Meredakan Cegukan Dengan Meletakan Kertas Pada Dahi, Mitos atau Fakta?

Rabu, 31 Agustus 2022 | 13:07 WIB Penulis :


Cegukan adalah hal alami yang biasa dialami oleh siapapun termasuk pada bayi yang baru lahir. Cegukan merupakan suatu tanda pertumbuhan dan perkembangan bayi, untuk itu tidak perlu khawatir ya Moms.

Seperti halnya orang dewasa, cegukan pada bayi disebabkan oleh kejang diafragma dari kecil hingga mengembang. Cegukan pada bayi memang lebih sering dibanding cegukan pada orang dewasa, karena bayi masih beradaptasi terhadap hal-hal baru yang ia lakukan seperti makan atau minum ASI terlalu banyak, atau menelan terlalu banyak udara.

Biasanya bayi akan mengalami cegukan beberapa kali sehari dalam waktu 10 menit atau lebih lama. Jika bayi cegukan masih dalam kurun waktu ±10 menit, Moms bisa membiarkannya saja, karena nanti cegukan tersebut akan berhenti sendiri. Namun, bila cegukan terus berlanjut dalam waktu yang lama sehingga membuat ketidaknyamanan bagi si Kecil sebaiknya Moms segera membawanya ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Sebelum mengobati, sebaiknya kita cegah dulu bagaimana agar si Kecil tidak sering cegukan. Menurut Karen Fratantoni, M.D., M.P.H., seorang dokter anak di Children's National Health System, pencegahan cegukan bisa dilakukan dengan cara memberi makan bayi dalam jumlah sedikit tapi lebih sering dan memastikan agar bayi lebih sering bersendawa.

 

Yang harus Moms ingat ketika bayi cegukan adalah jangan mengejutkan atau menakut-nakuti si Kecil untuk membuat cegukan berhenti, karena hal ini tidak terbukti secara ilmiah bahkan dapat membahayakan si Kecil. Jangan pula menarik lidah seperti yang dipercayai oleh orang-orang, karena hal ini dapat menyakitkan si Kecil. 

Lalu bagaimana jika menggunakan kertas basah yang ditempelkan di dahi si Kecil? Apakah bisa membuat cegukan tersebut reda? 

Jawabannya adalah tidak! 

Cara ini adalah metode yang biasa dilakukan oleh nenek moyang yang memiliki sangat minim pengetahuan medis. Kita sebagai generasi Moms zaman now yang sudah dikelilingi oleh banyaknya media tentang ilmu medis, tentu sudah tahu bahwa cara tersebut salah. Untuk itu, mulai sekarang mari kita coba hilangkan kebiasaan menaruh kertas basah di dahi saat bayi cegukan ya Moms. 

Kesimpulannya adalah cara terbaik yang dilakukan saat si bayi cegukan adalah menunggu agar cegukan hilang dan berhenti dengan sendirinya.

 

Semoga bermanfaat.

By: Irna Dini A

Copyright by Babyologist

Source : https://kumparan.com/

Artikel Lainnya

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang belajar berjalan menggunakan baby walker lebih lama bisa berjalan dibanding bayi yang tidak menggunakan baby walker. “Penggunaan baby walker membu...

Menjadi seorang vegetarian memang sangat baik dan menyehatkan. Apalagi, jika kamu ingin memiliki tubuh yang langsing atau bentuk tubuh ideal. Keputusan menjadi seorang vegetarian adalah keputusan yang...

Bunda pasti setuju jika makan sayur dan buah sehat untuk tubuh. Tapi jangan lupa, perlu cara khusus lho agar bahan makanan tersebut higienis dari pestisida dan kamu tetap dapat menikmati manfaatnya. N...

Melahirkan dengan jalan operasi caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut bukan dari vagina. Proses penyayatan ini bisa menghasilkan jaringan luka di kulit. Meski secara ke...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................