Menghangatkan ASI Perah Beku Tidak Boleh Asal! Perhatikan Langkah Berikut

Selasa, 22 September 2020 | 11:01 WIB Penulis :


Jika produksi ASI sangat berlimpah atau Anda menyusui sembari bekerja, metode pompa ASI dan kemudian menyimpannya mungkin akan sangat berguna bagi Anda. ASI perah yang telah disimpan tersebut nantinya bisa awet dalam jangka waktu tertentu sampai diberikan pada bayi. Sebelum akhirnya diminum si kecil, penting untuk memahami cara tepat menghangatkan atau memanaskan ASI perah.

Nah, berikut panduan cara menghangatkan ASI yang sebelumnya telah dipompa menggunakan alat elektrik maupun manual.

Cara menghangatkan ASI di dalam air hangat

Setelah mengerti langkah demi langkah dalam menyimpan ASI di berbagai tempat penyimpanan, Anda juga harus tahu cara memanaskan ASI. Ada berbagai tempat yang biasa digunakan untuk mengawetkan ASI perah.

Anda bisa menyimpan ASI di kulkas, freezercooler box, hingga suhu ruang biasa. Masing-masing tempat penyimpanan tersebut memiliki cara menghangatkan ASI yang berbeda-beda sebelum akhirnya diberikan dan diminum oleh bayi.

Secara umum, sebenarnya cara menghangatkan ASI perah beku (thawing) bisa menggunakan air dari panci yang telah dimasak maupun menggunakan alat penghangat.

Jika Anda ingin memanaskan atau menghangatkan ASI di dalam panci berisi air hangat, begini cara yang perlu diperhatikan:

1. Pilih ASI yang lebih awal disimpan

Jika Anda sudah banyak menyimpan ASI dalam pendingin, sebaiknya pilih ASI yang sudah lama berada di dalam pendingin untuk dipakai terlebih dahulu.

Cara menghangatkan atau memanaskan ASI yang pertama ini sesuai dengan prinsip first in first out (FIFO). Artinya, keluarkan atau gunakan ASI yang telah disimpan lebih dulu secara berurutan dan jangan mengeluarkan ASI yang baru saja disimpan.

Oleh karena itu, sebaiknya beri label berisi keterangan waktu dan tanggal penyimpanan sebelum menyimpan ASI. Agar lebih aman, gunakan spidol yang tidak mudah hilang untuk menulis keterangan pada label di botol atau kantung penyimpanan ASI.

Dengan memberi tanggal pada ASI, Anda jadi tahu sudah berapa lama ASI disimpan dan yang mana yang harus Anda pakai terlebih dahulu. Cara ini bisa membantu Anda untuk menghangatkan ASI beku.

2. Perhatikan cara menghangatkan atau mencairkan ASI perah beku

Ada cara tersendiri untuk menghangatkan atau mencairkan ASI beku. Cara ini diterapkan guna mempertahankan kandungan zat gizi dan antibodi yang terkandung dalam ASI beku.

Cara yang benar dalam mencairkan ASI beku yaitu:

ASI yang disimpan di dalam freezer

Hindari langsung menghangatkan ASI perah beku dari freezer dengan cara apa pun. ASI beku yang disimpan di dalam freezer harus dipindahkan ke bagian bawah kulkas terlebih dahulu.

Waktu yang diperlukan untuk mencairkan ASI perah beku di dalam kulkas yakni sekitar 24 jam alias 1 hari. Cara lainnya, Anda juga bisa mencairkan ASI beku dengan mengalirkan air dingin pada wadah ASI beku.

Selanjutnya, Anda perlu menghangatkan ASI beku dengan merendamnya di dalam air hangat sekitar 10-15 menit atau lebih. Hindari mencairkan atau menghangatkan ASI beku dengan cara mendiamkannya pada suhu ruangan.

ASI yang disimpan di dalam kulkas

Berbeda dengan ASI perah yang disimpan di dalam freezer, ASI yang disimpan di dalam kulkas bisa langsung dihangatkan dengan merendamnya di air hangat.

Cara memanaskan ASI perah beku dari freezer yang kemudian dipindah ke dalam kulkas dan ASI perah yang disimpan di dalam kulkas nantinya akan sama.

