Penting untuk Diketahui, Mengapa Bayi Baru Lahir Harus Menangis?

Senin, 31 Mei 2021 | 16:19 WIB Penulis :


Mama sering mendengar bahwa bayi baru lahir harus menangis?

Saat proses persalinan, memang tangisan bayi adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Lalu apa penyebab bayi menangis setelah dilahirkan dan seberapa penting tangisan bayi?

Berikut telah dirangkum informasi terkait alasan di balik bayi menangis setelah dilahirkan, yuk simak bersama! 

1. Menandakan paru-paru berfungsi dengan baik

Tangisan bayi setelah lahir sangat penting sebagai tanda untuk mengetahui bahwa paru-paru bayi berfungsi dengan baik saat berada di luar rahim.

Mengingat bahwa paru-paru adalah bagian intergral bagi kelangsungan hidup si Kecil.

2. Cairan ketuban keluar saat bayi dilahirkan

Ketika berada di dalam kandungan, cairan ketuban di dalam rahim mengisi kantong udara di dalam paru-paru bayi Ma, namun saat bayi lahir cairan tersebut akan keluar.

Tekanan yang terjadi pada dinding dada akan menekan dan mendorong cairan ketuban keluar dari paru-paru. Proses tersebut yang kemudian membuat bayi menangis.

3. Napas pertama si Kecil

Saat cairan keluar dari paru-paru, di saat itulah kali pertama si Kecil menggunakan paru-parunya untuk menghirup udara atau bernapas.

Pada awalnya napas bayi akan pendek, namun tangisan yang dilakukan si Kecil cenderung lama, karena tekanan udara di luar rahim mamaksa kantung udara si Kecil terbuka untuk mengeluarkan cairan.

Bayi perlu untuk membersihkan jalur pernapasan sendiri dengan cara menangis.

4. Bayi berhenti menangis

Bayi akan berhenti menangis jika sudah merasa nyaman dan memiliki keinginan untuk mulai bernapas dengan normal.

Tangisan si Kecil juga berbeda-beda, Ma. Ada yang kencang namun ada juga yang pelan, hal ini tergantung dengan seberapa banyak cairan yang butuh untuk keluar dari paru-paru.

Bayi baru lahir biasanya menangis dengan durasi sekitar 30 detik sampai 1 menit.

5. Alasan bayi tidak menangis

Terdapat beberapa penyebab bayi tidak menangis saat lahir yang perlu Mama waspadai yaitu di antaranya:

  • Asfiksia, yaitu terdapat sumbatan pada saluran napas bayi yang menyebabkan bayi sulit bernapas dan tidak bisa menangis.
  • Lahir prematur, organ-organ pada bayi prematur belum sempurna sehingga bayi yang baru lahir bisa saja mengalami gangguan pernapasan saat lahir.
  • Air ketuban hijau, air ketuban normalnya berwarna bening dan akan menjadi bahaya jika air ketuban yang keluar berwarna hijau dan diminum oleh bayi karena akan menginfeksi paru-paru dan memicu peradangan bagi bayi.

Itulah informasi terkait alasan bayi baru lahir langsung menangis. Semoga informasi di atas dapat memberikan Mama pemahaman untuk mempersiapkan diri jika ingin menyambut si Kecil ya, Ma.

Source: popmama.com

Artikel Lainnya

Saat hamil, kondisi kulit umumnya memang akan mengalami perubahan. Biasanya ini terjadi karena adanya perubahan pada pengaturan hormon. Asalkan aman dan menurut petunjuk dokter, sah-sah saja kok melak...

Mendengkur saat hamil dianggap wajar karena uterus dan bayi terus tumbuh dan menekan diafragma. Ini juga terjadi akibat pembengkakkan selaput lendir dan rongga hidung karena peningkatan hormon estroge...

Dalam beberapa bulan belakangan ini, virus corona menjadi pembahasan utama karena sangat menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, virus ini merupakan virus yang sangat mudah menyebar dan m...

Penyakit kaki tangan dan mulut atau penyakit flu singapura ini mulai merebak. Istilah kedokterannya adalah HFMD atau Hand Foot Mouth Disease atau KTM (Kaki tangan dan Mulut). Nama populernya adalah Fl...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................