Ini Alasannya Mengapa Bunda Perlu Menghindari Induksi Saat Melahirkan

Selasa, 19 Juli 2016 | 09:37 WIB Penulis : Erni Wulandari


Induksi menjadi cara yang sering diambil banyak orang untuk mempercepat kelahiran. Namun, tahukah Bunda bahwa beberapa hal yang membuat Bunda perlu menghindari induksi saat melahirkan. Terdapat bahaya yang mungkin saja mengancam kesehatan Bunda di kemudian hari.

Melakukan induksi dipilih karena waktu kelahiran dianggap tidak sesuai dengan perkiraan. Tahukah Mama bahwa perkiraan tersebut tidak bisa dijadikan patokan Bunda siap melahirkan atau tidak.  Bunda tak perlu khawatir jika Bunda belum melahirkan di usia 40 minggu. Waktu melahirkan masih dianggap normal hingga melewati 2 minggu dari usia kehamilan 40 minggu.

Saat mengambil tindakan induksi, ada baiknya Bunda mengetahui apa yang menjadi alasan tindakan induksi. Jika janin masih sehat, tidak ada alasan untuk melakukan induksi. Jika ada masalah dari janin atau kesehatan Bunda, barulah induksi perlu untuk dilakukan. Berbagai penelitian bahkan telah mengungkapkan bahwa induksi membawa risiko dua kali untuk terjadinya operasi caesar.

Ada beberapa risiko yang mungkin Bunda dapatkan saat melakukan induksi yang tidak diperlukan. Masalah selama persalinan seperti demam dan perubahan denyut janin sangat berisiko terjadi sebab janin mengalami kesulitan bernapas. Selain itu, ada pula kemungkinan bayi lahir dengan berat badan rendah. Risiko untuk masuk ke ruangan NICU selepas lahir juga terjadi. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh bayi kuning.

Proses kelahiran juga menjadi lebih menyakitkan dan berkepanjangan. Kontraksi yang terlalu kuat dan terlalu dekat membuat janin kesulitan bernapas sehingga kontraksi jadi tidak efektif. Induksi juga membuat Bunda tidak siap secara fisik maupun emosi sebab tidak ada sinyal alami yang dialami oleh tubuh.

Risiko yang ditimbulkan juga jangka panjang. Bunda sangat mungkin mengalami infertilitas karena kerusakan rahim. Obat-obat yang digunakan saat induksi juga turut merusak dan mengurangi kesuburan rahim. Maka, ada baiknya Bunda menghindari induksi saat melahirkan jika tidak ada kondisi yang mendesak. Bunda perlu bertanya kepada tenaga kesehatan sebelum melakukan berbagai tindakan saat persalinan termasuk induksi.

Artikel Lainnya

Jika terlalu sering ternyata ada efek sampingnya, Mom, Tisu basah bisa digunakan tapi jangan terlalu sering. Jangan lupa juga untuk melihat komposisi tisu basah yang akan dipilih. Tisu basah mer...

Perkembangan anak usia dini sangatlah penting untuk diperhatikan. Masa perkembangan anak adalah masa-masa dimana tubuh dan kemampuan motorik anak mulai berkembang. Untuk itu, yang kamu perlu memantau ...

Pada umumnya, anak-anak dilatih untuk lebih banyak menggunakan tangan kanannya. Selain tangan kanan, tidak sedikit pula anak yang tangan kirinya lebih dominan atau disebut kidal. Di luar kedua je...

Penyakit diabetes tidak hanya sebatas tipe 1 dan 2, tapi ada juga diabetes yang terjadi saat hamil dan bisa memicu komplikasi. Untuk itu kenali gejala apa saja yang muncul jika seorang ibu hamil terke...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................