Amankah Memakai Tisu Basah untuk Si Kecil?

Senin, 13 Maret 2017 | 11:20 WIB Penulis : Erni Wulandari


Bepergian bersama bayi atau batita memang menyenangkan, tetapi kadang juga merepotkan. Karena, Bunda harus menyiapkan segala perlengkapannya, dari peralatan makan hingga perlengkapan mandi. Agar praktis, Bunda biasanya juga menyediakan tisu basah untuk membersihkan wajah, tangan, atau kaki si kecil yang terkena noda makanan atau kotoran. Namun, apakah tisu basah aman untuk anak?

ini berbagi tips memilih tisu basah yang aman untuk anak:

Selama ini kita sering menggunakan tisu basah dalam keperluan sehari-hari, terutama untuk si kecil. Tapi, yakin tisu basah yang selama ini kita gunakan sudah aman untuk si kecil?

Sebagaimana yang kita ketahui, di pasaran beredar banyak sekali jenis-jenis tisu basah dengan berbagai merek, fungsi, dan kandungan bahan tambahan. Secara umum memang tisu basah berfungsi sebagai pembersih, namun kegunaan dan kandungan bahan tambahannya berbeda-beda.

Berikut ini beberapa jenis tisu basah berdasarkan kegunaannya:
* Tisu basah antiseptik, tisu basah yang mengandung antiseptik sebagai bahan pembunuh kuman. Digunakan untuk membersihkan tangan sebagai pengganti air dan sabun, atau membersihkan peralatan.

* Tisu basah kewanitaan, biasanya digunakan untuk membersihkan area kewanitaan dan mengandung bahan-bahan tambahan seperti ekstrak sirih dan manjakani.

* Tisu basah perjalanan, biasanya diberikan di pesawat, hotel, atau restoran. Terkadang ada tambahan parfum.

* Tisu basah untuk bayi, digunakan untuk membersihkan bayi. Terkadang ada bahan tambahan antiseptik, vitamin E, dan lain sebagainya.

Tisu basah atau wet tissue biasanya tidak mengandung alkohol. Sedangkan tisu basah yang mengandung alkohol menggunakan istilah wet wipes atau baby wipes khusus untuk bayi.

Bahan-bahan yang digunakan berbagai tisu khusus bayi ini sebenarnya bisa dikatakan sudah lulus uji laboratorium. Namun, meski demikian kita tetap harus selektif dan waspada terhadap reaksi saat menggunakannya. Karena terkadang, apa yang cocok bagi sebagian anak ternyata tidak cocok bagi sebagian anak yang lainnya.

Perhatikan reaksi yang muncul setelah menggunakan tisu pembersih tersebut pada kulit bayi. Beberapa bayi ada yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap bahan tertentu, sehingga kulitnya dapat teriritasi.

Pilih juga produk tisu pembersih khusus yang benar-benar diperuntukkan untuk bayi dan pilih sesuai dengan kegunaannya. Tisu pembasuh mulut, tangan, dan wajah yang aman untuk kulit bayi yang sensitif biasanya mengandung xylitol alami, bebas alkohol, bebas dari pewangi yang berpotensi mengiritasi kulit, dan steril.

 

Sumber : nakita

Artikel Lainnya

Botol air minum kemasan, boleh diisi ulang nggak sih mom? Kita simak penjelasan berikut yuk mom. Sebagian dari kita tidak berpikir dua kali untuk mengisi ulang air minum di botol plast...

Cara membersihkan botol susu bayi perlu dilakukan dengan tepat. Ya, Moms, lemak susu yang menempel pada botol berpotensi menumbuhkan jamur dan bakteri. Ketika jamur tersebut tidak dibersihkan dengan t...

Sering merasa gemas dengan perilaku anak yang kerap memasukkan benda apa pun ke dalam mulutnya? Rasanya ingin berteriak dan melarangnya setiap kali ia melakukan hal tersebut. Tapi, ternyata hal i...

Memiliki segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan, masih banyak wanita yang enggan rajin mengonsumsi buah saat hamil. Padahal menurut studi terbaru, rutin makan buah saat hamil bisa membantu meningka...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................