Kata Dokter, Ini Kesalahan Orang Tua Paling Fatal Soal Merawat Gigi Anak

Rabu, 29 Maret 2017 | 10:09 WIB Penulis : Erni Wulandari


Kesehatan gigi merupakan salah satu hal pada anak-anak yang sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Sayangnya, masih banyak orang tua yang justru tak terlalu memikirkan hal tersebut dan kurang memerhatikan kesehatan gigi anak-anaknya.

menanammkan kebiasaan-kebiasaan terkait kesehatan gigi dan mulut seharusnya dimulai sejak kecil.

"Namun orang tua justru kebanyakan berpikir bahwa gigi susu tak perlu terlalu diperhatikan. Gigi susu dianggap akan tanggal dan pasti akan tergantikan oleh gigi permanen. Maka dari itu, kesehatan gigi susu pun tak perlu dipikirkan. Ini keliru.

Ia menegaskan bahwa dasar utama dari gigi yang sehat, rapi dan kuat justru dimulai dari gigi susu, bukan dari gigi permanen. Ketika gigi susu tak dirawat dan dibiarkan rusak, maka seterusnya pertumbuhan gigi bisa menjadi terganggu.

Gigi susu juga merupakan panduan bagi gigi permanen untuk memiliki posisi tumbuh yang tepat. Keberadaan gigi susu memfasilitasi pertumbuhan yang lebih kuat dari rahang, sehingga menghindari gigi tumbuh 'berantakan'. Jika gigi susu rusak, gigi permanen berisiko tumbuh tak seperti yang seharusnya. Gigi permanen juga berisiko menjadi lebih rentan rusak.

Selain risiko secara fisik, gigi susu yang rusak dan tak terawat juga dapat menimbulkan efek psikologis seperti kurangnya rasa percaya diri. Ketika hal tersebut terjadi, umumnya akan sulit bagi seorang anak untuk membangun kembali kepercayaan dirinya.

Maka dari itu, perawatan gigi susu pada anak dinilai penting. Untuk memulai perawatan yang tepat, orang tua dianjurkan untuk rutin membawa buah hatinya ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.

 

Sumber : health.detik

Artikel Lainnya

Apakah Anda menyadari ketika memberikan anak hadiah mainan, dia akan bermain dengan mainan tersebut sesaat kemudian menjadi lebih tertarik dengan kardus mainannya? Riset terbaru membuktikan anak-anak ...

Bayi yang memiliki rambut dan alis tebal memang semakin menggemaskan ya, Moms. Namun kebanyakan bayi belum memiliki banyak rambut dan alis, karena umumnya rambut dan alis baru tumbuh tebal ketika usia...

Tipe bayi menyusui bisa berbeda- beda. Uniknya bisa juga diketahui berdasarkan zodiak atau bintang yang menaunginya saat lahir. Mom kemungkinan besar akan menemui perbedaan kebiasaan menyusui, pada an...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................