Tips Mengatasi Hiperemesis Gravidarum

Jumat, 16 September 2022 | 16:16 WIB Penulis :


Begini Cara Atasi Hiperemesis Gravidarum

Melihat banyaknya bahaya dan efek serius yang bisa terjadi karena hiperemesis gravidarum, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara atasi kondisi ini, di antaranya:

1. Banyak Istirahat

 

Bukan hanya mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik, ibu hamil dengan hiperemesis gravidarum harus mengistirahat badan dan tidak melakukan aktivitas yang berat.

Di samping itu, dukungan dan kasih sayang dari orang-orang terdekat tentunya juga dibutuhkan.

 

2. Memerhatikan Pola Makan

Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang memicu mual dan muntah. Nah, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut, ya, Moms.

Hal ini diungkapkan juga oleh Dr. Mary Higgins, dokter kandungan dari Dublin, Jerman.

“Coba perhatikan pola makan yang dikonsumsi. Hindari makanan mengandung rempah-rempah yang berbau tajam. Coba untuk konsumsi kacang-kacangan, makanan rendah lemak, dan minum rebusan jahe hangat,” ujar Dr. Mary dari National Maternity Hospital ini.

3. Jaga Tubuh agar Terhidrasi dengan Baik

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan buat siapapun, termasuk untuk ibu hamil.

Saat mengalami hiperemesis gravidarum, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan minum air yang cukup setiap harinya.

 

4. Melakukan Pemeriksaan

Jika berbagai upaya telah dilakukan dan belum berhasil, tidak ada salahnya untuk mengunjungi ahli gizi atau dokter kandungan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter dapat memberikan obat antimual selama kehamilan untuk meredakan gejala hiperemesis gravidarum.

Tidak perlu khawatir terhadap janin yang ada di dalam kandungan, ya, Moms. Studi dari New England Journal of Medicine mengungkapkan, minum obat antimual saat hamil tidak memiliki kaitan dengan bahaya terhadap perkembangan janin. Asalkan, semuanya tetap berdasarkan resep dan anjuran dari dokter.

Itulah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hiperemesis gravidarum. Ingat selalu, Moms untuk menjaga kesehatan janin, Moms perlu memerhatikan kondisi tubuh dan nutrisi yang masuk, ya!

 

Source : https://www.orami.co.id/

Artikel Lainnya

xLorem ipsum dolor sit amet, ubique intellegat sit in, his vitae iuvaret dolores at. Ad his tractatos periculis, zril voluptua perpetua ne has. Fierent appetere maiestatis eam in. Quo novum mnesarchum...

Saat hamil, seorang Ibu benaknya selalu diliputi dengan pertanyaan dan imajinasi. Dari pertanyaan hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika si Kecil sudah lahir hingga bagaimana wajah si Kecil nanti...

Pola tidur adalah salah satu aspek krusial dalam tumbuh kembang anak. Untuk itu setting atau pengaturannya sudah harus diterapkan pada anak sejak dini. Penelitian terbaru yang dilakukan Pennsylvani...

Kebanyakan orangtua masih beranggapan bahwa bayi memang perlu menangis supaya jantung dan paru-parunya lebih kuat. Parahnya, beberapa orangtua sengaja membuat anaknya menangis. Benarkah? Menurut Wi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................