Menggunakan Skin Care Bayi Kulit Normal, Kapan Waktu yang Tepat?

Jumat, 05 Mei 2023 | 13:32 WIB Penulis :


Tahukah Ibu jika semua bayi terlahir dengan kulit sensitif sehingga rentan mengalami iritasi bila terkena zat asing? Itu sebabnya, bayi baru lahir perlu dirawat menggunakan produk perawatan kulit yang bebas dari zat kimia, deterjen SLS, dan juga pewangi.

 

Namun seiring berjalannya waktu, lapisan terluar kulitnya (skin barrier) mulai terbentuk sehingga lebih kuat saat Ibu merawatnya dengan sabun maupun pelembap. Faktanya, skin barrier bayi akan terus berkembang secara bertahap hingga usianya 4 tahun.

 

Kapan waktu yang tepat menggunakan sabun dan lotion untuk perawatan kulit normal pada bayi?

 

Bayi baru lahir harus menggunakan produk perawatan kulit bayi yang bebas zat kimia pada bayi berusia 4-6 minggu. Tapi pastikan kadar pemakaiannya tidak berlebihan agar menghindari iritasi dan masalah kulit lainnya.

 

Perawatan pada bayi baru lahir dengan bayi usia 6 bulan berbeda. Bayi baru lahir pakai perawatan kulit sensitif karena kondisi kulitnya masih tipis dan rentan mengalami iritasi. Sedangkan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, kondisi kulitnya sudah mulai berkembang.

 

Pada saat usia si Kecil di atas 6 bulan dan tidak mengalami masalah kulit, Ibu bisa memperkenalkan skin care bayi kulit normal untuk pelembap dan sabunnya yang diformulasikan untuk usia tersebut. Di usia ini skin barrier-nya semakin kuat sehingga risiko iritasi kulit semakin berkurang ketika menggunakan produk skin care bayi kulit normal.

 

Tetapi perlu diingat juga bahwa beberapa bayi akan terlahir dengan kulit sensitif secara permanen sehingga ia membutuhkan produk perawatan yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Bayi dengan kulit sensitif masih akan mengalami masalah kulit walau usianya sudah di atas 2 tahun. Bayi dengan kulit sensitif berisiko mengalami iritasi bila menggunakan produk perawatan bayi untuk kulit normal, jadi ia memerlukan produk perawatan khusus untuk kulit sensitif. Karena sifatnya permanen, tidak ada batasan waktu sampai berapa lama ia perlu menggunakan produk perawatan kulit sensitif.

 

Oleh karena jenis kulit bayi berbeda, sebelum menggunakan produk bayi, pastikan Ibu mengetahui jenis kulit si Kecil agar dapat memilih produk yang tepat.

 

Ciri-ciri kulit bayi normal

 

Secara umum, bila si Kecil berusia di atas 6 bulan, ia masih sering mengalami kulit kering, mengelupas, alergi, iritasi atau ruam saat bersentuhan dengan bahan kimia atau permukaan tertentu, artinya ia memiliki kulit sensitif yang permanen, sehingga tetap harus menggunakan perawatan khusus kulit sensitif.

 

Sementara untuk bayi berusia di atas 6 bulan yang sudah siap beralih dari perawatan sensitif menggunakan perawatan kulit normal ciri-cirinya adalah:

 

  •       Tidak mengalami iritasi atau alergi, kulit si kecil lembut ketika di sentuh (tidak kering atau mengelupas)
  •       Tidak muncul ruam atau kemerahan
  •       Tidak mengalami kemerahan di kulit setelah menggunakan selimut atau pakaian.

 

Jika, kulit si Kecil termasuk normal, Ibu bisa menggunakan produk skin care bayi kulit normal untuk menjaga kesehatan kulitnya.

 

Tips memilih skin care bayi kulit normal

 

Meski si Kecil memiliki kulit normal, ada baiknya Ibu tetap menggunakan produk skin care yang diformulasikan khusus untuk bayi. Berikut beberapa tips yang bisa Ibu gunakan untuk memilih skin care yang tepat.

 

  • Hindari kandungan SLS

 

Deterjen SLS atau sodium lauryl sulfate merupakan zat surfaktan yang berfungsi mengangkat kotoran dan menimbulkan busa. Namun, lapisan terluar kulit normal akan mudah rusak, mengalami peradangan, dan iritasi bila terlalu sering terpapar zat ini. Itu sebabnya, tidak disarankan menggunakan produk bayi yang mengandung deterjen SLS. Hal ini juga berlaku pada produk untuk kulit bayi sensitif.

 

  • Teruji hypoallergenic

 

Produk yang teruji hypoallergenic cenderung lebih sedikit mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membuat kulit bayi iritasi dan memicu reaksi alergi sehingga relatif aman untuk bayi.

 

Rekomendasi produk sabun dan lotion untuk kulit bayi

 

Jika ibu sedang mencari produk sabun dan lotion untuk si Kecil, jangan ragu untuk memilih PUREBB Wash dan PUREBB Lotion. Keduanya diformulasikan untuk merawat kulit bayi normal.

 

PUREBB Wash merupakan sabun mandi bayi yang bebas dari deterjen SLS, teruji hipoalergenik, dan minim bahan kimia yang dapat membuat kulit iritasi.

 

Source : https://www.sehatq.com/

Artikel Lainnya

Memilih produk perawatan seperti sabun bayi memang enggak mudah ya, mom? Apalagi kulit bayi dikenal masih sensitif dan gampang terkena iritasi.   Tanya Remer Altmann, MD, penulis buku&n...

Sebelum hamil, kadar gula darah Maya - seorang Mama yang berdomisili di Depok - normal-normal saja. Namun, ketika hamil, kadar gula darahnya melonjak. Akibatnya? Bayi yang dilahirkan pun cukup besar. ...

Hoam.... Ketika hamil, pasti ada hal berbeda yang dirasakan para bunda. Apakah Bunda jadi merasa mudah lelah dan mengantuk? Keluhan ini seperti dirasakan teman saya nih, Bun. "Gue lelah b...

MPASI perlu dikenalkan begitu si kecil memasuki usia 6 bulan. Hal itu karena seiring bertambahnya usia bayi, mereka mulai membutuhkan makanan padat agar bisa mendapatkan cukup zat besi dan nutris...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................