6 Langkah Anak Bebas Rewel Saat Orangtua Pulang Kantor

Kamis, 08 September 2016 | 17:27 WIB Penulis : Erni Wulandari


Setelah seharian di kantor, tak jarang setibanya di rumah anak malah rewel. Bagaimana mengatasinya ? Simak 6 langkah berikut :

1. Beri makan lebih cepat.
Sebelum tiba di rumah, orangtua bisa menugaskan ART untuk memberi anak makan malam lebih cepat dari biasanya. Misalnya, majukan makan malam anak jadi pukul 17.00 sore. Jika anak ingin ikut makan malam bersama orangtua, mereka bisa makan snack sehat.
2. Beri anak perhatian penuh.
Memberi anak perhatian penuh setelah seharian berpisah, dapat menjadi pelipur hati anak yang sedang sensitif. Sederhana saja, tunda melakukan apa pun dan layani permintaan anak atau dengarkan celotehnya. Menurut psikolog dari Australia, Dr Kathleen Kendall-Tackett, hanya butuh 10 menit perhatian penuh untuk meredakan waktu sensitif anak.
3. Bernyanyi
Kegiatan ini dapat mengalihkan perhatian anak dari amarah. Bunda dapat bernyanyi bersama sehingga anak mau berhenti menangis. Bernyanyi bersama dapat dilakukan sambil menyiapkan makan malam.
4. Beri snack.
Terpujilah para pencipta snack! Kendati beberapa orang beranggapan, memberi snack sebelum makan malam dapat merusak selera makan, ini justru lebih baik daripada anak tak mau makan karena masih mengamuk. Pilih lah snack sehat seperti, sate buah-keju, buah celup coklat, pisang panggang, dan sejenisnya.
5. Ajak anak menyiapkan makan malam
Pada dasarnya suka diajak membantu mengerjakan tugas-tugas rumah. Kendati ini membuat persiapan jauh lebih lama, namun anak jadi lebih bahagia dan memiliki persepsi positif tentang rutinitas pada malam hari.
6. Ajak ia menggambar.
Mengalihkan keletihan anak bisa dengan menggambar atau mewarnai sembari menunggu makan malam selesai dimasak. Siapkan buku mewarnai, pensil warna atau crayon. Aktivitas ini ringan dan menyenangkan, ternyata juga memiliki efek terapeutik yaitu menenangkan.

 

Sumber : Ayahbunda

Artikel Lainnya

Kulit bayi khususnya yang baru lahir cenderung lebih sensitif ketimbang kulit anak dan kulit orang dewasa. Melansir Medical News Today, ini sebabnya bayi baru lahir lebih rentan mengalami masalah...

Bermain ‘cilukba’ mungkin terdengar sebagai permainan sederhana yang biasanya dimainkan dengan bayi atau balita. Sejak kita kecil, permainan sederhana yang satu ini sudah turun t...

Orangtua pasti punya banyak cara untuk menenangkan bayi yang menangis khususnya yang mendadak rewel di tengah malam. Salah satu cara yang sering digunakan adalah metode menangis artinya membiarkan bay...

American Academy of Pediatrics menyarankan para mama untuk menunda anak menonton televisi hingga usianya dua tahun.  Karena hingga usia ini, bayi membutuhkan interaksi antarmanusia, baik den...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................