Balita Kadang-kadang Suka Bertingkah Seperti Bayi, Apa Ya Sebabnya?

Selasa, 23 Agustus 2016 | 10:04 WIB Penulis : Erni Wulandari


Kadang kala, balita ada yang sengaja menunjukkan tingkah seperti bayi, baik dari cara bicaranya atau berperilaku. Nah, ketika anak melakukan hal seperti itu, apa ya sebabnya?

"Berbeda-beda untuk tiap kasus. Harus kita lihat lagi lebih dalam. Bisa saja karena dia baru punya adik atau ibunya lagi hamil sehingga dia takut ada saingan, terus kasih sayang ibunya hilang.

Ketika anak khawatir tidak lagi mendapat kasih sayang dari ibunya, bisa timbul respons regresi di mana ia melakukan hal-hal yang dilakukan di usia sebelumnya. Seperti halnya orang dewasa yang sedang sedih, ia bisa melakukan kebiasaan ketika sedih di kala kecil dulu seperti menggunakan selimut kesayangan.

Atau, bisa saja meniru perilaku bayi karena memang si anak sedang bermain peran. Kebetulan, kala itu pilihan peran yang ia lihat adalah bayi. Hal ini menurut Saskhya bisa saja terjadi dan orang tua tak perlu khawatir selama si anak hanya sesekali berpura-pura jadi bayi dan tidak keterusan memainkan perannya sebagai bayi.

"Tapi kalau dia terus-terusan perilakunya kayak bayi, perlu dilihat lebih jauh sebabnya. Contohnya kebetulan anak dititipkan di day care, apa di kelasnya itu dia bareng juga sama anak lain yang masih bayi? Atau memang ternyata dia diperlakukan seperti bayi, contoh simpelnya selalu diajak ngomong dengan baby talk.

Lantas, bagaimana jika perilaku seperti bayi yang dilakukan anak cenderung pada aktivitas menangis? bisa jadi menangis seperti bayi dilakukan anak untuk mencari perhatian. Jika ini terjadi, perlu dicek bagaiamana perkembangan bahasa anak apakah sudah lancar atau belum.

"Atau orang tua terbiasa ketika anak belum ngomong, tapi udah dipenuhi keinginannya. Sehingga, tiap ada keinginan, anak jadi tantrum, nangis-nangis demi keinginannya terpenuhi.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian banyak wanita. Salah satu anggota tubuh yang harus dijaga agar badan tetap terlihat bugar adalah payudara. Maka, menjaga tubuh yang ideal berarti menjaga agar p...

Keracunan kehamilan adalah istilah yang tadinya digunakan untuk menyebut preeklampsia pada ibu hamil, atau juga bisa disebut eklampsia. Kondisi ini dialami oleh sebagian besar ibu hamil, bersalin, ...

Kulit bayi seharusnya lembut dan mulus. Eksim atau eczema dapat muncul sebagai bercak merah dan berkerak pada kulit bayi Mom selama beberapa bulan pertama. Hal ini cukup normal terjadi dan bisa diobat...

Sudah menjadi hal yang lazim, bayi menangis di malam hari. Semenjak si kecil lahir, jam tidur Anda menjadi kurang. Mungkin, Anda dan pasangan juga sudah membicarakan tentang bagaimana mengatur jam tid...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................