Pastikan Nutrisi si Kecil Terpenuhi dengan ASI, MPASI, dan Sabun Cuci Botol Terbaik

Jumat, 28 April 2023 | 13:52 WIB Penulis :


Agar tumbuh kembang si Kecil tidak terganggu, kebutuhan nutrisinya harus terpenuhi. Oleh karena itu memberikan ASI dan MPASI pada waktunya membantu anak tumbuh dengan optimal. 

 

Di samping itu, menjaga kebersihan perlengkapan menyusui seperti botol dan makan MPASI juga penting agar si Kecil terhindar dari gangguan pencernaan. Gunakan sabun cuci botol terbaik yang tidak sekedar berlabel food grade tetapi Tanpa SLS (Sodium Lauryl Sulfate) dan sudah teruji membunuh kuman di laboratorium terakreditasi, agar pencernaan terjaga dan penyerapan nutrisi optimal.

 

Pentingnya ASI dan MPASI bagi tumbuh kembang anak

 

ASI merupakan sumber nutrisi bagi bayi yang baru lahir hingga usia 2 tahun. Pada bayi usia di bawah 6 bulan ASI menjadi sumber nutrisi yang ekslusif.

 

Manfaat ASI bagi bayi sangatlah besar, yaitu:

 

1. Mengandung nutrisi yang seimbang 

Secara alami ASI mengandung segala nutrisi yang diperlukan bayi pada usia 0-6 bulan untuk pertumbuhannya dalam takaran yang pas. Terlebih pada hari pertama setelah melahirkan, payudara menghasilkan kolostrum. Cairan kental berwarna kekuningan ini kaya akan protein dan rendah gula. Kandungan kolostrum tidak bisa didapatkan dari susu formula.

 

2. Meningkatkan antibodi

 

Kolostrum mengandung antibodi yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Beberapa studi menunjukkan bayi yang tidak disusui dengan ASI lebih rentan mengalami pneumonia, diare, dan malaria. 

 

3. Menjaga berat badan bayi

 

Menurut sebuah studi,menyusui lebih dari 4 bulan mengurangi risiko anak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di kemudian hari. Hal ini dikarenakan bayi yang mendapatkan ASI memiliki kadar leptin lebih banyak di dalam tubuhnya dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Leptin sendiri adalah senyawa yang mengatur nafsu makan.

 

4. Membuat anak menjadi lebih cerdas

 

Nutrisi yang terkandung di dalam ASI dapat membantu perkembangan otak anak. Studi lainnya menunjukkan anak yang diberi ASI memiliki hasil tes kecerdasan dan kemampuan menyerap pelajaran lebih baik dibandingkan anak yang diberi susu formula.

 

ASI, MPASI juga penting diberikan pada anak umur di atas 6 bulan. Pada usia ini bayi memerlukan asupan nutrisi tambahan lewat makanan. Memberikan MPASI juga dapat mencegah anak mengalami stunting.

 

Pentingnya memilih sabun cuci botol terbaik untuk menjaga kesehatan anak

 

Selain memberikan nutrisi yang tepat pada anak, Ibu juga perlu memastikan peralatan yang digunakan untuk menyusui dan makan seperti, botol susu, pompa ASI, sendok, hingga wadah makan tetap higienis. Tujuannya adalah melindungi sistem pencernaan si Kecil. Pada usia 0-3 tahun sistem pencernaannya belum cukup kuat untuk melawan bakteri dan patogen penyakit lainnya.

 

Bakteri yang masuk ke dalam pencernaan lewat peralatan yang tidak dicuci dengan bersih dapat menyebabkan bayi sering diare. Belum lagi ditambah partikel SLS (Sodium Lauryl Sulfate) yang terserap pada botol dan bercampur dengan ASI atau susu lalu diminum oleh si Kecil. Diare dapat mengurangi penyerapan nutrisi dan kesehatannya.  Oleh karena itu penting sekali mencuci peralatan bayi dengan sabun yang tepat.

 

Namun tidak semua sabun baik untuk mencuci peralatan karena kandungan kimianya. Zat kimia yang tertinggal pada peralatan juga bisa masuk ke tubuh anak dan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. 

 

Memilih sabun cuci yang tepat

Agar tidak salah pakai, gunakan tips memilih sabun cuci botol terbaik berikut ini. 

 

  • Label food grade

Saat memilih sabun, pastikan memiliki food grade. Label ini menandakan bahwa produk terbuat dari bahan-bahan yang aman bila tertelan

 

  • Tidak mengandung deterjen SLS

SLS atau sodium lauryl sulfate adalah senyawa kimia yang sering digunakan pada produk pembersih seperti sabun dan shampo. SLS bersifat surfaktan, yaitu mampu mengangkat kotoran dari permukaan. 

 

Sayangnya SLS tidak ramah bagi kulit dan sistem pencernaan anak. SLS dapat menyerap kelembapan kulit anak sehingga menyebabkan iritasi. 

 

Selain itu, SLS berisiko merusak lapisan dinding usus yang berfungsi menyerap nutrisi. Paparan terus menerus pada SLS dapat mengurangi kemampuan usus menyerap nutrisi dan membuat anak rentan mengalami stunting.

 

PUREBB Liquid Cleanser, sabun cuci botol yang aman

 

PUREBB Liquid Cleanser bisa menjadi solusi sabun cuci botol terbaik di rumah Ibu. PUREBB Liquid Cleanser merupakan sabun cuci berlabel food grade yang tidak mengandung SLS dan teruji membunuh kuman di Laboratorium terakreditasi sehinga  lebih hygienis dan aman untuk bayi.

 

no caption
Share Share

Artikel Lainnya

Moms, terkena gigitan serangga saat hamil biasanya amat menjengkelkan. Tapi, gigitan serangga biasanya sebagian besar tidak berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Namu...

Tahukah Ibu jika semua bayi terlahir dengan kulit sensitif sehingga rentan mengalami iritasi bila terkena zat asing? Itu sebabnya, bayi baru lahir perlu dirawat menggunakan produk perawatan kulit yang...

Pemberian ASI Perahan Ambil ASI berdasarkan waktu pemerahan (yang pertama diperah yang diberikan lebih dahulu). Jika ASI beku, cairkan di bawah air hangat mengalir. Untuk menghangatkan, tuang ...

Pertumbuhan setiap bayi memang berbeda-beda Moms, termasuk pada bagian rambut. Umumnya, rambut bayi tidak terlalu banyak saat lahir. Dan rambut-rambut ini nantinya akan rontok dengan sendirinya karena...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................