Ketahui Perbedaan Stretch Mark dan Selulit

Senin, 30 Oktober 2023 | 15:02 WIB Penulis :


Stretchmark dan selulit adalah kata yang sudah sering kali kita dengar, namun tahukah kamu perbedaan dari keduanya? Serta bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan dari dr. Astrid Teresa, Sp.KK tentang perbedaan stretchmark dan selulit berikut.

Stretchmark atau striae adalah bentuk jaringan parut pada kulit yang disebabkan oleh robeknya lapisan di bawah kulit atau di bagian dermis kulit. Ketika kulit teregang kemudian mengakibatkan robekan dan pembentukan bekas luka. Ada 2 jenis stretchmark yang pertama adalah striae rubra yang berwarna kemerahan atau yang baru terbentuk, yang kedua adalah striae alba yaitu stretchmark berwarna putih dan biasanya  sudah lama.

Secara mikroskopis, stretchmark menunjukkan perubahan kolagen dan elastin yang berkurang, serta terdapat edema dermal atau pembengkakan. Stretchmark awal menunjukkan peningkatan jumlah pembuluh darah dan peradangan, menghasilkan perubahan warna menjadi merah muda hingga keunguan.

Selulit merupakan perubahan permukaan kulit yang ditandai dengan gambaran seperti kulit jeruk, atau terlihat bergelombang akibat kumpulan atau deposit lemak di bawah kulit atau jaringan ikat di bawah kulit sehingga mendorong kulit dan tampak menonjol.

 

  • Terdapat beberapa perbedaan antara stretchmark dan selulit, yang pertama adalah gambaran klinis pada strtechmark yaitu terdapat tanda peregangan berupa garis berwarna merah atau berwarna putih, sedangkan pada selulit tampak gambaran seperti kulit jeruk.
  • Perbedaan kedua, secara mikroskopis atau secara sel pada stretchmark terdapat jaringan kolagen dan jaringan elastin di bawah kulit yang berkurang, sedangkan pada selulit terdapat deposit atau kumpulan sel lemak di bawah jaringan kulit.
  • Perbedaan ketiga yaitu penyebab pada stretchmark yoitu terdapat kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis, kemudian pubertas, hormonal, kehamilan, serta obat-obatan seperti steroid yang bila tidak digunakan secara tepat dapat mengakibatkan stretchmark, penyebab dari selulit yaitu genetik, gaya hidup seperti merokok, kemudian berdiri atau duduk dalam satu posisi yang lama serta menggunakan pakaian yang ketat.
  • Perbedaan keempat yaitu area yang terkena, pada stretchmark terdapat di area biasanya adalah perut, lengan bagian dalam, punggung dan area payudara, sedangkan selulit biasanya mengenai area belakang kaki, pinggul, paha, bokong dan pinggang.  

 

Tidak berbahaya karena pada umumnya stretchmark ataupun selulit tidak mempengaruhi kesehatan. Namun, dapat mempengaruhi kualitas hidup dan dapat menurunkan kepercayaan diri.

Terapi atau perawatan pada stretchmark bertujuan untuk meningkatkan regenerasi kolagen, sehingga dapat memperbaiki tampilan stretchmark dan selulit. Treatment dapat berupa krim topikal, energy based device atau laser serta Platelet Rich Plasma. 

Mencegah stretchmark atau selulit bisa dengan cara pertama adalah diet, yaitu pengaturan pola makan. Sebaiknya menghindari diet berkalori tinggi yang mengandung banyak karbohidrat, lemak, garam, yang dapat berkontribusi pada perkembangan lebih banyak selulit.

 

Source : https://zapclinic.com/

Artikel Lainnya

Apakah bayi Anda suka tidak bisa diam atau justru mencakar dada Anda saat sedang menyusu? Apa ia berusaha “kabur” dari menyusu sambil menarik puting Anda di mulutnya dan jadi menangis rewe...

Bagi kebanyakan orang tua, momen munculnya gigi pertama Si Kecil tentu sangat dinantikan. Walau sering diwarnai dengan sedikit demam dan rewel, hadirnya gigi pertama Si Kecil selalu membuat orang tua ...

Pijat payudara adalah salah satu teknik untuk menjaga kesehatan payudara termasuk identifikasi tanda kanker, melancarkan aliran darah, menjaga bentuk payudara, dan sebagainya. Ketahui teknik pijat pay...

Orangtua tentu selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi anak tercinta. Selain nutrisi makanan yang seimbang, kebersihan peralatan minum dan makanan pun tidak luput dari perhatian.   Ole...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................