Cara Memilih Sabun untuk Kulit Bayi yang Sensitif

Jumat, 29 Mei 2020 | 15:46 WIB Penulis :


Kulit bayi lebih sensitif dibanding orang dewasa sehingga banyak produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk si kecil. Kalau tidak hati-hati, kulit bayi yang masih sensitif bisa iritasi bahkan sampai terjadi peradangan. Selain itu, ada sebagian bayi yang kulitnya lebih sensitif dibandingkan dengan yang lainnya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih sabun bayi khusus untuk kulit sensitif. Bagaimana cara memilihnya?

Perlukah memakai sabun khusus untuk kulit bayi yang sensitif?

Mengutip dari Essential Baby, perbedaan antara kulit bayi dan orang dewasa sangat terlihat. Michael Freeman, dokter kulit dari The Skin Centre menjelaskan bahwa kulit bayi masih terus mengalami perkembangan di tahun pertama kehidupan dan sangat rentan terhadap infeksi kulit. 

Lapisan kulit terluar atau epidermis, memiliki peran penting sebagai pertahanan terdepan untuk tubuh. Epidermis ini bertugas untuk menjaga dan melindungi organ dalam tubuh agar tidak kekurangan air. 

Namun tidak hanya itu, epidermis juga mengatur keluar masuknya kadar air di dalam kulit. Lapisan kulit paling luar ini juga bertindak sebagai pelindung organ di dalam tubuh dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Mengingat kulit bayi masih dalam proses perkembangan, lapisan epidermis si kecil kulit masih sangat tipis dan belum terbentuk pelembap dari minyak alami pada kulit seperti orang dewasa.

Untuk itu, kulit bayi masih sangat sensitif dan membutuhkan sabun khusus. Meski kulitnya masih sangat sensitif, sebaiknya tidak membersihkan secara berlebihan. Merawat kulit bayi juga tidak bisa sembarangan dan harus dengan cara yang tepat.

Masih menurut Freeman, kesalahan umum yang dilakukan orangtua adalah memakai sabun dan sampo bayi yang memiliki kandungan terlalu keras untuk kulit si kecil.

Sebagai contoh, mengandung sabun yang mengandung alkohol atau pewangi tambahan. Padahal hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit si kecil. 

Cara memilih sabun untuk bayi yang memiliki kulit sensitif

Dikarenakan kulit bayi masih sangat sensitif, Anda harus hati-hati dalam memilih sabun untuk si kecil. Agar lebih tepat dan sesuai kondisi kulit si kecil, berikut cara memilih sabun kulit bayi, mengutip dari WebMD:

Hindari sabun antibakteri

Mungkin Anda khawatir dengan bakteri dan kuman yang bertebaran di luar sehingga ingin memilih sabun antibakteri.

Namun, sabun antibakteri tidak diperlukan untuk kesehatan kulit bayi. Pasalnya, sabun bayi biasa fungsinya sama dengan sabun antibakteri. 

Selain itu, sabun antibakteri memiliki bahan kimia tambahan, seperti triclosan. Triclosan biasanya banyak digunakan di sabun orang dewasa tetapi tidak di sabun bayi.

Hindari sabun yang mengandung pewangi tambahan

Sabun bayi memiliki aroma yang menyegarkan dan menenangkan. Akan tetapi, sabun dengan wangi terlalu menyengat perlu diwaspadai karena bisa mengandung pewangi tambahan. 

Pewangi tambahan bisa menjadi penyebab alergi atau alergen dan membuat kulit bayi iritasi, kering, sampai ruam terutama bila kondisi kulit si kecil bermasalah.

Sebagai contoh, bila si kecil memiliki kulit yang terlalu kering, sensitif, atau eksim sebaiknya gunakan sabun khusus sesuai rekomendasi dokter untuk bayi Anda.

Untuk memilih sabun tanpa pewangi tambahan tapi aromanya masih menyenangkan, bisa memilih sabun yang mengandung minyak atsiri atau ekstrak tumbuhan.

Kedua kandungan itu sering digunakan untuk menutupi aroma kurang menyenangkan dari kandungan aslinya.

Hindari sabun mengandung SLS

SLS adalah Sodium Lauryl Sulfate, yaitu kandungan detergen yang sering ditambahkan ke dalam berbagai produk pembersih, termasuk sabun bayi.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) memberi efek sabun menjadi lebih berbusa. Bila sabun yang Anda pilih untuk si kecil masih berbusa, bisa jadi itu mengandung SLS.

SLS bisa menimbulkan iritasi pada mata dan kulit. Tidak hanya itu, SLS bisa mengganggu kadar minyak alami di kulit si kecil yang berperan dalam menjaga kelembapan.

Sodium Lauryl Sulfate juga salah satu karsinogenik atau faktor penyebab kanker bila dipakai terus menerus. 

Pilih sabun bayi bebas alkohol

Cara memilih sabun bayi untuk kulit sensitif adalah bebas alkohol. Kandungan ini sering digunakan di dalam produk sabun orang dewasa sebagai pelarut.

Namun, ini tidak diperlukan dalam produk perawatan kulit bayi seperti sabun karena bisa membuat iritasi. 

 

Source: hellosehat.com

Artikel Lainnya

 Sebelum melahirkan, Bunda pasti mencari berbagai macam hal yang berhubungan dengan fakta dan mitos bayi baru lahir. Salah satu hal yang kerap dipertanyakan adalah kapan bayi boleh keluar rumah. ...

Masalah kulit ini sering terjadi pada bayi. Hal-hal di bawah ini perlu Bunda ketahui. Jerawat Kapan muncul? Dalam 30 hari pertama kehidupan bayi. Penyebab? Adanya pengaruh hormon dari Bunda, seh...

Pola asuh orangtua bisa mencerminkan bagaimana masa depan anak. Itulah kenapa, banyak orangtua yang akan mencoba memberikan yang terbaik, sekalipun itu tidak mudah. Salah satu pengasuhan yang populer ...

Rasa cemas akibat berpisah dengan orang tua merupakan hal yang sangat sering terjadi pada bayi. Tak hanya panik, beberapa bahkan ada yang sampai menangis histeris ketika ayah atau ibunya tidak terliha...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................