Tips Sederhana Membuat Anak Tumbuh Sebagai Pribadi Bahagia

Selasa, 31 Agustus 2021 | 15:04 WIB Penulis :


Melihat buah hati tumbuh sehat, aktif dan bahagia tentu menjadi dambaan setiap orangtua. Karena kebahagiaan anak di masa kecil, sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya hingga beranjak dewasa.

Anak yang bahagia biasanya akan memiliki karakter periang, percaya diri, kreatif, berani dan rasa ingin tahu tinggi. Di sini, pola pengasuhan orangtua sangat berperan penting supaya si Kecil tumbuh bahagia. Toh, kita sebagai orangtua, tentu kita tidak ingin dong meninggalkan memori buruk di masa kecil anak.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan orangtua supaya anak menjalani masa kecilnya dengan kebahagiaan? Ini dia 10 tips si Kecil tumbuh bahagia versiku.

  1.     Nikmati peran sebagai orangtua

Kunci pertama agar anak bisa tumbuh bahagia tentu dimulai dengan menjadi ibu yang bahagia terlebih dahulu. Ibu adalah jantung keluarga. Kalau kitanya bahagia, maka satu keluarga pasti bakal ikut bahagia juga.

  1.     Beri cinta tanpa syarat

Terkadang anak mungkin membuat ulah yang bikin geleng-geleng kepala. Kalau ini terjadi, tarik nafas dulu saja Moms. Mereka melakukan itu pasti tidak sengaja, segera peluk dan kasih tahu mereka baik-baik. Jangan gores masa kecil anak dengan bentakan dan amarah.

  1.     Temani anak bermain

Maksud menemani main di sini bukan sekadar duduk di sampingnya saja ya. Tapi ikutan main juga, kalau perlu simpan gadget sekalian, lakukan eye contact dengan anak supaya dia merasa diperhatikan. Meskipun diam saja, tapi si Kecil mengamati orangtuanya lho. Jangan sampai buah hati kalian menganggap kalau handphone kamu lebih penting darinya.

  1.     Peluk dan cium anak setiap hari

Aku dan suami enggak pernah absen untuk selalu meluk dan cium Sofia dari masih bayi sampai sekarang. Supaya dia merasa kalau dirinya berharga untuk kami.

  1.     Beri apresiasi atas usaha anak sekecil apapun itu

Sekalipun dia gagal mendapatkan hasil yang kita inginkan. Ini penting untuk meminimalisir stres dan membuatnya merasa dihargai.

  1.     Kasih pujian yang memotivasi

Tidak ada yang salah dengan memberi pujian kepada anak sendiri. Karena dengan dipuji, anak pasti merasa bahagia. Asalkan pujian tersebut dibarengi dengan kalimat motivasi agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri juga.

  1.     Jangan marahi anak di depan umum

Kalau mau menasehi anak, sebisa mungkin dilakukan empat mata saja. Jangan sampai kelepasan marah di tempat umum karena bisa membuatnya malu dan menurunkan rasa percaya dirinya.

  1.     Ajarkan anak kecerdasan emosional

Temani dia bagaimana pun suasana hatinya, terutama saat sedih, kesal, marah, tantrum. Belajar validasi emosi supaya si Kecil merasa bahwa kita juga mengerti perasaannya.

  1.     Cukupi waktu tidur anak

Kurang istirahat bisa membuat seseorang gampang emosi. Untuk itu, penting bagi orangtua memastikan anak mendapat waktu tidur cukup yakni sekitar 10-12 jam per hari.

10. Penuhi asupan nutrisinya

Selain gaya parenting, nutrisi juga menjadi faktor penunjang agar anak tumbuh bahagia. Kebayang enggak sih kalau si Kecil kurang mendapat nutrisi, pasti terlihat lemas, mudah rewel dan kurang fokus sehingga tumbuh kembangnya terganggu.

 

Source: 

Artikel Lainnya

Ketika anak sakit, dokter pasti memberikan suplemen atau vitamin untuk membantu mempercepat penyembuhan si kecil. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam tubuh memang berpotensi me...

Manfaat air putih bukan hanya untuk menyegarkan tubuh namun mempengaruhi pertumbuhan dan perlembangan anak. Apa saja manfaat air putih bagi anak? Air putih bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkem...

Banyak orang mengatakan bahwa anak selalu berkata jujur. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun penelitian mengatakan bahwa mulai dari usia 24 bulan anak cenderung melakukan kebohongan. Melansir d...

Moms terkadang merasa risih saat Si Kecil memiliki kebiasaan buruk ketika mengisap jempol. Jika dibiarkan, si Kecil akan semakin sering mengisap jempolnya sendiri bahkan saat berada di tempat umu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................