Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Senin, 12 September 2022 | 16:56 WIB Penulis :


 

Bunda dapat mengonsumsi sari kacang hijau sebagai camilan selama hamil lho. Sari kacang hijau mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan Bunda dan buah hati.

Dilansir News Medical Today, kacang hijau merupakan sumber vitamin A, C, K, asam folat dan serat. Tidak hanya itu, kacang hijau juga mengandung thiamin, riboflavin, zat besi, magnesium, dan potasium.

Manfaat nutrisi kacang hijau mirip dengan kacang polong dan okra Bunda. Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan kacang juga dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan. Secara umum, makan buah dan sayuran juga menjaga kesehatan kulit, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan Bunda.

 

"Nutrisi yang ada dalam kacang hijau dapat membantu mengurangi risiko sejumlah kondisi kesehatan, sehingga sangat bermanfaat dikonsumsi saat hamil," kata Rachel Scheie, seorang dokter kandungan yang berbasis di California, Amerika Serikat dikutip dari Healthline.

 

Sari kacang hijau dapat meningkatkan Hb

Kacang hijau dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan, salah satunya menjadi sari kacang hijau. Kandungan zat besi di sari kacang hijau cukup tinggi sehingga bisa dikonsumsi Bunda selama hamil.

Seperti kita tahu, ibu hamil membutuhkan asupan zat besi untuk mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia. Zat besi membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Bunda dan buah hati.

"Jika dikonsumsi secara rutin mampu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah sebesar 1,09 g/DL karena dalam sari kacang hijau ini terdapat kandungan zat besi yang tinggi," kata Rian Tasalim dan Fatmawati dalam buku Solusi Tepat Meningkatkan Hemoglobin (Hb) Tanpa Transfusi Darah.

Tim penulis mengatakan, sari kacang hijau ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil bersamaan dengan tablet tambah darah selama 20 hari, Bunda. Konsumsi keduanya dipercaya bisa meningkatkan kadar Hb sebesar 0,84 gram per persen.

Berdasarkan penelitian Putra & Fitriani (2017) yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi Volume 9 tahun 2018, kacang hijau dalam bentuk jus juga dapat meningkatkan kadar Hb dalam darah. Sebab, jus kacang hijau mengandung zat besi, vitamin C, zat seng, dan vitamin A.

"Mengonsumsi jus kacang hijau sebanyak dua kali sehari selama satu minggu atau sebanyak 250 cc secara teratur mampu meningkatkan kadar Hb dalam darah sebesar 0,34 gram per persen," ujar Rian Tasalim dan Fatmawati.

Jus kacang hijau dapat digunakan sebagai pencegahan anemia pada ibu hamil. Namun, tim peneliti menemukan bahwa pengaruh jus kacang tidak terlalu signifikan terhadap kenaikan kadar Hb.

Manfaat sari kacang hijau

Selain untuk meningkatkan kadar Hb, sari kacang hijau juga memberikan manfaat untuk Bumil. Berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Serat larut dalam kacang hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat Bunda.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Makan kacang hijau dapat mencegah sembelit lho. Kacang hijau bisa melancarkan saluran pencernaan Bumil karena mengandung serat.

3. Sumber energi

Kacang hijau juga tinggi karbohidrat, Bunda. Manfaatnya bisa menjadi sumber energi agar Bunda enggak mudah lemas selama masa kehamilan.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Dalam memberikan segala yang terbaik untuk si Kecil, banyak Mama yang berusaha menjaga bayinya selalu bersih, steril, dan jauh dari kuman. Menjaga kebersihan bayi memang penting, Ma, terlebih daya tah...

Bayi Moms mungkin belum sampai berusia satu tahun, tapi tentunya ia telah banyak mengalami perubahan fisik, mental, sosial dan emosional. Tidak hanya ia menjadi lebih tertarik dengan dunia yang ada di...

Jika baju bayi tidak dicuci bersih, kulit bayi yang masih sensitif bisa iritasi. Terlebih jika itu adalah baju baru. Meski Anda baru membelinya dan masih terbungkus rapi dengan plastik, ini bukan j...

Cara Menyimpan ASI Taruh ASI ke dalam wadah yang sudah disterilisasi. Pastikan semuanya bersih untuk menghindari pertumbuhan bakteri di dalam ASI yang akan Mama simpan. Jangan memasukkan ASI ke ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................