Tips Jitu Travelling Bersama Bayi!

Senin, 12 Juni 2023 | 14:31 WIB Penulis :


Mulai dari memilih jam perjalanan yang tepat, memilah barang bawaan secara cermat, hingga menjaga kebersihan selama perjalanan akan menentukan praktis atau tidaknya liburan Ibu bersama si Kecil.

Simak ketujuh tips-nya berikut ini, yuk!

1. Bijak memilih jam perjalanan

Suasana traveling bersama si Kecil terasa merepotkan saat ia rewel, setuju? Nah, untuk mengantisipasi kegelisahan si Kecil selama perjalanan, Ibu bisa memilih waktu perjalanan yang beririsan dengan jam tidur si Kecil. Dengan begitu, masalah si Kecil bosan dan rewel selama perjalanan bisa diantisipasi sejak awal.

2. Bawa makanan dan mainan favorit si Kecil

Jika si Kecil tidak tidur selama perjalanan, Ibu bisa mengalihkan perhatiannya dengan makanan atau mainan favorit si Kecil! Dengan begitu, kemungkinan si Kecil rewel atau menangis karena lelah dan bosan bisa diminimalisir.

3. Bawa perlengkapan yang portable

Saat ini, sudah banyak sekali tersedia perlengkapan anak yang ramah untuk dibawa traveling. Adapun beberapa benda portable serta travel-friendly yang wajib Ibu bawa di antaranya:

  • Stroller. Pilih stroller ukuran kabin dan mudah dilipat.

  • Sterilizer. Saat ini juga banyak sekali sterilizer portable yang bisa membantu Ibu menjaga kebersihan mainan, peralatan makan, hingga botol susu si Kecil sebelum digunakan.

  • Car seat. Benda ini wajib Ibu gunakan jika bepergian dengan mobil, ya. Demi kenyamanan Ibu saat duduk selama perjalanan juga, lho.

  • Cooler bag. Masih menyusui si Kecil? Buat daftar perlengkapan menyusui Ibu selengkap mungkin untuk ditempatkan di dalam tas ASI.

  • Nursing cover. Penting untuk Ibu yang masih direct breastfeeding dengan si Kecil, agar bisa lebih nyaman dan aman menyusui di mana saja.

  • Changing pad/alas ganti popok. Pilih changing pad yang bisa dilipat menjadi ukuran kecil. Benda ini sangat penting khususnya saat proses penggantian popok si Kecil di toilet umum.

  • Termos. Untuk menyeduh susu ataupun makanan si Kecil dengan air panas apabila dibutuhkan.

4. Tetap ikuti jam makan dan tidur si Kecil

Bagaimanapun serunya perjalanan, si Kecil pasti mengantuk saat waktu tidurnya sudah tiba. Biarkan si Kecil tetap tidur sesuai dengan jadwalnya sehingga tidak mengganggu daya tahan tubuhnya selama liburan.

Begitu juga dengan jam makan, yang tentu saja tak kalah pentingnya! Usahakan Ibu tetap memberi makan si Kecil secara teratur sesuai dengan rutinitasnya sehari-hari. Eits, termasuk jadwal brunch dan snack sorenya juga, ya!

5. Siapkan hiburan visual untuk si Kecil

Ibu bisa membawa buku favoritnya, mempersiapkan playlist lagu atau video selama perjalanan, hingga memberikannya permainan interaktif melalui gadget. Lakukan ini untuk menjaga mood si Kecil agar tidak mudah bosan dan menjadi rewel selama liburan, ya.

6. Bawa barang seperlunya

Memang sih, mengantisipasi dengan membawa perlengkapan selengkap mungkin adalah hal yang baik. Tapi pastikan, barang-barang yang Ibu bawa liburan adalah barang yang benar-benar diperlukan, ya! Hal ini juga bisa membuat pengemasan barang ke koper menjadi lebih efektif.

Tips lainnya, pisahkan pakaian si Kecil dengan pakaian anggota keluarga lainnya. Selain menjaga agar lebih higienis, ini juga akan memudahkan Ibu mencari perlengkapan si Kecil yang lainnya seperti selimut, jaket, ataupun handuk.

7. Gunakan diaper bag dengan banyak sekat

Khawatir perlengkapan si Kecil tertinggal di penginapan saat sedang berkunjung ke tempat wisata? Inilah alasannya mengapa Ibu harus menggunakan diaper bag dengan ukuran yang cukup besar.

Saat ini sudah banyak tersedia diaper bag dengan kompartemen besar yang juga memiliki desain yang stylish. Nah, saat memilih diaper bag, pilih yang memiliki banyak sekat untuk menyimpan semua perlengkapan si Kecil seperti tisu, baju ganti, alas popok, botol susu, mainan hingga popok cadangan.

8. Ekstra popok dan baju ganti saat bepergian

Selalu bawa satu set baju ganti serta minimal satu popok di dalam diaper bag. Ini penting untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu baju si Kecil basah, kotor terkena tumpahan makanan, ataupun akibat si Kecil muntah.

9. Peralatan makan portable

Bawa set perlengkapan makan yang portable dan mudah dibawa kemana saja. Tentu saja, lengkap dengan tempat penyimpanannya yang travel-friendly. Jangan lupa, bawa juga bib atau celemek agar si Kecil bisa makan dimana saja dengan nyaman dan tetap bersih, ya.

10. Tetap prioritaskan kebersihan

Kebersihan adalah faktor utama kesehatan si Kecil selama dan setelah liburan nanti. Berikut beberapa tips agar liburan dengan si Kecil tetap bersih dan higienis:

  • Simpan makanan dengan bersih dan steril. Ibu bisa menggunakan zip lock ataupun wadah makanan. Pastikan penyimpanannya kedap dan simpan di tempat kering, ya.

  • Jaga kebersihan tempat duduk dan toilet. Ibu bisa menggunakan toilet cleaner untuk membersihkannya, atau jika ingin lebih mudah, Ibu bisa menyemprotkan cairan disinfektan sebelum menggunakannya.

  • Tisu basah dan kering adalah hal yang wajib. Ini sangat penting, khususnya untuk membersihkan permukaan benda menjadi lebih praktis. Pilih tisu yang aman untuk kulit si Kecil.

  • Bawa hand sanitizer ke mana saja. Pastikan tangan Ibu selalu bersih, khususnya saat akan berinteraksi secara langsung dengan si Kecil.

Selain menjaga kesehatan si Kecil. hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk melindungi keluarga dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Hand sanitizer biasanya tersedia dalam berbagai ukuran. Ibu bisa memilih ukuran travel size yang berkisar sekitar 50ml saja.

 

Source : https://www.enfa.co.id/

Artikel Lainnya

Moms, terkena gigitan serangga saat hamil biasanya amat menjengkelkan. Tapi, gigitan serangga biasanya sebagian besar tidak berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Namu...

Moms mungkin bertanya-tanya, apakah saat hamil muda seseorang boleh puasa? Sebenarnya, ini semua tergantung kondisi Moms dan janin. Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah, tapi bagi sebagian lainny...

Bila balita selalu menangis setiap kali ingin buang air besar, tandanya ia mengalami konstipasi. Bisa jadi penyebabnya adalah 5 masalah berikut :   1. Kurang makanan berserat Umumnya anak en...

Mamas, kita semua tentu sepakat, ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Namun demikian, tidak semua mams dapat memberikan ASI dengan lancar selama hingga usia bayi 2-3 tahun. Penyebabnya be...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................