Tips Merawat Bekas Jaitan Operasi Caesar

Rabu, 24 Mei 2023 | 16:33 WIB Penulis :


Setelah operasi selesai dan Mama pulang, ada banyak hal yang harus Mama perhatikan agar luka tersebut terawat dengan benar. Beberapa hal yang Mama perlu lakukan adalah:

1. Menjaga Diri Mama Sendiri

Untuk beberapa minggu pertama setelah operasi caesar, mama perlu istirahat untuk pemulihan.2-5 Istirahatlah secukupnya karena Mama memerlukan waktu untuk mengurus bayi Mama yang baru lahir dan diri Mama sendiri yang memerlukan pemulihan baik secara fisik maupun secara mental.

2. Rutin untuk Mengganti Perban

Luka operasi caesar awalnya akan ditutup dengan perban. Mama perlu memperhatikan apabila ada cairan yang rembes pada perban tersebut. Bila Mama merasa rembesannya cukup banyak, jangan ragu untuk menghubungi tenaga kesehatan untuk memeriksa luka tersebut dan mengganti perban yang baru.

3. Menjaga Luka tetap Kering

Setelah perban dari luka operasi caesar dibuka, mama perlu menjaga luka tersebut agar tetap kering.3 Hal ini bertujuan agar luka tersebut tidak terinfeksi. Kurang lebih 1 minggu setelah operasi Mama mungkin merasakan gatal pada luka operasi caesar tersebut. Tapi Mama tidak perlu khawatir, karena itu merupakan tanda bahwa luka tersebut sudah mulai untuk sembuh. Seiring dengan waktu, bekas luka tersebut akan memudar.

4. Hindari Beraktivitas Berat

Seperti poini pertama, sudah dijelaskan bahwa Mama memerlukan istirahat yang cukup dalam 6 minggu pertama. Aktivitas ringan boleh dilakukan, tetapi aktivitas yang berat seperti mengangkat benda berat, berolahraga intensif, bahkan berhubungan intim perlu dihindari.3,5 Aktivitas-aktivitas tersebut dapat meningkatkan tekanan perut Mama, yang meningkatkan beban pada luka operasi. Ini menyebabkan luka operasi lebih lama untuk sembuh, bahkan dapat membuat luka tersebut terbuka kembali.

5. Makan-makanan bergizi dan Minum yang Cukup

Pertumbuhan jaringan memerlukan gizi dan cairan yang cukup. Mama perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya tinggi protein dan minum untuk memenuhi cairan tubuh yang cukup.3,5 Hindarilah melakukan diet dalam fase pemulihan karena Mama memerlukan gizi untuk pemulihan, dan juga memproduksi ASI bagi bayi Mama.

 

6. Jaga Luka agar Tetap Bersih

Jaga area sayatan bekas operasi caesar. Merawat luka agar tetap bersih dapat membantu sayatan caesar lebih cepat kering.

7. Hindari Berendam

Setelah persalinan caesar, Mama harus menghindari berendam dan berenang. Lakukanlah sesuai dengan anjuran dokter.

 

Source : https://www.nutriclub.co.id/

Artikel Lainnya

Pengertian Plasenta Anterior Plasenta anterior adalah kondisi dimana plasenta berkembang di corpus anterior atau bagian depan dinding rahim tepatnya dekat dengan permukaan perut. Melansir laman Med...

Tak semua anak bisa bertahan duduk sambil menghabiskan makanannya. Jika Bunda sedang berada di posisi ini dan bertanya apakah tidak apa-apa balita makan sambil jalan-jalan, jawabannya tidak apa-apa. ...

Dermatitis adalah salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi pada bayi. Istilah dermatitis menunjukkan kondisi kulit yang tampak sangat kering dengan ruam kemerahan dan terasa gatal akibat...

Wanita mana sih yang tak ingin tampil cantik menawan? Salah satu cara untuk tampil stunning adalah dengan mengubah warna rambut. Rambut berwarna yang cantik akan membuat setiap wanita tampak makin men...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................