Air Es Membuat Janin Besar? Mitos atau Fakta?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:25 WIB Penulis :


Banyak larangan dan pantangan yang biasanya disarankan orang pada ibu hamil. Salah satunya ibu hamil dilarang minum air es karena nanti bayinya akan lahir besar, apakah hal tersebut benar?

Ditegaskan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K) hal tersebut adalah mitos, Bunda. Tidak benar bahwa ibu hamil yang minum air dingin atau air es menyebabkan bayinya nanti lahir besar.

"Ada yang bilang wanita hamil enggak boleh minum yang dingin-dingin, nanti bayinya gede, bisa jadi gemuk. Yang bikin bayi gede dan gemuk itu kalau minum dinginnya itu ditambahin gula," ujar Boy, dilansir Instagram @boyspog, Jumat (29/5/2020).

Kata Boy, yang menyebabkan bayi lahir besar bukanlah air es itu sendiri, melainkan gula yang ditambahkan dalam air es. Gula tersebut menyebabkan kalori ibu bertambah, yang nantinya membuat bayi lahir besar.

"Gula itu yang membuat kalorinya bertambah, jadi kalau air putih saja atau air dingin saja, nol kalorinya. Tapi gula kalorinya cukup tinggi, apalagi kalau manis banget," tutur Boy.

"Jadi buat Anda wanita hamil, kalau mau minum air dingin, boleh saja, tapi jangan ditambah gula," sambungnya.

Hal senada juga ditulis dalam buku 'Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi' yang ditulis oleh kumpulan dokter, salah satunya dr.Sudung O Pardede, SpA(K). Dalam buku tersebut, dijelaskan bahwa bayi yang lahir besar dipengaruhi oleh banyak hal di antaranya genetika, penyakit yang dimiliki ibu, nutrisi, dan kehamilan lebih bulan.

"Tidak ada hubungan antara minum air es dengan berat badan lahir bayi, namun minumlah air yang benar-benar matang untuk kesehatan bayi," demikian disebutkan dalam buku tersebut, dilansir detikcom.

Sebaliknya, jika air es tersebut dicampur dengan sirup manis atau minuman manis lainnya, kemudian ibu hamil konsumsi terus menerus maka ibu berisiko diabetes. Lalu jika gula darah ibu terlalu tinggi maka berdampak pada janin, yakni menjadi terlalu besar. Jika sudah begini, biasanya ibu disarankan untuk melahirkan dengan cara caesar.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Jika bayi atau anak balita menunjukkan kondisi tak biasa seperti diare, mual dan demam tinggi, perhatikan apakah ada kemungkinan anak terinfeksi virus. Dengan begitu, anak bisa segera dibawa ke dokter...

Pada umumnya, anak-anak dilatih untuk lebih banyak menggunakan tangan kanannya. Selain tangan kanan, tidak sedikit pula anak yang tangan kirinya lebih dominan atau disebut kidal. Di luar kedua je...

Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi dengan rambut yang tebal. Bayi dengan rambut tebal akan terlihat menggemaskan. Namun, tidak semua bayi bisa memiliki rambut yang tebal. Itulah sebabnya, beber...

Komplikasi preeklampsia termasuk di antaranya: 1. Kurangnya aliran darah ke plasenta Preeklampsia pada ibu hamil memengaruhi aliran darah ke plasenta. Jika plasenta tidak mendapatkan darah yang ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................