Cegah Ruam, Berapa Jam Sekali Bayi Harus Ganti Popok?

Kamis, 04 Mei 2023 | 13:58 WIB Penulis :


Kesehatan kulit si kecil harus terus terjaga, Ma, apalagi sering memakai popok. Popok kotor dan basah yang tidak cepat diganti bisa cepat menimbulkan masalah pada kulit bayi baru lahir yang masih sensitif, misalnya ruam popok.

 

American Academy of Dermatology Association menjelaskan, ruam popok adalah masalah kulit yang menyebabkan kulit di bawah popok menjadi merah dan terasa lebih lunak.

 

Lalu, kira-kira ganti popok bayi baru lahir berapa jam sekali agar terhindar dari ruam? Cari tahu di bawah ini, yuk.

 

Berapa Kali Ganti Popok Bayi Baru Lahir?

 

Saat punya bayi, Mama dan Papa harus siap sering ganti popok bayi. Biasanya bayi bisa ganti popok sebanyak 8-10 popok sehari, tapi jumlah ini juga bisa berbeda-beda pada setiap bayi.

 

Kapan harus ganti popok bayi? Idealnya popok harus diganti segera saat sudah basah dan lembap. Lalu, popok juga sebaiknya cepat diganti bila sudah tercium bau dan ada feses atau urine.

 

Sederhananya, waktu ganti popok bayi umumnya adalah setiap 2-3 jam sekali. Karena, bayi memang sering buang air kecil dan besar, sehingga Mama harus siap popok banyak.

 

Dampak Buruk Jika Terlalu Lama Pakai Popok

 

Jangan biarkan bayi memakai popok kotor dalam waktu lama, ya. Kalau terlalu lama, ruam popok tentu gampang muncul. Feses dan urine mudah mengiritasi kulit bayi. Kalau kulit bayi terkena feses dan urine dalam waktu lama, ruam popok bisa cepat muncul karena kulitnya masih rentan atau sensitif.

Dampak buruk dari bayi yang mengalami ruam popok antara lain:

  • Bayi menjadi rewel karena kulit terasa perih pada area yang kena ruam popok
  • Kemerahan
  • Mengelupas

 

Selain ruam popok, berikut ini beberapa hal buruk yang bisa terjadi bila malas ganti popok bayi:

  • Kotoran dari popok keluar mengenai baju
  • Timbul bau tak sedap, khususnya akibat kotoran dari bayi yang sudah makan MPASI
  • Bayi menjadi tidak nyaman

 

Gunakan Diaper Cream untuk Cegah Ruam Popok

 

Ruam popok bisa dicegah dengan rajin mengganti popok dan menggunakan diaper cream setiap sebelum pakai popok, agar feses dan urine tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

 

Pilih diaper cream dengan kandungan zinc oxide. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Dermatologic Therapy, menyebutkan bahwa zinc oxide memiliki sifat antiinflamasi alias anti radang, yang dapat mencegah ruam kulit. 

 

Studi lain yang diterbitkan di jurnal Dermatology Research and Practice bahkan menyebutkan bahwa zinc oxide dapat bantu menyerap air sehingga menjaga kulit bayi tetap kering. Zinc oxide ini pun memiliki sifat antibakteri, sehingga mencegah infeksi kulit pada bayi. 

 

Nah, karena itu lebih baik Mama memilih produk yang mengandung zinc oxide seperti yang terdapat di PUREBB Diaper Cream yang melindungi kulit area nappy dan mencegah ruam.

 

Menurut Mayo Clinic Amerika Serikat, fungsi zinc oxide untuk kulit bayi yaitu:

  • Meredakan peradangan dan menenangkan kulit
  • Melindungi kulit bayi

 

Hindari mengoleskan krim zinc oxide dengan kadar terlalu tinggi, ya. Kandungan zinc oxide yang terlalu tinggi untuk penggunaan sehari-hari lebih sulit dibersihkan dari kulit karena teksturnya yang tebal dan pekat. 

 

Selain itu, melansir dari Mayo Clinic Amerika Serikat, penggunaan krim zinc oxide dengan kadar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gatal, kulit merah, dan ruam popok. Jadi sebaiknya, Mama tidak memilih krim cegah ruam popok dengan kadar zinc oxide tinggi.

 

Kandungan zinc oxide yang terdapat dalam PURE Diaper Cream dengan persentase 3% yang aman digunakan sehari-hari untuk mencegah ruam popok. Krim ini bisa melindungi kulit bayi dari kuman yang dihasilkan feses dan urine yang menempel di kulit saat memakai popok, serta mencegah iritasi.

 

Tak hanya itu, PUREBB Diaper Cream mengandung sunflower seed oil dan castor oil yang mampu menjaga kelembapan serta kehalusan kulit si kecil. 

 

Studi yang dimuat dalam jurnal Pediatric Dermatology membuktikan bahwa sunflower seed oil yang digunakan rutin selama 4 minggu dapat memperbaiki skin barrier

 

Sedangkan di dalam jurnal Clinical Medicine and Research, disebutkan bahwa castor oil dapat mempertahankan kadar air di lapisan kulit, sehingga membuat lebih lembut dan lembap.

 

Mama bisa mengoleskan PUREBB Diaper Cream di area nappy dan area sekitar yang tertutup popok sebelum memakaikan popok pada bayi.

 

PUREBB Diaper Cream bisa digunakan bayi dengan kulit normal hingga sensitif. Formulanya sudah irritation-tested dan disetujui secara dermatologis, jadi aman untuk si kecil!

 

Dengan mengoleskan PUREBB Diaper Cream yang lembut di kulit bayi, bayi akan merasa nyaman selama memakai popok. Mama dan Papa pun tenang karena tak perlu khawatir dengan ruam popok!

 

Nah, sekarang sudah tahu, kan, betapa pentingnya rajin dan cepat ganti popok bayi. Jangan sampai si kecil terus rewel dan menangis karena kulitnya tak nyaman karena terlalu lama pakai popok.

 

Selain itu, pastikan selalu pilih produk perawatan kulit bayi yang aman dan teruji klinis seperti PUREBB Diaper Cream  supaya si kecil terbebas dari ruam popok.

 

Source : https://www.klikdokter.com/

Artikel Lainnya

Ruam popok merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi pada si Kecil. Gejala ruam popok pada si Kecil tentu bikin gatal, nggak nyaman dan mudah rewel, Ma. Bikin kuman mudah masuk ke area n...

Saat si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, orang tua dapat mulai memberikan MPASI (makanan pendamping ASI) untuk mengenalkan berbagai tekstur dan cita rasa makanan. Namun, pemberian MPASI untuk bayi j...

Penyebab Sleep Regression pada Bayi Melansir Nature and Science of Sleep, tidak ada alasan pasti yang menjadi penyebab sleep regression pada bayi dan ini akan membuat Moms lebih frus...

5 Rekomendasi Kado Spesial Untuk Ibu di Hari Ibu  Hari ibu yang jatuh pada bulan Desember menjadi salah satu momen spesial bagi seorang anak. Banyak yang ingin menunjukkan kasih sayangnya deng...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................