Cara Merawat Benjol Pada Bayi Karena Terjatuh

Rabu, 06 Maret 2024 | 16:54 WIB Penulis :


Bayi terjatuh adalah hal yang biasa. Namun setiap kali bayi jatuh terguling - dari sofa, tempat tidur, kursi tinggi, boks, atau meja- Mama harus melakukan pemeriksaan menyeluruh. Tujuannya untuk mengetahui cedera, terutama jika bagian kepala atau punggung yang terbentur.

Mama harus memastikan bahwa bayi tidak memiliki luka serius, gegar otak, atau kerusakan internal lain. Jatuh bisa menjadi hal yang serius, tetapi tulang bayi dan balita masih lunak, sehingga tidak mudah patah seperti pada anak yang lebih tua.

Jika bayi terlihat baik-baik saja dan tampak normal, kemungkinan jatuhnya tidak menyebabkan cedera serius. Bersyukurlah, tetapi tetap awasi. Terus perhatikan dengan cermat selama 24 jam ke depan, terutama jika bayi terbentur di bagian kepala.

 

4 Langkah Merawat Benjolan di Kepala Bayi

"Telur angsa" di kepala adalah hal biasa, terutama pada bayi yang baru belajar berjalan. Meskipun benjolan di kepala terlihat menakutkan, itu tidak berarti bahwa bayi terluka parah.

Ketika pembengkakan terjadi di kepala, sebagian besar menonjol ke luar karena tengkorak bayi hanya di bawah kulit. Ini langkah untuk mengatasi benjol itu: 

  1. Untuk membantu benjolan mengempes, bungkus es dengan handuk tipis dan kompres benjolan itu selama dua hingga lima menit.
  2. Susui bayi atau bacakan buku kesayangannya selama proses pengompresan ini untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa tidak nyaman.
  3. Jika Mama merasa bayi terganggu oleh benjolan itu, konsultasikan dengan dokter apakah Mama bisa memberikan acetaminophen atau ibuprofen dengan dosis yang sesuai. Obat itu bisa meredakan rasa sakit si Kecil.
  4. Ketika bayi terjatuh, cobalah untuk tidak bereaksi berlebihan. Langsung bergegas ke sisinya setiap kali ia tersandung akan membuat bayi tidak percaya diri. Jika bayi kesal, buat bayi tenang dan dorong dia untuk bangkit kembali.

Benjolan kecil dan memar adalah bagian tak terhindarkan dari pengembangan keterampilan motorik dan kemandirian. Selama bayi berada di bawah pengawasan orang dewasa dan area bermainnya bebas dari tangga, tepi yang tajam, dan bahaya lainnya, kebanyakan jatuh tidak akan menyebabkan cedera serius.

 

Source : https://www.popmama.com/

Artikel Lainnya

Kulit bayi yang baru lahir masih sensitif dan rentan mengalami iritasi. Oleh karena itu, jangan sampai Bunda salah dalam melakukan perawatan kulit bayi. Berikut beberapa trik merawat kulit bayi baru l...

Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Moms lakukan untuk menurunkan risiko gigitan serangga saat hamil sesuai arahan Center for Disease Control and Prevention: Kenakan pakai...

Si Pemilih makanan atau picky eaters adalah salah satu tantangan yang paling umum dihadapi orangtua. Kebiasaan memilih-milih makanan ini bahkan bisa terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 12 ...

Untuk menjauhkan anak dari berbagai risiko yang disebutkan di atas, hal pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah memangkas konsumsi gula harian. Tapi jangan senang dulu, karena biasanya hal ini le...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................