Begini Cara Merawat Kulit Bayi yang Benar

Selasa, 23 Agustus 2016 | 15:42 WIB Penulis : Erni Wulandari


Kulit bayi masih sangat sensitive dan rentan terkena berbagai jenis penyakit, mulai dari biang kringat, gatal jamur, hingga penyakit campak. Oleh sabab itu perawatan secara benar dan dilakukan secara rutin menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang ibu, jika ingin kulit si kecil tetap sehat dan cantik.

Terlebih kulit merupakan bagian terluar bayi yang tentunya memiliki peran sangat vital untuk ketahanan tubuh dan kesehatannya secara menyeluruh. Pasalnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, parasit, dan virus dapat menginfeksi tubuh melalui kulit.

Namun untuk melakukan perawatan kulit bayi secara benar tentu Bunda membutuhkan ketrampilan khusus. Bagi Bunda yang masih tergolong ibu baru dan masih cukup kebingungan dengan masalah ini, tips berikut ini mungkin akan sangat membantu Bunda. Berikut adalah panduan mudah merawat kulit bayi secara tepat :

1. Mandikan bayi secara teratur minimal dua kali sehari. Menggunakan air hangat lebih dianjurkan. Selain itu, gunakan sabun khusus bayi yang memiliki ph rendah, usahakan untuk tidak menggunakan sabun orang dewasa.

2. Ketika mandi bilas tubuh bayi sampai bersih, jangan sampai masih ada sisa sabun yang menempel di kulitnya.

3. Setelah mandi keringkan tubuh bayi dengan menggunakan handuk yang lembut. Caranya tepuk – tepuk secara perlahan tubuh bayi dengan handuk dan usahakan untuk tidak menggosoknya, karena dapat menyebabkan kulit bayi iritasi atau terluka.

4. Usahakan untuk tidak memberi bedak pada daerah lipatan tubuh seperti leher dan ketiak. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan bedak bercampur dengan keringat sehingga akan menggumpal, nah gumpalan ini dapat memicu bakteri yang berbahaya untuk kulit bayi.

5. Pilihlah pakaian bayi yang berbahan katun atau yang dapat menyerap keringat. Selain itu usahakan untuk mengenakan pakaian yang sedikit longgar.

Artikel Lainnya

Saat pandemi virus Corona (Covid-19) melanda dunia, kesehatan menjadi prioritas utama. Orang belajar dan jadi rajin cuci tangan, membersihkan diri, menjaga asupan nutrisi, dan menjaga imunitas tubuh. ...

Dengan alasan khawatir pada lambung anak, orang tua masih memberikan bubur dan makanan lunak pada si kecil. Padahal usianya sudah setahun ke atas. Di usia 0-6 bulan, makanan anak hanyalah air susu ...

Acara menyikat gigi bisa menjadi ajang bermain yang menyenangkan bagi anak. Selain karena bisa meniru tingkah laku orang dewasa, ia dapat mencicipi rasa pasta gigi yang menarik. Saking doyannya, beber...

Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis dan sensitif terhadap perubahan di sekitarnya. Ini dikarenakan sistem perlindungan dan struktur jaringan kulit bayi baru lahir masih belu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................