3. Gunakan air hangat untuk mencairkan ASI beku

Jika Anda membutuhkan ASI dalam waktu cepat, cara mencairkan ASI beku bisa dengan bantuan air hangat. Tempatkan botol atau kantung ASI beku dalam wadah lebih besar yang berisi air hangat sebagai cara menghangatkan atau mencairkannya.

Ingat, suhu air harus hangat yakni kurang dari 37 derajat Celcius dan bukan air panas. Jangan menghangatkan ASI dengan mendiamkannya di dalam air yang sangat panas atau pada microwave.

Selain itu, jangan pernah sesekali menghangatkan ASI beku dengan cara merebus langsung di atas kompor. Ini karena suhu yang sangat panas dapat menghilangkan nutrisi dan merusak antibodi yang terkandung di dalam ASI sehingga menjadi percuma saat diberikan kepada bayi.

Supaya lebih aman, begini cara tepat untuk menghangatkan ASI perah beku:

  1. Ambil ASI dari lemari es atau kulkas.
  2. Panaskan atau masak air sampai cukup hangat menggunakan kompor kemudian tuang air tersebut ke dalam mangkuk, baskom, maupun wadah lainnya. Pastikan suhu air yang dimasak tidak sampai benar-benar panas.
  3. Pindahkan ASI yang sudah cair ke botol ASI jika Anda sebelumnya menyimpan dalam kantung ASI.
  4. Letakan botol ASI di dalam wadah yang sudah diisi air hangat. Selama cara menghangatkan ini berlangsung, pastikan ASI berada di dalam botol yang tertutup rapat.
  5. Biarkan ASI perah di dalam air hangat selama kurang lebih 1-2 menit atau setidaknya sampai ASI sudah tidak terlalu dingin lagi.
  6. Pastikan Anda sudah mencuci tangan dan botol ASI siap untuk diangkat dan dimasangkan puting dot pada botol.

3. Aduk ASI yang sudah mencair dengan perlahan

Setelah ASI cair, mungkin Anda akan melihat dua lapisan susu, yaitu lapisan lemak (ASI kental) yang ada di atas dan lapisan cairan yang ada di bawahnya. Ini adalah hal yang normal terjadi.

Anda bisa mengaduk ASI sebelum memberikannya pada bayi. Tujuannya agar kedua macam lapisan ASI tersebut tercampur secara merata saat menghangatkan ASI.

Saat menghangatkannya, aduk secara perlahan dan hindari mengocoknya terlalu kuat.

4. Periksa kembali suhu ASI

Cara memanaskan atau menghangatkan ASI selanjutnya yakni dengan memeriksa suhu ASI terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada bayi.

Anda bisa melakukannya dengan mengecek suhu saat menghangatkan ASI menggenggam botol maupun menuangkan sedikit ASI ke pergelangan tangan.

Jika suhu ASI sudah cukup hangat dan tidak panas, Anda bisa segera memberikannya pada si kecil. Akan tetapi, hindari memasukkan jari ke dalam botol untuk mencegah masuknya kuman ke dalam ASI setelah Anda menghangatkan atau mencairkannya.

Cara menghangatkan ASI dengan alat penghangat ASI elektrik

Selain menghangatkan ASI dengan cara langsung direndam di dalam air yang telah dimasak, Anda juga bisa menggunakan alat penghangat ASI elektrik.

Ketimbang merendam ASI perah di dalam air hangat, menghangatkan ASI dengan menggunakan alat penghangat elektrik tentu jauh lebih mudah dan praktis.

Jika Anda ingin cara yang lebih cepat dan tidak mau repot, penggunaan alat penghangat elektrik bisa menjadi pertimbangan tersendiri untuk menghangatkan ASI.

Dengan alat ini, proses menghangatkan atau memanaskan ASI perah hanya memakan waktu sekitar 3-5 menit tergantung kemampuan atau cara kerja alat.

Menghangatkan ASI beku menggunakan alat elektrik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manual atau diletakkan di dalam wadah berisi air hangat.

