Tahapan Proses Bayi Tabung

Senin, 26 April 2021 | 11:17 WIB Penulis :


Mungkin Moms masih bingung sebenarnya bagaimana proses bayi tabung itu, ya. Apakah akan mengalami rasa nyeri ketika proses itu terjadi?

Tenang Moms, program bayi tabung di IVF Center RS Pondok Indah telah menggunakan teknologi berbantu yang membuat prosesnya semakin praktis dan tidak memicu nyeri yang berlebihan.

Yuk pahami proses bayi tabung untuk pasangan yang ingin memiliki buah hati.

Berikut proses program bayi tabung yang dilansir dari National Health Service dan pemaparan salah satu dokter kandungan spesialis di Rumah Sakit Pondok Indah.

 

1. Konsultasi dan Pemeriksaan Hormon

di saat hari ke-2 menstruasi," tambah dr. Yassin, pada Kamis lalu.

Dokter akan memeriksa dan menyarankan Moms dan Dads untuk melakukan pemeriksaan laboratorium lengkap terlebih dulu.

Untuk Moms, dokter akan memeriksa beragam organ reproduksi, dari kualitas sel telur dan rahim. Menurut Mayo Clinic, pemeriksaan rahim akan dilakukan dengan menggunakan alat USG Transvaginal.

Sementara, untuk Dads, akan melakukan pemeriksaan gerakan sperma, jumlah, hingga ukuran sperma.

 

2. Obat Pemicu Ovulasi

Setelah itu, Moms akan dijadwalkan kunjungan ke rumah sakit untuk melakukan proses-proses selanjutnya dalam program bayi tabung.

Pada proses bayi tabung ini, dokter kandungan akan menyuntikkan obat untuk pemicu ovulasi.

Dilansir dari American Pregnancy Association, dokter akan memberikan beberapa obat kesuburan yang akan merangsang produksi sel telur menjadi lebih banyak.

"Terdapat dua jenis obat untuk membesarkan sel telur dan obat penekan hormon agar sel telur tidak pecah terlalu cepat," tambah dr. Yassin.

Hal ini berfungsi untuk merangsang folikel atau sel telur agar menjadi matang dan baik untuk pembuahan.

Kemudian Moms akan mendapatkan kalender untuk cek USG pemantauan dari hasil penyuntikkan.

3. Tindakan Petik Oosit/Ovum Pick Up

Tahap selanjutnya pada proses bayi tabung adalah memetik calon sel telur dalam rahim yang digunakan untuk pembuahan.

Menurut Penn Medicine, Moms akan menjalani prosedur bedah kecil atau disebut aspirasi folikel untuk mengeluarkan sel telur.

Sel telur yang telah matang dari hasil penyuntikkan hormon, akan diambil cairannya melalui proses suntik oleh dokter kandungan.

Proses ini Moms tidak akan mengalami rasa nyeri dan tindakan berlangsung cepat yakni 5-15 menit.

"Ketika sel telur yang matang lebih dari dua, ini akan berpeluang mendapatkan banyak embrio dan kehamilan kembar," jelas dr. Yassin.

 

4. Mengeluarkan Sperma

Sama seperti wanita, pria juga akan diberikan obat kesuburan demi meningkatkan kualitas sperma.

Dilansir dari para ahli University Rochester Medical Center, pada tahapan proses bayi tabung ini, dokter akan meminta Dads mengeluarkan sperma di hari di mana sel telur juga dikeluarkan.

Lain dengan sel telur, mengeluarkan sperma umumnya tidak membutuhkan prosedur khusus.

 

5. Pembuahan

 

Proses bayi tabung ini disebut juga sebagai Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI).

Ahli embriologis akan menyuntikkan sperma ke dalam sel telur yang telah dipilih dan baik kualitasnya.

"Hal yang membuat program IVF sangat tinggi peluangnya untuk kehamilan adalah karena kita langsung menyuntikkan sperma langsung ke sel telur ibu," ucap dr. Yassin.

Setelah sel telur dan sperma didapatkan, proses bayi tabung selanjutnya adalah pembuahan.

Pembuahan sperma dan telur akan dilakukan di dalam sebuah tabung. Setelah 16 sampai 20 jam, tim medis akan melihat apakah pembuahan yang dilakukan berhasil atau tidak.

Pada program bayi tabung di IVF Center RS Pondok Indah, ia memiliki private incubator yang memungkinkan setiap pasien memiliki inkubator pribadi. Keamanan dan sterilisasi pembuahan ini cukup terjamin ya, Moms.

 

6. Embrio Dipindahkan ke Rahim

Proses bayi tabung selanjutnya yakni calon embrio dipindahkan ke dalam rahim ibu.

Menurut American Pregnancy Association, Moms juga akan diberikan beberapa terapi dan obat untuk mempersiapkan rahim.

Transfer embrio tanpa pembiusan tidak terasa sakit dan membutuhkan waktu 5-10 menit. Akan memakai selang kecil untuk memindahkan embrio ke dalam dinding rahim.

Bila tidak ada pembuahan, sperma akan disuntikkan ke dalam sel telur agar terjadi pembuahan. Selanjutnya, telur yang sudah dibuahi alias embrio akan dibiarkan tumbuh di dalam tabung selama 6 hari.

Kehamilan baru terjadi ketika embrio tersebut berhasil menempel dan tumbuh di dinding rahim. Tahapan tersebut umumnya memakan waktu 6-10 hari.

Setelah 10 hari, dokter akan meminta Moms untuk periksa darah dan melihat apakah kehamilan terjadi atau tidak.

 

7. Menunggu Hasil

Tahapan ini membutuhkan waktu hingga 14 hari ke depan setelah proses bayi tabung sebelumnya.

Kuncinya kurangi stres dan tetap berpikir positif ya, Moms. Keberhasilan promil bayi tabung ini cukup tinggi dan tak perlu diragukan.

 

Source: orami.co.id/

Artikel Lainnya

Suara Napas Bayi Terdengar Berisik Jangan kaget jika bayi mama yang baru lahir bernapas dengan berisik. Bayi hanya dapat bernapas melalui hidung dalam beberapa bulan pertama kehidupan. Ini dapat me...

Di era globalisasi dan perkembangan zaman seperti sekarang, bukan hal yang asing lagi saat anak mulai menggunakan teknologi sebagai media bermain. Inilah pentingnya peran orang tua dalam menghada...

Apakah Anda menyadari ketika memberikan anak hadiah mainan, dia akan bermain dengan mainan tersebut sesaat kemudian menjadi lebih tertarik dengan kardus mainannya? Riset terbaru membuktikan anak-anak ...

Masuk angin bukanlah suatu penyakit yang serius bagi Si Kecil dan bisa ditangani dengan cara yang alami Semakin bertambah usia dan perkembangan bayi, maka semakin besar juga rasa ingin tahunya deng...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................