Fakta Unik Tentang Anak yang Aktif

Jumat, 30 Desember 2016 | 17:03 WIB Penulis : Erni Wulandari


Tahukah bahwa anak pandai tak selamanya memiliki penampilan yang tenang, diam dan tingkah-tingkah ataupun sikap yang terkadang dianggap positif oleh orang dewasa. Salah satu dari ciri anak pandai atau cerdas adalah aktif. Namun jangan salah, tidak sedikit anak aktif yang dianggap sebagai nakal, bandel dan citra negatif lainnya. Berikut akan diungkap beberapa fakta unik mengenai anak aktif.

Anak yang aktif merupakan anak yang memiliki rasa keingintahuan besar. Timbulnya keingintahuan tersebut membuat anak selalu mencoba untuk mencari jawaban dari rasa penasaran yang dia hadapi. Dampaknya adalah anak menjadi sering melakukan aktivitas yang tidak diduga oleh orang dewasa.

Salah satunya adalah membongkar mainan, mencoba mengaduk-aduk benda simpanan orang tua, mencari tau lokasi benda-benda, mencoba masuk ke ruang-ruang yang membuat dia ingin tahu seperti gudang, dan lain sebagainya. Sikap rasa ingin tahu tersebut kelak akan muncul dan tumbuh menjadi kemampuan anak untuk menganalisa sesuatu hal. Jadi jangan cegah jika anak anda aktif dan penasaran, yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mengarahkan serta memfasilitasi.

Anak yang banyak bicara dan bertanya banyak hal juga merupakan ciri anak aktif. Terkadang orang tua sampai merasa kesal ketika anak terlalu banyak bicara ataupun bertanya. Padahal ketika sang anak bertanya, selain untuk mencari tahu mengenai banyak hal, dia juga sedang belajar untuk melakukan komunikasi yang baik. Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu dasar pembentukan jiwa kepemimpinan.

Fakta unik tentang anak aktif lainnya adalah anak aktif pada umumnya kreatif dan melakukan pekerjaan yang boleh dikatakan aneh-aneh, tidak biasa. Misalnya anak membuat alat kerja ayahnya sebagai benda mainan, mencoret dinding rumah, dan lain sebagainya. Aktivitas anak ini pun tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang negatif. Kreativitas anak akan membawa anak menjadi seorang yang memiliki daya cipta tinggi kelak ketika tumbuh dewasa.

Memang anak aktif tidak selamanya terkesan menyenangkan, namun sebagai orang tua harus dapat memahami, mengarahkan, membimbing serta memberikan fasilitas jika sang anak nampak aktif yang kadang terkesan tidak dapat dikendalikan. Demikian fakta unik tentang anak aktif. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Si kecil yang lahap menikmati makanannya pasti membuat bunda tenang dan senang. Tetapi, ini tak bisa terjadi begitu saja. Peran Anda sangat penting untuk membantu si kecil membentuk pola makan yang se...

Idul Fitri tinggal menghitung hari. Mudik Lebaran bersama keluarga ke kampung halaman sambil membawa anak, akan lebih nyaman kalau kita tahu tipsnya. Membawa anak kecil di bawah usia 10 tahun untuk...

Membayangkan punya anak kembar tampaknya seru, ya! Bisa mendandani mereka dengan pakaian dan aksesori lucu yang sama. Selain itu juga rumah menjadi lebih ramai. Meski tentu saja lebih repot dibanding ...

Pernahkan Bunda melihat tingkah anak yang mendadak berubah seperti gelisah ketika tidur dan muncul tanda kemerahan pada kulitnya? Hati-hati, itu merupakan salah satu tanda adanya gejala alergi pada an...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................