Konsumsi Obat Saat Menyusui, Adakah Efeknya pada ASI?

Kamis, 07 April 2016 | 16:27 WIB Penulis : Erni Wulandari


Saat berobat ke dokter dalam kondisi menyusui, salah satu hal yang menjadi kekhawatiran para ibu adalah apakah obat yang dikonsumsi nantinya berefek pada ASI. Untuk itu, penting bagi ibu untuk menginformasikan pada dokter soal kondisinya yang masih menyusui.

Seperti penuturan dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, sebetulnya sedikit sekali jenis obat-obatan yang tidak aman untuk dikonsumsi selagi ibu sedang menyusui. Pasalnya, tidak semua obat-obatan, termasuk antibiotik dapat dikeluarkan lewat ASI.

"Sehingga aman juga kok untuk bayi. Banyak juga obat-obatan yang hanya diserap lewat asi dalam jumlah yang sangat sedikit sehingga tak berefek untuk bayi," kata dr Meta ketika berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Maka dari itu, dokter yang juga penulis buku 'Play and Learn' ini menekankan agar ibu selalu berkonsultasi dulu dengan dokter apakah ia boleh mengonsumsi satu obat tertentu saat menyusui. Dihubungi terpisah, konselor Laktasi SELASI, dr Sylvia Haryeny, IBCLC atau yang akrab disapa dr Sylvi mengatakan saat sakit dan mengonsumsi obat, ibu menyusui hanya perlu mengatakan kepada dokternya tentang kondisinya yang sedang menyusui.

Dengan begitu, dokter akan memilihkan obat yang akan digunakan. Selain itu, menurut dr Sylvi ibu juga perlu mengatur waktu minum obatnya, misalnya sesaat sebelum atau setelah menyusui bayi.

"Pada umumnya semua obat aman dikonsumsi saat menyusui, adapun bila ibu menggunakan obat-obatan kemoterapi, hanya perlu disiasati penatalaksanaannya selama seorang ibu menyusui bayinya.

 

Artikel Lainnya

Mie instan merupakan makanan yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi terlalu sering termasuk ibu hamil. Siapa yang tidak tahu mie instan? Makanan instan ini merupakan salah satu jenis makanan ...

Pada umumnya, anak-anak dilatih untuk lebih banyak menggunakan tangan kanannya. Selain tangan kanan, tidak sedikit pula anak yang tangan kirinya lebih dominan atau disebut kidal. Di luar kedua je...

Ruam popok merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi pada si Kecil. Gejala ruam popok pada si Kecil tentu bikin gatal, nggak nyaman dan mudah rewel, Ma. Bikin kuman mudah masuk ke area n...

Jakarta -  Bagi kebanyakan orang, infeksi ini tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Tapi bagi bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan, bisa menyebabkan kerusakan otak dan kehil...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................