mudah menangis ketika mengetahui siapa seseorang yang menggendongnya melalui suara, detak jantung, sentuhan, gerakan, dan ekspresi wajah. Dengan menggendong, ibu dan anak dapat saling merasakan kasih sayang.

Nah, tidak susah kan Moms untuk menggendong bayi sesuai dengan usia dan keperluannya? Bagi orang tua yang baru mempunyai bayi, satu hal yang penting yaitu teruslah berlatih cara menggendong bayi supaya Mom dan ayah lebih terbiasa dan mahir dalam melakukannya. Selain itu, menggendong juga memberikan banyak manfaat untuk anak dan untuk Moms sendiri! Semoga berhasil.

 

Source : https://www.ruangmom.com/

Artikel Lainnya

Bayi bingung puting dapat menghambat proses menyusui. Tak perlu gundah, berikut ini cara mengatasi bayi bingung puting yang terbukti efektif. Menyusui adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan g...

Warna pup bayi sering kali berubah-ubah. Apalagi jika si kecil usianya masih di bawah 1 tahun, yang artinya sistem pencernaan bayi masih beradaptasi dengan asupan yang dikonsumsinya. Selain itu, wa...

Zoonosis adalah penyakit dan infeksi yang ditularkan hewan kepada manusia. Hewan liar atau hewan yang jarang dimandikan tentu patut dipertanyakan kebersihannya dan mereka berpotensi menularkan pe...

Siapa yang tidak gemas melihat bayi mungil dan lucu? Karena ingin menunjukkan rasa sayang, banyak orang yang senang memeluk dan mencium bayi. Meski demikian, ternyata hal ini tidak baik dilakukan,&nbs...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................