FAKTA MENARIK YANG PERLU DIKETAHUI SETIAP IBU MENYUSUI

Kamis, 04 Agustus 2016 | 14:48 WIB Penulis : Erni Wulandari


Melahirkan merupakan peristiwa tak terlupakan oleh ibu mana pun di seluruh dunia. Namun, tidak seluruh wanita mengetahui fakta menarik tentang ibu menyusui, terutama ibu muda yang baru pertama kali melahirkan. Nah, Bunda, sebaiknya Bunda tahu fakta-fakta menarik saat ibu menyusui berikut:

1. Kelebihan Hormon
Bunda, tepat setelah melahirkan, seorang ibu akan mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon ini akibat melimpahnya hormon oksitosin yang bekerja dalam tubuh dan merangsang produksi ASI. Tentu, pada ibu yang menyusui hormon ini bekerja lebih giat. Ternyata peningkatan hormon oksitosin ini menyebabkan tubuh ibu menyusui menjadi mudah letih dan menguras daya tahan tubuhnya. Sehingga tak jarang ibu menyusui mengalami kondisi kejiwaan yang melankolis, merasa lemah, mudah letih, berkeringat bahkan depresi. Tak perlu khawatir Bunda, hal ini hanya bersifat sementara saja. Namun bila Bunda merasa amat terganggu, tak ada salahnya berkonsultasi pada dokter Bunda.

2. Berat badan turun drastis
Kebanyakan ibu menyusui mengalami penurunan berat badan. Hal ini normal saja, karena ASI mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Ibu menyusui butuh tambahan sekitar 500 kalori setiap harinya. Untuk beberapa wanita, metabolisme tubuh mereka melambat saat baru menyusui, sehingga ia tidak mengalami penurunan berat badan sampai ia memberikan MPASI pada bayinya.

3. Hati-hati dengan melimpahnya ASI
Memiliki payudara yang bisa memproduksi ASI secara melimpah merupakan anugerah bagi bayi Bunda. Karena itu, jangan pernah meninggalkan rumah tanpa melengkapi diri Bunda dengan bantalan pengganjal ASI (nursing pads). Fakta menarik saat ibu menyusui berikut ini tak dapat disangkal oleh para dokter, bahwa payudara Bunda akan segera terisi penuh sesaat setelah Bunda meninggalkan rumah. Pada saat mendengar tangisan bayi, atau jika waktu menyusui tiba, secara otomatis daerah payudara Bunda akan basah dan air susu akan merembes keluar. Hal ini terkadang menjadi hal yang memalukan, terutama bagi ibu muda. Jadi sebaiknya bila Bunda memutuskan untuk bepergian, bawalah baju ganti atau paling tidak baju kaos dan blus kering untuk mengganti baju yang basah akibat ASI merembes, di samping membawa perlengkapan bayi Bunda.

4. Payudara tidak sama besar
Bunda, jangan panik bila Bunda terbangun di pagi hari dan melihat payudara Bunda berbeda ukuran satu sama lain. Hal ini normal terjadi pada beberapa wanita. Hal ini terjadi karena payudara yang satu menghasilkan lebih banyak ASI daripada yang lain. Jangan khawatir, ukuran payudara akan kembali seperti semula setelah masa menyusui selesai.

5. Iritasi
Masalah ini dirasakan hampir seluruh ibu, berapa pun anak yang sudah dimilikinya. Biasanya iritasi terjadi akibat puting yang kering atau perlekatan yang kurang pas. Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa menggunakan lotion atau minyak yang berfungsi melembabkan puting dan mengurangi risiko iritasi. Pilihlah lotion yang aman untuk bayi, misalnya Lanolin, minyak klentik, minyak zaitun.

Semoga fakta-fakta menarik tentang ibu menyusui di atas bermanfaat untuk Bunda. Selamat menyusui ya Bun..

Artikel Lainnya

Banyak kebiasaan bayi yang kadang bisa menimbulkan kepanikan bagi orang tua baru. Salah satunya adalah saat menemukan bayi kejang saat tidur. Ketika Moms melihat bayi kejang saat tidur, sering...

Jakarta – Kebanyakan ibu menggunakan alat pompa untuk menyediakan ASI selama bekerja. Sebenarnya, pemakaian pompa ASI sah-sah saja, asalkan ibu harus bisa menjaga kebersihan pompa ASI yang digun...

Memiliki bayi yang berkulit putih tentunya menjadi idaman setiap orangtua. Namun meskipun demikian, hal ini juga terkait dengan berbagai faktor salah satunya yaitu genetis. Jika orangtua memiliki kuli...

Peradangan usus buntu atau apendisitis adalah kondisi yang terjadi saat usus buntu meradang, membengkak, atau terinfeksi. Masalah ini paling sering diderita anak-anak dan remaja berusia 5-20 tahu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................