5 Cara untuk Membangun Self-Esteem Pada Anak, Agar Siap Melewati Kehidupan

Selasa, 09 Mei 2023 | 11:46 WIB Penulis :


Anak-anak biasanya belajar perawatan diri fisik (misalnya, istirahat, makan sehat, dll.) terlebih dahulu sebelum perawatan diri mental (misalnya, memahami ketika mereka perlu istirahat untuk menenangkan diri, meminta bantuan ketika mereka merasa terlalu tegang, dll.).

Cara terbaik bagi anak-anak untuk mempelajari ini adalah dengan mencontoh pengasuh mereka. Ketika pengasuh mereka mementingkan perawatan diri, anak-anak tumbuh dengan memprioritaskan kebutuhan mereka sendiri juga.

Berikut tips agar anak bisa menemukan self-esteem atau harga diri masing masing,perlu diperhatikan bagi pengasuh atau orang tua.

 

1. Puji usahanya, bukan hasilnya

pexels

pexels via https://images.pexels.com

 

Ketika kita memuji anak-anak atas apa yang dapat mereka lakukan dan kendalikan, kita memberi mereka kendali atas harga diri mereka.

 

Sebaliknya, ketika kita memuji anak-anak untuk mencapai suatu hasil kita menghilangkan kendali mereka atas harga diri mereka karena mereka tidak selalu dapat mengendalikan hasil suatu kegiatan.

 

Jadi letakkan fokus kendali harga diri anak di tangan mereka. Misalnya, mengatakan

 

'Kamu telah bekerja sangat keras!' atau 'Kamu sudah menguasainya!'

 

memungkinkan mereka untuk melakukan upaya dalam membangun harga diri mereka

 

2. Saat menegur anak, gunakan pernyataan yang dapat ditindaklanjuti, bukan karakter anak.

 

pexels

pexels via https://images.pexels.com

 

Ini membantu anak belajar bahwa dia pada dasarnya tidak baik atau bodoh .

 

Jangan mengatakan: 'Kamu dimarahi karena tidak mengerjakan pekerjaan rumah karena kamu selalu menunda-nunda/malas', pertimbangkan untuk mengatakan:

 

'Lain kali, selesaikan pekerjaan rumahmu sebelum bermain agar kamu yakin bisa menyerahkan pekerjaan rumah tepat waktu.

 

3. Tetapkan target yang dapat dicapai

 

pexels

pexels via https://images.pexels.com

 

Anak-anak merasa bangga pada diri mereka sendiri ketika mereka telah melakukan sesuatu yang sulit atau penuh usaha.

 

Untuk anak yang masih sangat kecil, mulailah dengan aktivitas sehari-hari seperti makan sendiri, berganti pakaian, berpakaian, mandi, toilet training.

 

4. Biarkan anak Anda gagal, lalu bantu mereka pulih

 

pexels

pexels via https://images.pexels.com

 

Mampu pulih dari kegagalan sama bermanfaatnya dalam membangun harga diri. Keberhasilan dan kegagalan adalah bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan dan kehidupan. Mampu pulih dari kegagalan membantu anak mengembangkan ketahanan yang berkontribusi pada pembangunan harga diri.

 

5. Berikan umpan balik yang realistis

 

pexels

pexels via https://images.pexels.com

 

Berikan umpan balik yang realistis untuk membantu mereka mengukur kekuatan dan kelemahan mereka dengan lebih baik. Ekspresikan umpan balik secara positif bahkan ketika itu mengungkapkan area kelemahan

 

Source : https://www.hipwee.com/

Artikel Lainnya

pa Manfaat Daun Katuk untuk Kesuburan? Mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya, daun katuk memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan di dalamnya. Namun, apakah daun katuk dapat membantu meni...

Di usia batita, si kecil yang tengah mempelajari “dunianya” akan banyak melakukan eksplorasi. Pegang ini, pegang itu, panjat sana, panjat situ, lari sana, lari situ. Masalahnya, berbagai e...

  Ketika Bunda pertama kali menyentuh bayi yang baru lahir, pasti yang pertama kali Bunda rasakan ialah halus dan juga lembutnya kulit bayi. Begitu lembutnya kulit bayi terasa licin dan ti...

Bayi terjatuh adalah hal yang biasa. Namun setiap kali bayi jatuh terguling - dari sofa, tempat tidur, kursi tinggi, boks, atau meja- Mama harus melakukan pemeriksaan menyeluruh. Tujuannya untuk menge...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................