Secara garis besarnya, berikut cara memanaskan ASI dengan alat elektrik:

  1. Pilih ASI dari yang paling lama disimpan atau sesuai dengan tanggal penyimpanannya.
  2. Jika ASI berasal dari freezer, simpan dulu di kulkas selama 24 jam sampai agak mencari. Namun, jika ASI sebelumnya berada di kulkas, Anda bisa langsung menghangatkannya.
  3. Anda bisa memindahkan ASI perah ke dalam botol jika sebelumnya berada di dalam kantung ASI. Bila ASI sudah ada di dalam botol Anda bisa langsung menghangatkannya.
  4. Gunakan alat penghangat ASI elektrik dengan cara meletakkan botol berisi ASI perah dingin di bagian tengah alat.
  5. Tentukan suhu akhir ASI yang Anda inginkan dan gunakan alat penghangat elektrik sesuai instruksinya.

Masing-masing alat biasanya memiliki cara menghangatkan ASI yang berbeda-beda. Pastikan Anda sudah membaca dan memahami prosedur atau cara penggunaan alat untuk menghangatkan atau memanaskan ASI ini.

Bolehkah menggunakan microwave untuk menghangatkan ASI?

Sekarang, Anda tentu telah mengerti bahwa menghangatkan ASI bisa dengan cara manual maupun elektrik. Manual di sini artinya menggunakan kompor atau microwave untuk menghangatkan air kemudian air tersebut yang digunakan untuk merendam ASI perah dingin.

Sama halnya dengan aturan yang tidak memperbolehkan Anda untuk merebus ASI beku langsung di atas kompor, menggunakan microwave untuk menghangatkan ASI juga dilarang.

Hal ini boleh dilakukan jika Anda menggunakan microwave hanya untuk menghangatkan air yang nantinya digunakan untuk merendam ASI beku.

Hal ini disebabkan karena ASI beku yang dihangatkan dalam suhu terlalu panas dapat membuatnya rusak sehingga zat gizi dan antibodi yang terkandung dalam ASI bisa hilang.

Bahkan, suhu maksimal untuk memanaskan ASI adalah hanya sebesar 38-40 derajat Celcius. Jika ASI dipanaskan dengan suhu di atas 40 derajat Celcius, zat gizi dan antibodi sebagai kandungan ASI bisa menurun.

Memanaskan ASI dengan air sangat panas atau di dalam microwave juga dapat menciptakan hot spot alias bagian panas dalam ASI. Akibatnya, mulut bayi bisa terbakar karena terlalu panas.

Hindari membekukan kembali ASI yang sudah dicairkan

ASI beku yang sudah dicairkan dapat bertahan sampai 24 jam di dalam kulkas dan hanya bertahan sampai 4 jam dalam suhu ruang.

Jika ASI beku sudah cair tapi tidak jadi terpakai, sebaiknya jangan membekukan ASI kembali. ASI yang sudah diberikan pada bayi dan tidak habis hanya dapat bertahan sekitar 1-2 jam.

Jika bayi tidak segera menghabiskan ASI perah yang telah dihangatkan dan sudah melebihi batas waktu yang disarankan. Ada baiknya untuk dibuang dan jangan dihangatkan maupun dibekukan kembali karena ditakutkan ASI sudah basi.

Source: hellosehat.com

Artikel Lainnya

Senangnya melihat si kecil lincah dan energik setiap hari. Tapi, kenapa ia selalu kurus? Apakah ia kekurangan gizi? Tenang, Bunda, kurusnya si kecil tak melulu masalah gizi kok. Misalnya, saat anak be...

Persalinan menjadi salah satu momen bagi Bunda mendapatkan hadiah dari keluarga dan kolega. Namun, boleh enggak sih bayi baru lahir dipakaikan perhiasan emas? Banyak Bunda atau mungkin para nenek y...

5 Rekomendasi Kado Spesial Untuk Ibu di Hari Ibu  Hari ibu yang jatuh pada bulan Desember menjadi salah satu momen spesial bagi seorang anak. Banyak yang ingin menunjukkan kasih sayangnya deng...

Harus diakui Anda pasti susah lepas dari gadget, terutama smartphone. Hampir setiap saat—terutama yang berhubungan dengan pekerjaan—Anda harus melakukan berbagai kegiatan melalui benda ini...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................