Serat Penting untuk Bayi, Tapi Tetap Jangan Berlebihan

Jumat, 09 September 2016 | 10:06 WIB Penulis : Erni Wulandari


Pemberian serat sering digembar-gemborkan bisa dilakukan untuk mencegah sembelit, termasuk pada bayi. Meskipun demikian, pemberiannya tetap harus diperhatikan agar tak berlebihan dan justru memicu sembelit.

Menurut dr Meta Hanindita, SpA, serat dapat membuat feses menjadi lebih lunak karena serat menahan lebih banyak air, efeknya feses pun lebih mudah dikeluarkan. Tapi ingat, orang tua perlu cermat memilih jenis serat yang dikonsumsi buah hatinya.

Jika jenis serat yang diberikan kurang tepat dan dalam porsi berlebihan, hal tersebut justru bisa memicu anak mengalami sembelit.

"Perbanyak jumlah serat untuk anak dengan buah, sayur, roti gandum sebagai ganti roti putih atau sereal tinggi serat seperti oatmeal dan wheat. Hindari juga memberikan pisang terlalu sering, terutama jika pisang tersebut belum benar-benar matang. Hal ini menurut dr Meta juga bisa membuat anak sembelit.

Sebaliknya, untuk mengatasi sembelit pada anak sebaiknya berikan buah seperti apel atau sayuran hijau yang banyak mengandung serat dan air. Jangan lupa untuk tetap memberikan ASI pada anak. Pijat 'I love you' juga dapat membantu.

Teknik pijat ini dilakukan dengan menggunakan dua atau tiga jari, yang digerakkan dengan membentuk huruf I-L-U dari arah bayi (bila dari posisi kita membentuk hurug I-L-U terbalik). Caranya, urut perut bagian kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I). Lalu urut melintang dari perut kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L). Kemudian urut dari kanan bawah perut bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk huruf U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

 

Sumber : health.detik

Artikel Lainnya

Gejala COVID-19 pada Ibu Hamil dan Pengaruhnya pada Janin Hamil di saat pandemi Covid-19 dapat menimbulkan kecemasan, apalagi bagi ibu hamil yang rentan stress da...

Manfaat vernix caseosa Manfaat utama cairan lemak vernix caseosa adalah untuk melindungi dan menghidrasi kulit bayi.Apalagi, lapisan ini juga bermanfaat bagi bayi saat dalam kandungan dan setelah i...

Salt therarpy terbagi menjadi dua kategori utama: Terapi Garam Basah dan Terapi Garam Kering. Masing-masing memiliki metode penerapannya sendiri yang bisa Moms lakukan di rumah. Berikut di ant...

Seorang Bunda mengeluh mengalami alergi makanan sejak hamil anak pertamanya. Mulanya sakit perut setelah makan telur, padahal tidak pernah alergi telur sebelumnya. Lalu, saat makan kacang tanah dan al...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................