Benarkah Bayi bisa alergi terhadap ASI?

Rabu, 20 Mei 2020 | 14:23 WIB Penulis :


Wajah bayi mom pernah merah merah atau ruam akibat ASI? Mungkin banyak mom yang menyangka bahwa kondisi ini terjadi karena bayi alergi ASI. Namun sebenarnya, hal ini disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan atau minuman yang dikonsumsi sang ibu. Ketahui juga bagaimana pencegahan alergi ASI.

Kasus bayi alergi ASI termasuk sedikit, sekitar 2-3 bayi dari 100 bayi yang menerima ASI ekslusif mengalami hal ini. Gejala alergi ASI meliputi ruam di sekitar mulut atau anus, sakit perut, mual, muntah , diare, hingga sesak napas yang terjadi segera setelah menyusu dan berlangsung selama beberapa jam.

Biasanya, hal ini bisa diatasi dengan mengubah pola makan si ibu, menghentikan konsumsi makanan yang memicu rekasi alergi pada bayi.

Untuk itulah ibu perlu memahami apas aja makanan yang bisa menjadi pemicu alergi pada bayi, bila si kecil alergi pada protein susu sapi, maka ibu harus menghindari makanan yang mengandung protein tersebut.

Bunda bisa kembali mengonsumsi makanan tersebut setelah bayi berusia 6 bulan keatas.

 

Intoleransi laktosa pada bayi yang menyebabkan alergi ASI

Masalah lain yang sering disalahartikan sebagai reaksi alergi terhadap ASI adalah intoleransi laktosa pada bayi. Gula dan laktosa dari ptoein susu yang dikonsumsi ibu bisa masuk ke tubuh bayi melalui ASI.

Intoleransi laktosa terjadi karena tubuh bayi tidak bisa memproduksi cukup lactase untuk mencernanya dengan baik.

Kabar baiknya, kondisi ini hanya sementara dan bisa menghilang dengan sendirinya. Ibu juga tidak perlu mengurangi asupan makanan olahan dari susu sapi. Namun, bila reaksi laergi yang dialami bayi sangat parah, mungkin sebaiknya hindari dulu produk olahan susu seperti keju dan yoghurt.

 

Galaktosemia

Galaktosmia adalah kondisi dimana liver bayi tidak bisa memecah galactose, yakni gula pada susu yang merupakan satu komponen dengan laktosa. Galaktosemia menyebabkan bayi mengalami muntah-muntah, diare, bayi kuning dan gagal tumbuh.

Galaktosemia bukanlah alergi melakinkan kelainan di tubuh bayi yang membuatnya sulit mencerna ASI.

 

Tanda bayi alergi ASI yang harus diketahui Mom menyusui.

1. Gumoh

Gumoh biasanya terjadi ketika bayi kekenyangan setelah menyusui. Namun, bila gumohnya berlebihan, dikhawatirkan air susu tercampur dengan asam lambung dan masuk ke  saluran pernapasan hingga membuat bayi sulit bernapas.

Bila ini terjadi. Segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dini.

2. Ruam

Ruam atau kulit memerah adalah gejala yang biasa terjadi ketika bayi alergi ASI.

Bahkan ruamnya bisa disertai dengan kondisi kulit mengelupas atau menjadi lengket.

Reaksi ini biasanya disebabkan seafood yang dikonsumsi ibu dan reaksi tubu bayi terhadap protein makanan laut kurang bagus.

 

Makanan yang harus dihindari Mom saat menyusui.

1. Minuman berkafein

Sebanyak 1% kafein yang masuk ke tubuh ibu bisa masuk kedalam ASI. Dan ini bisa mempengaruhi jam tidur bayi. Karenanya mom menyusui disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi, teha, soda atau minuman berkafein lainnya.

2. Susu sapi

Sekitar 2-6% bayi mengalami alergi susu sapi yang biasanya diakibatkan oleh intoleransi laktosa. Bila mom menyusui rutin mengonsumsi susu sapi, bayi rentan mengalami jenis alergi ini.

Cobalah berhenti mengonsumsi susu sapi bila bayi mengalami reaksi alergi. Konsultasukan dengan dokter mom sebelum kembali mengonsumsinya.

3. Minuman Beralkohol

Alkohol bisa masuk ke dalam ASI dan mempengaruhi kesehatan bayi. Alkohol butuh waktu bebrapa jam untuk dicerna tubuh ibu dan menghilang dari aliran darah ASI.

 

Source : id.theasianparent.com

Artikel Lainnya

Pola asuh orangtua bisa mencerminkan bagaimana masa depan anak. Itulah kenapa, banyak orangtua yang akan mencoba memberikan yang terbaik, sekalipun itu tidak mudah. Salah satu pengasuhan yang populer ...

"Banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan buah nanas. Padahal banyak nutrisi dan manfaat yang ditawarkan buah ini untuk bumil. Hal yang perlu ditegaskan, bumil perlu bijak k...

Menangis merupakan salah satu cara bayi untuk berkomunikasi. Namun, jika tangisan bayi tidak kunjung berhenti dalam waktu yang cukup lama, bisa jadi ia sedang berada di fase purple crying. Apakah...

Menyusui seharusnya menjadi momen intim sekaligus menyenangkan bagi Mums dan juga si Kecil. Namun, nyatanya tidak semua ibu bisa merasakan hal yang serupa. Sebagian ibu justru merasa bahwa menyusui me...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................