Tips Membersihkan Hidung Bayi

Selasa, 18 Oktober 2022 | 15:55 WIB Penulis :


Cara Membersihkan Hidung Bayi

Cara membersihkan hidung bayi penting untuk dilakukan untuk menghindari bayi menjadi tidak nyaman dan rewel akibat hidungnya tersumbat. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat dan bisa segera Ibu coba lakukan:

  1. Gunakan larutan pembersih hidung

    Cara membersihkan hidung bayi bisa dimulai dengan menggunakan larutan pembersih hidung yang tersedia di apotek adalah jenis larutan pembersih hidung yang paling aman digunakan untuk bayi dan balita. 

    Cara membersihkan hidung bayi pertama dimulai dari baringkan bayi dengan posisi terlentang dan miringkan sedikit kepalanya (jangan dipaksakan). Kemudian semprotkan larutan 2-3 tetes pada masing-masing lubang hidung. Jangan khawatir bila bayi bersin dan mengeluarkan larutan, karena masih ada sebagian larutan yang terus masuk jalan napas. Jika ada yang tertumpah keluar, seka dengan sapu tangan atau tisu.

  2. Gunakan balon semprot

    Balon semprot juga disebut aspirator hidung. Ibu bisa membelinya di apotek. Belilah yang sesuai dengan ukuran hidung bayi. Sekali lagi, cara membersihkan hidung bayi ini bisa dimulai dengan membaringkan bayi terlentang. 

    Cara membersihkan hidung bayi adalah dengan meremas balon untuk mengeluarkan udara. Sementara masih meremas, masukkan ujung dari balon secara perlahan ke lubang hidung bayi (pastikan Ibu tidak memasukkannya terlalu dalam). Kemudian lepaskan tekanan balon, tarik keluar, dan semprotkan lendir yang terisap, seka dengan tisu. Ulangi langkah ini pada lubang hidung lainnya.

  3. Menguapi kamar mandi

    Cara membersihkan hidung bayi selanjutnya adalah menggunakan uap air panas dapat membantu mengencerkan lendir. Agar lebih mudah dilakukan pada bayi, caranya adalah dengan menguapi kamar mandi. Biarkan air panas mengalir selama beberapa menit di kamar mandi. Jika uap telah memenuhi kamar mandi , duduklah sebentar bersama bayi di dalam kamar mandi sambil menepuk-nepuk lembut punggungnya.

  4. Tinggikan tempat tidur

    Cara membersihkan hidung bayi lebih mudah untuk mengalirkan lendir jika kepala dapat ditegakkan atau berada lebih tinggi dari tubuh. Sebaiknya tidak menggunakan bantal untuk menyangga kepala bayi karena bayi dapat tersedak. Caranya adalah dengan menyangga kepala bayi menggunakan handuk atau kain agar sedikit meninggi.

  5. Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut

    Selain memberikan sensasi tenang, cara membersihkan hidung bayi dengan menepuk-nepuk punggung bayi secara lembut akan membantu mengatasi hidungnya yang tersumbat. Posisikan bayi berbaring tengkurap, lalu tepuk-tepuk lembut punggungnya. Hal ini akan menurunkan lendir yang menyumbat saluran pernapasannya dan membuatnya keluar melalui hidung saat ia bersin.

  6. Nyalakan mesin pelembab udara

    Cara membersihkan hidung bayi lainnya bisa menggunakan mesin pelembab udara atau humidifier yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Humidifier akan mengeluarkan uap hangat yang membuat udara di dalam ruangan menjadi hangat dan lembap. Dengan begitu, lendir akan menjadi lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan. Untuk memberikan efek yang lebih menenangkan dan membuat bayi lebih relaks, Ibu boleh menambahkan aromaterapi yang aman untuk bayi.

Itulah beberapa cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat dengan aman. Jika hidung bayi terus tersumbat, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya. Jangan sampai masalah ini terus mengganggu bayi yang dapat berdampak pada aktivitasnya sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga bayi Ibu cepat sembuh!

 

Source : https://www.ibudanbalita.com/

Artikel Lainnya

Memang benar, kabar kehamilan pastinya selalu di sambut dengan perasaan bahagia oleh semua keluarga, terutama oleh bunda juga ayah. Bahkan berbagai doa kerap di panjatkan agar si ibu menjalani proses ...

Tidak usah heran jika seorang ibu hanya punya waktu untuk dirinya sendiri, alias me time, amat terbatas. Bayangkan, waktu 24 jam yang dia miliki, digunakan untuk melakukan banyak hal. Selain mengurus ...

Masih ingat jelas, saat saya kecil dulu, ibu memperlihatkan tiga bungkusan kain kasa berisi sesuatu berwarna coklat dan kering. Itu adalah tali pusar kami bertiga, saya dan adik-adik. Fast forw...

Pernahkah Bunda mendapati bokong dan lipat paha bayi kemerahan ? Kemerahan di area bokong pada bayi yang memakai popok disebut sebagai ruam popok. Apa saja yang dapat menyebabkan ruam popok? Bil...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................