Tanda-Tanda Kemunculan Gigi Pertama Bayi dan Cara Menanganinya

Rabu, 02 Desember 2020 | 09:35 WIB Penulis :


Kemunculan gigi pertama (gigi susu) merupakan tahap penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Saat gigi pertamanya muncul, bayi akan merasa tidak nyaman, rewel, dan sering menangis tanpa alasan yang jelas.

Waktu kemunculan gigi pertama bayi bisa berbeda-beda. Namun, gigi susu biasanya muncul pertama kali saat bayi berusia 6-8 bulan. Pertumbuhan gigi susu umumnya berlangsung hingga usia 3 tahun. Pada usia tersebut, biasanya gigi susu sudah lengkap berjumlah 20.

Tanda-Tanda Kemunculan Gigi Susu pada Anak

Proses pertumbuhan gigi pertama bayi dikenal dengan istilah teething syndrome. Saat gigi susu mulai tumbuh, bayi akan menunjukkan beberapa tanda yang biasanya berlangsung sekitar 8 hari. Tanda-tanda munculnya gigi pertama bayi meliputi:

1. Dorongan untuk menggigit

Pada fase inibayi selalu ingin menggigit benda-benda di sekitarnya. Hal ini terjadi karena bayi merasa sakit di gusinya. Dia memerlukan sesuatu untuk digigit guna mengurangi rasa nyeri tersebut.

2. Susah makan

Tumbuhnya gigi susu akan menyebabkan gusi sobek sehingga terasa sakit, dan mengonsumsi makanan akan membuat gigi dan gusinya semakin terasa sakit. Inilah alasan bayi jadi susah makan ketika tumbuh gigi.

3. Jumlah air liur meningkat

Iritasi pada gusi saat gigi pertama tumbuh membuat produksi air liur meningkat, sehingga bayi jadi ngecesNah, saat Si Kecil sering ngeces karena gigi pertamanya mau tumbuh, Bunda harus rajin membersihkan air liur yang menetes dari mulutnya, agar tidak menyebabkan iritasi atau ruam kulit di sekitar mulut.

4. Menangis dan tidur terganggu

Rasa sakit akibat pertumbuhan gigi bisa membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga ia jadi rewel dan menangis. Rasa sakit tersebut juga dapat menyebabkan tidurnya terganggu.

5. Demam, diare, pilek, dan batuk

Banyak orang tua menganggap bahwa teething bisa menyebabkan bayi mengalami demam, diare, pilek, atau batuk. Menurut penelitian, demam, pilek, dan pilek timbul bukan karena teething, tetapi karena adanya infeksi.

Selain demam, bayi juga dapat mengalami batuk karena pengingkatan produksi air liur di mulutnya, dan diare karena sering menggigit benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Menangani Gejala Kemunculan Gigi Pertama Bayi

Bunda tidak perlu khawatir jika Si Kecil rewel, demam, atau sering ngeces, karena itu merupakan hal yang wajar. Untuk meredakan gejala tumbuh gigi yang dirasakan Si Kecil saat gigi pertamanya muncul, Bunda dapat melakukan beberapa hal berikut:

Berkonsultasi dengan dokter

Dokter akan memberikan obat-obatan, misalnya teething gel yang mengandung benzocainelidocaine, atau choline salicylate untuk mengurangi rasa nyeri. Gel ini harus digunakan dengan hati-hati sesuai petunjuk dokter karena berisiko menyebabkan efek samping berupa kelainan darah (methemoglobinemia).

Memberikan teething ring

Teething ring merupakan alat bantu yang terbuat dari karet. Alat ini digunakan dengan cara digigit oleh bayi untuk merangsang pertumbuhan giginya. Teething ring banyak dijual di apotik atau toko perlengkapan bayi dengan model yang lucu dan warna yang menarik bagi anak.

Memberikan sayur dan buah

Untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi Si Kecil, Bunda dapat memberikan sayur-sayuran, buah-buahan, atau makanan lain dengan tekstur yang agak keras, misalnya wortel, timun, apel, dan biskuit. Tekanan pada gusi saat bayi menggigit makanan tersebut dapat mengurangi iritasi di gusinya.

Selain melakukan cara-cara di atas, Bunda juga harus tetap menjaga kebersihan mulut Si Kecil dan kebersihan benda-benda yang ia masukkan ke mulutnya untuk digigit. Dan ingat, jangan meletakkan benda-benda berbahaya di dekat Si Kecil, misalnya benda yang berisiko menyebabkannya tersedak.

Tanda-tanda kemunculan gigi pertama bayi biasanya akan reda dengan sendirinya setelah gigi susunya muncul. Bila gejala ini tidak kunjung reda atau justru bertambah parah, sebaiknya Bunda segera memeriksakan Si Kecil ke dokter gigi.

Source: alodokter.com

Artikel Lainnya

Menyaksikan tahapan perkembangan bayi pasti sangat menyenangkan untuk Mama dan Papa. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, pemantauan tumbuh kembang anak pada 1.000 hari pertama kehidupan sangat penti...

Retinol merupakan turunan vitamin A yang sering digunakan sebagai bahan skincare anti-aging. Retinol dapat memasuki lapisan stratum korneum dan dermis kulit. Ketika dioleskan di atas lapisan kulit,...

Banyak hal yang perlu diperhatikan sebagai orang tua, salah satunya kepribadian anak. Ada perbedaan signifikan antara seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan introvert. Umumnya ekstrov...

Menyusui di tempat umum bukan hal yang mudah bagi ibu. Meskipun, beberapa ibu ada yang merasa cuek saja harus menyusui si kecil di depan umum atau sebaliknya, ada ibu yang merasa risi dan tak nyaman. ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................