Tak Bikin 'Bau Tangan', Justru Ini Manfaat Sering Mendekap Bayi

Selasa, 21 Maret 2017 | 13:54 WIB Penulis : Erni Wulandari


Di masyarakat, kerap dipercaya bahwa sering menggendong sambil mendekap bayi bisa bikin dia 'bau tangan' alias akan rewel ketika tidak digendong. Padahal, kenyataannya belum tentu seperti itu.

Baru-baru ini, studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology menunjukkan bahwa sentuhan lembut lebih awal yang dirasakan bayi memiliki efek yang tahan lama di otak mereka. Sentuhan ini disebutkan memiliki efek tahan lama ketika bayi merespons sentuhan di kemudian hari. Nah, kondisi ini bisa memiliki efek khusus pada bayi prematur.

Peneliti di Nationwide Children's Hospital, Ohio mengamati bayi yang lahir prematur (di usia kandungan 24-36 minggu), juga bayi yang lahir penuh bulan (di usia kandungan 38-42 minggu). Menggunakan hembusan udara, peneliti mengukur respons otak bayi.

"Kami mencatat bahwa bayi prematur memiliki respons otak terhadap sentuhan yang lebih sedikit dibanding bayi yang lahir cukup bulan. Namun, respons bayi prematur terhadap sentuhan ternyata lebih kuat pada bayi yang menghabiskan waktu untuk melakukan kontak lebih banyak dengan orang tua atau tenaga kesehatan.

Dikutip dari Today, peneliti mengatakan terlebih pada bayi yang sudah menjalani prosedur pengobatan yang cukup menyakitkan, mereka memiliki respons terhadap sentuhan yang lebih sedikit di kemudian hari.

Untuk itu, Ayah dan Ibu tak perlu khawatir jika sering melakukan kontak dengan anak, termasuk menggendong sambil mendekapnya. Soal anggapan sering digendong bisa membuat bayi mengalami 'bau tangan' juga dibantah salah satunya oleh Linh Nguyen England, MD, dokter anak di Miller Children's & Women's Hospital, Long Beach, California.

Menurut Nguyen, dalam beberapa bulan pertama, bayi memang butuh banyak skin to skin contact dengan orang tuanya. Hal ini pun bisa menenangkan bayi dan membuat kebutuhannya untuk dekat dengan orang tuanya terpenuhi.

"Pada bayi baru lahir, digendong bisa membuat mereka tenang dan ini tidak akan menjadi kebiasaan saat mereka lebih besar nantinya.

 

Sumber : detik.health

Artikel Lainnya

Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena itu, penting bagi setiap individu untuk memenuhi kebutuhan kalsium hariannya sebaik mungkin, ...

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Tidak Mau Pakai Dot? Bagi Mama yang bekerja, memberikan ASI pada bayi tetap perlu dilakukan. Dalam pemberian ASI, Mama bisa mengandalkan dot. Namun, tidak semua bayi suk...

Musim hujan, ditambah lagi genangan air atau banjir, membuat bakteri mudah berkembang biak dan menyebar. Ini dia 4 penyakit langganan yang kerap menyerang anak di musim hujan: 1. DIARE Diare menye...

Ketika bayi susah BAB, Ibu bisa coba mengatasinya dengan memberikan makanan yang kaya serat. Zat ini berperan dalam menyehatkan dan memperlancar pencernaan, sehingga bayi akan lebih mudah buang air be...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................