8 Manfaat Berenang bagi Perkembangan Bayi, Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif!

Rabu, 02 Desember 2020 | 09:22 WIB Penulis :


Ketika bayi Moms belum cukup umur untuk jalan, mungkin sebagian besar orang akan mengernyitkan dahi ketika Moms bilang mau membawa Si Kecil berenang. Namun, ternyata ada banyak sekali manfaat lho mengajak bayi berenang.

Di dalam air, tubuh bayi bergerak dan melibatkan sebagian besar tubuh bayi untuk ikut bergerak. Sehingga, tubuh Si Kecil bisa menciptakan miliaran neuron baru saat ia menendang, meluncur, atau bermain ciprat-cipratan air.

Manfaat Berenang untuk Bayi

Tetapi perlu diingat juga, jangan membawa bayi di bawah 6 bulan untuk berenang di kolam umum ya, karena sistem kekebalan tubuh bayi masih rentan dan kandungan klorin tidak bagus untuk Si Kecil. Lantas, sebenarnya apa saja sih manfaat berenang bagi perkembangan bayi?

1. Meningkatkan Keseimbangan

 

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang pertama adalah meningkatkan keseimbangan. Berenang bisa membantu Si Kecil untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangannya.

Saat berenang, sebagian tubuh bayi berada di dalam air sehingga fokus utama mereka adalah menjaga keseimbangan. Dipercaya, bayi yang sering diajak berenang sejak kecil punya keseimbangan lebih baik saat bisa berjalan nanti.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang selanjutnya adalah meningkatkan fungsi kognitif. Ketika berenang, tubuh bayi melakukan gerakan lintas-pola bilateral, yakni menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan sehingga otak bayi bisa berkembang lebih baik.

Gerakan lintas pola ini membangun neuron di seluruh otak, terutama di corpus callosum. Bagian otak ini memfasilitasi komunikasi, feedback, dan modulasi dari satu sisi ke sisi lain. Dengan kata lain, berenang bisa meningkatkan:

  • Kemampuan membaca
  • Perkembangan bahasa
  • Pembelajaran Akademik
  • Kesadaran Spasial

3. Meningkatkan Perkembangan Fisik dan Mental

 

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang selanjutnya adalah meningkatkan perkembangan fisik dan mental. Griffith University di Australia melakukan studi selama 4 tahun terhadap lebih dari 7.000 anak-anak, menyatakan bahwa anak-anak yang berenang sejak kecil memiliki kemajuan dalam perkembangan fisik dan mental bila dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak berenang.

4. Menguatkan Fisik

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang selanjutnya adalah menguatkan fisik. Tidak hanya membantu perkembangan otot dan persendian Si Kecil, berenang juga bisa meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru, serta mengembangkan otak Si Kecil, Moms.

5. Mengurangi Risiko Tenggelam

 

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang selanjutnya adalah mengurangi risiko tenggelam. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenggelam adalah penyebab utama kematian di antara anak-anak dan balita. Belajar berenang bisa mengurangi risiko tenggelam pada anak usia 1-4 tahun.

Namun, perlu diingat juga untuk anak yang masih berusia di bawah 1 tahun tetap harus mendapat pengawasan orang tua saat di kolam renang, meskipun sudah mengambil pelajaran berenang.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang selanjutnya adalah meningkatkan kepercayaan diri. Sebagian besar kelas berenang bayi meliput elemen seperti permainan air, lagu, dan kontak fisik dengan orang tua atau pengasuh dan instruktur.

Si Kecil bisa berinteraksi satu sama lain dan mulai belajar perannya dalam sebuah kelompok. Elemen-elemen ini,

ditambah dengan kesenangan mempelajari keterampilan baru, bisa meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil.

Sebuah studi tahun 2010 dari Child: Care, Health and Development menyebutkan bahwa anak-anak usia 4 tahun yang sudah belajar berenang pada suatu waktu sejak usia 2 bulan sampai 4 tahun bisa lebih baik beradaptasi dengan situasi baru, lebih percaya diri, dan lebih mandiri dibanding yang tidak berenang.

7. Memperbaiki Pola Tidur

 

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang selanjutnya adalah memperbaiki pola tidur. Bermain di kolam renang memakan banyak energi pada bayi. Semua aktivitas ekstra itu bisa membuat Si Kecil jadi lebih mengantuk setelah berenang.

Jadwalkan waktu berenang Si Kecil sesuai dengan waktu tidurnya, ya Moms.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat berenang untuk perkembangan bayi yang selanjutnya adalah meningkatkan nafsu makan. Sebagai orang dewasa saja, setelah berenang kita pun pasti merasa lapar. Begitu juga anak bayi.

Semua aktivitas dalam kolam renang butuh banyak energi dan kalori, sehingga nafsu makan Si Kecil bisa meningkat apabila waktu berenangnya rutin dan teratur.

Moms, itulah 8 manfaat berenang bagi perkembangan bayi. Perlu diingat, setiap anak usia berapapun saat berada di kolam renang perlu tetap diawasi oleh orang tua atau orang dewasa, meski sudah belajar berenang. Hal ini tentu saja untuk mengurangi risiko berbahaya yang bisa terjadi di kolam renang, Moms.

Source: parenting.orami.co.id

Artikel Lainnya

Kemunculan gigi pertama (gigi susu) merupakan tahap penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Saat gigi pertamanya muncul, bayi akan merasa tidak nyaman, rewel, dan sering menangis tanpa alasan yang j...

Masalah kulit ini sering terjadi pada bayi. Hal-hal di bawah ini perlu Bunda ketahui. Jerawat Kapan muncul? Dalam 30 hari pertama kehidupan bayi. Penyebab? Adanya pengaruh hormon dari Bunda, seh...

Mengawali tahun 2020, dunia dikejutkan dengan ditemukannya penyakit baru yang berasal dari Wuhan, China, dan mulai menyebar ke negara sekitar. Penyebaran virus corona berkembang pesat dan membuat Orga...

Menjadi seorang vegetarian memang sangat baik dan menyehatkan. Apalagi, jika kamu ingin memiliki tubuh yang langsing atau bentuk tubuh ideal. Keputusan menjadi seorang vegetarian adalah keputusan yang...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................