Solusi Mengatasi Anak yang Suka Mengemut Makanan!

Jumat, 07 Januari 2022 | 10:43 WIB Penulis :


1. Batasi cemilan sebelum makan

Makan merupakan proses yang secara naluriah akan dilakukan saat perut lapar. Nah, pada kebanyakan kasus anak susah makan disebabkan berkurangnya rasa lapar akibat asupan cemilan atau susu yang mereka konsumsi sebelum makan.

Akibatnya, saat waktu makan tiba, anak sudah merasa kenyang sehingga rentan menolak makan atau malah mengemut makanannya.

Maka dari itu, batasi memberikan cemilan atau susu kepada si Kecil minimal satu jam sebelum waktu makan.

2. Ajak makan bersama

Anak-anak adalah peniru yang ulung. Oleh sebab itu, berilah contoh bagaimana sikap makan yang baik dengan mengajaknya makan bersama-sama dalam satu meja makan.

Tawarkan satu per satu menu makanan yang ada dan biarkan ia mencicipi rasa makanan yang baru untuk mencegah kebosanan. Aktivitas makan bersama membuat anak lebih semangat menghabiskan makanannya.

 

3. Variasikan menu makanan

Anak-anak cenderung cepat merasa bosan dengan menu makanan yang ditawarkan secara terus menerus. Jika sudah begini, ia biasanya akan memilih untuk memainkan makanan atau mengemutnya.

Cobalah membuat variasi menu yang berbeda setiap harinya. Bentuk makanan yang lucu dan warna pada makanan akan menarik perhatiannya, sehingga anak menjadi penasaran untuk mencobanya.

4. Batasi waktu makan

Jika cara-cara diatas masih belum berhasil, maka cobalah menetapkan durasi makan agar si Kecil termotivasi untuk menghabiskan makanannya lebih cepat.

Tentukan berapa lama anak harus menghabiskan makanannya, misalnya 30 menit atau satu jam. Kemudian pasang timer dan minta anak untuk berhenti makan apabila waktu yang ditentukan sudah habis.

Dengan konsisten menerapkan cara ini, Mama mengajarkan anak untuk disiplin saat waktu makan.

 

 

5. Beri makanan dengan rasa yang unik

Perlu Mama ketahui bahwa mengemut makanan bisa jadi gejala diagnostik dari kesulitan sensorimotorik oral pada anak.

Untuk mengatasi ini, Mama bisa ‘membangunkan mulut’ anak dengan memberikan makanan yang memiliki rasa yang cukup kuat atau unik, misalnya rasa pedas, asam atau makanan dingin.

Jenis makanan ini dapat membantu anak mengatur gerakan oral dengan lebih efektif.  

6. Suasana makan yang menyenangkan

Sebaiknya alihkan perhatian si Kecil dari gadget atau televisi. Sebab, aktivitas screen time membuat anak cenderung pasif sehingga ‘lupa’ untuk mengunyah makanannya.

Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, misalnya dengan mengajak anak bercerita atau sambil mendengarkan musik.

Satu hal yang perlu Mama ingat bahwa makan merupakan suatu proses bagi anak, jadi jangan pernah memaksa apalagi memarahinya.

Hal tersebut justru akan membuat anak semakin tertekan dan enggan menyentuh makanannya.

7. Konsultasikan dengan dokter

Apabila mengemut makanan terjadi karena penurunan kemampuan mengunyah dan gerakan oral yang buruk, maka sangat penting untuk membantu anak menjaga kebersihan mulutnya. Mengemut makanan terlalu sering dapat mengakibatkan kerusakan gigi dan aspirasi.

Jika kebiasaan mengemut makanan terjadi dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya konsultasikan kondisi ini pada dokter gigi anak untuk mengetahui apa penyebabnya. Kemungkinan dokter akan menyarankan untuk menyikat sisi lidah saat menggosok gigi.

Hal ini dapat membantu lateralisasi lidah yang dibutuhkan untuk mengunyah makanan. Selain itu, stimulasi pada bagian dalam pipi dengan cara sikat gigi atau mendorong bagian dalam pipi dengan jari. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki koordinasi mengunyah yang buruk akibat pipi yang tidak aktif.

Dengan mengetahui penyebab dan penanggulangan yang tepat dapat menghentikan kebiasaan anak mengemut makanan. Sehingga waktu makan pun jadi lebih efektif.

 

Source: https://www.popmama.com/

Artikel Lainnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak usia 6 bulan hingga 18 tahun mengalami peningkatan signifikan dalam dua bulan terakhir. Kementerian Kesehatan ...

Sering mengantuk sebetulnya tidak selalu menandakan perkembangan anak yang terganggu, bisa saja terjadi akibat hal-hal yang dijelaskan di atas.  Namun, mengantuk terus menerus bisa menjadi tan...

Radang usus buntu merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya pembengkakan pada bagian kelenjar apendiks. Penyakit ini dapat diderita Si Kecil apabila ia memiliki kebiasaan yang tidak baik...

Alergi susu sapi merupakan alergi makanan yang paling umum pada bayi.     Alergi susu sapi terjadi karena tubuh bereaksi berlebihan terhadap protein dalam susu sapi yang dianggapnya ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................