Bahaya Bunda Main Handphone Saat Menyusui, Radiasinya Rusak DNA Bayi

Selasa, 21 April 2020 | 09:33 WIB Penulis :


Menyusui sambil main handphone banyak dilakukan ibu milenial sekarang ini. Cara ini dianggap sebagai solusi efektif mengatasi kejenuhan saat menyusui si kecil.

Eits, tapi Mom perlu mewaspadai juga nih bahayanya. Menurut psikolog Kateyune Kaeni, seorang ibu sebaiknya meletakkan handphone ketika sedang menyusui. Ini dikarenakan, ibu yang asyik dengan handphonenya bisa mengabaikan pesan-pesan penting dari bayinya.

"Ketika bayi pertama kali lahir, penglihatan mereka pada dasarnya hanya dari payudara ke wajah ibunya. Sejauh yang mereka bisa lihat hanyalah itu. Jadi, bayi melakukan banyak tatapan dan ikatan dengan cara tersebut," kata Dr Kaeni, dikutip dari Youngparents.


Saat Mom menyusui sambil bermain handphone, mungkin kehilangan isyarat bahwa si kecil kenyang atau mereka masih lapar. Bahkan bisa menyebabkan pelekatannya tidak aman atau tidak tahu ketika bayinya kesulitan menelan.

Dalam kondisi tersebut, tentunya akan sulit berkomunikasi dengan bayi jika Mom terlalu sibuk dengan handphone.

Di luar itu, beberapa alasan memang melatarbelakangi mengapa seorang ibu sebaiknya menghindari bermain handphone saat menyusui. Berikut ini beberapa di antaranya, Mom, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry:

1. Menghambat kontak mata

Studi menunjukkan bahwa kontak mata ibu dan anak saat menyusui, selama 6 bulan pertama hidupnya sangat penting untuk memperkuat ikatan di antara keduanya. Melihat handphone saat menyusui dapat menyebabkan Mom kehilangan kontak mata dengan buah hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa kontak mata antara ibu dan bayi membuat emosi dan otak mereka sinkron. Ini pun akan membantu meningkatkan keterampilan belajar dan komunikasi di masa depan bagi buah hati.

2. Menyebabkan bayi sulit mendapatkan perhatian

Ketika Mom sibuk dengan handphone saat menyusui, si kecil dapat merasakan pergeseran perhatian Mom dan mulai mengoceh atau bahkan menarik wajah Mom ke arahnya. Sebuah studi menemukan bahwa bayi cenderung mencari perhatian orang tuanya. Mereka ingin diperhatikan orang dewasa di sekitar mereka.
 

3. Risiko paparan radiasi

Handphone memang memancarkan radiasi dan bayi Mom karena sangat kecil maka dapat menyerap radiasi ini. Radiasi gelombang mikro sebagian besar terus menerus tetapi radiasi pada handphone biasanya tidak konstan. Namun, radiasi tersebut tetap dapat merusak struktur DNA bayi, sel-sel otak, dan menyebabkan kanker serta penyakit lainnya. WHO menyatakan radiasi ponsel sebagai karsinogen kelas 2B yang sama dengan timbal, bahan bakar jet, dan DDT.

Jadi, pastikan Mom menjauhkan handphone dari bayi tidak hanya selama menyusui tetapi hampir setiap waktu Mom menyusui ya, . Tetap semangat mengASIhi!

 

Source: Halobunda.com

Artikel Lainnya

Hampir semua bayi terlahir dengan kondisi kulit sensitif dan sesuatu yang menempel di kulitnya dapat memicu masalah kulit, sehingga membutuhkan perawatan khusus seperti menggunakan sabun man...

Seiring dengan bertambahnya usia anak, ia akan semakin cerdas. Ia juga rentan bersikap sangat manja dan bahkan bikin orang tua merasa kesal. Ada banyak tingkah laku anak yang tak jarang membuat orang ...

Orang tua pasti punya naluri untuk selalu melindungi anaknya, terutama yang masih balita. Saking besarnya naluri itu, sebagian bahkan selalu memakaikan alas kaki ketika si Kecil bermain. Padahal, ada ...

Kondisi Janin pada Ibu Hamil yang Terkena Covid-19   Ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 tidak harus melakukan operasi caesar. Cara melahiran bisa dilakukan secara n...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................