Manfaat Lemak Saat Tahap MPASI

Kamis, 05 Januari 2023 | 16:44 WIB Penulis :


Siapa nih yang anaknya sudah mulai MPASI? Pasti bingung kan, kenapa setiap makanan dalam menu MPASI harus diberi lemak tambahan? Lalu sebenarnya apa sih manfaat dari lemak tambahan ini? Apa saja macam lemak tambahan? Lemak tambahan mana yang terbaik? Bagaimana cara menyajikannya? Takaran yang paling pas seberapa ya?

Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut yang mewakili saya di awal MPASI anak saya kemarin. Karena ini juga merupakan hal yang baru di kehidupan saya. Sempat saya cari tahu dan bertanya ke Dokter Spesialis Anak saya, ternyata lemak tambahan itu banyak banget loh Moms macamnya dan tidak harus pakai EVOO atau ELOO saja.

Nah lemak tambahan ini mempunyai peran penting dalam MPASI Moms

  • Menambah nilai kalori makanan (bahkan bisa untuk membantu boost BB)

  • Sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K

  • Penambah rasa gurih alami makanan serta

  • Membantu melancarkan pencernaan

Cara menyajikan lemak tambahan ini bisa langsung ditambahkan ke menu MPASI nya saat sebelum dihidangkan atau setelah makanan siap bisa juga setelah MPASI nya disaring dan bisa juga untuk menumis. Akan tetapi, Cara terbaik menyajikan lemak tambahan adalah dengan tidak melalui proses pemanasan agar tubuh mendapat manfaat lemak baiknya secara optimal. Khusus untuk buah tidak perlu lemak tambahan ya Moms.

Macam–macam Lemak Tambahan

<ul>

  • Minyak canola

  • Minyak biji sunflower

  • Minyak kelapa sawit (bimoli, filma, sania atau merk lainnya)

  • Minyak kelapa (barco, ikan dorang, atau bisa menggunakan merk lainnya termasuk VCO)

  • Minyak jagung

  • Minyak kedelai

  • Minyak zaitun (EVOO maupun ELOO dengan berbagai merk seperti: Borges, Bertolli, Filippo, Casa de Oliva dan lain-lain)

  • Mentega (unsalted atau salted dengan berbagai merk: anchor, orchid, elle vire dan lain-lain)

  • Margarin (blueband, filma ataupun merk lainnya)

  • Santan, parutan kelapa diperas dengan air hangat, kemudian perasan pertama yang diberikan sebagai lemak tambahan, tidak perlu dimasak.

Dari bermacam lemak tambahan tersebut, semuanya baik dan boleh digunakan. Saran saya gunakan yang mudah dan murah didapat atau yang biasanya menjadi konsumsi sehari-hari di rumah dan bisa Moms variasikan setiap harinya. Misalnya makan pagi minyak jagung makan sorenya minyak kedelai. Jadi tidak monoton yang itu-itu saja. Untuk takarannya biasanya saya menambahkan ½ sampai 1 sdt lemak tambahan per porsi makan. Tetapi jika saya memasaknya dengan cara menumis, saya sudah tidak berikan lagi lemak tambahannya.

Seperti margarin biasanya kan komposisi bahannya terdapat garam, jadi saya maksimal pakai margarin sebagai lemak tambahan hanya 2 kali selama 1 minggu ini berlaku untuk anak usia di bawah 1 tahun ya Moms. Karena untuk anak usia di bawah 1 tahun sebaiknya pemberian garam seminimal mungkin.

Semoga bermanfaat.

 

 

By: Paramitha Dwi wulandari

Copyright by Babyologist

Source : https://kumparan.com/

Artikel Lainnya

Makanan yang mengandung zat besi tinggi sangat penting untuk ibu hamil. Pasalnya, ada banyak manfaat zat besi untuk ibu hamil, dari menjaga kesehatan ibu hingga berperan dalam tumbuh kembang...

Kiat sederhana untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi Dilansir dalam laman Pregnancy Birth and Baby, daya tahan tubuh bayi masih belum sekuat kekebalan tubuh orang dewasa dan membutuhkan...

Kesehatan gigi merupakan salah satu hal pada anak-anak yang sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Sayangnya, masih banyak orang tua yang justru tak terlalu memikirkan hal tersebut dan kurang mem...

Sejak awal kelahiran bayi diwajibkan agar diberi imunisasi. Walau kadang disertai demam, pemberian imunisasi tetap harus diberikan untuk mencegah dari penyakit-penyakit yang membahayakan. Apa saja imu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................