7 Tips Menjaga Kamar Tidur Anak Tetap Bersih dan Rapi

Kamis, 20 Januari 2022 | 11:07 WIB Penulis :


Sesering apa pun untuk dibersihkan, kamar tidur anak sangat mudah kembali berantakan, kotor, dan kacau.

Anak-anak belajar, bermain dan melakukan semua hal lain di kamar tidurnya sepanjang hari, yang secara otomatis membuatnya berantakan dan kacau layaknya kapal pecah. 

Jadi, membersihkan kamar tidur anak sesering mungkin tidak akan selalu membantu.

1. Libatkan anak-anak Pastikan untuk melibatkan anak-anak saat mengatur kamar tidurnya. Biarkan mereka membantumu mengatur barang juga. Dengan cara ini, mereka akan belajar membersihkan ruangan dan juga akan menghargai menjaganya agar tetap bersih dan tidak berantakan.

2. Membuat rencana Pertama, perhatikan seluruh ruangan dengan cermat dan buat rencana tentang bagaimana kamu akan menjalankan semuanya dan bergerak maju. Kemudian lakukan sesuai dengan rencan. Tanyakan kepada anak di mana mereka ingin menyimpan setiap barangnya di kamar tidur dan buatlah daftar barang yang sesuai.

3. Buang barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi oleh anak
Setelah membuat rencana, pertama-tama kumpulkan barang-barang yang tidak akan digunakan anak-anakmu lagi dan sisihkan untuk disimpan di tempat sampah. Tetapi sebelum membuangnya, mintalah izin anakmu karena mereka mungkin membutuhkan sesuatu dari barang itu.

4. Mulailah dari lantai Pertama, mulailah membersihkan kamar tidur anak dari lantai dan di bawah tempat tidur.

Di sinilah anak-anak biasanya meletakkan sebagian besar barang mereka secara sembarangan. Merapikan dan membersihkan lantai akan selalu didahulukan.

Dan lantai yang bersih akan membantumu menyortir segala sesuatunya dengan lebih baik.

5. Jadikan kegiatan pembersihan terasa seperti permainan Membersihkan dalam waktu lama mungkin membosankan bagi si kecil. Jadi, buatlah itu terasa lebih seperti permainan daripada tanggung jawab.

Kamu juga bisa menjanjikan anakmu untuk memberikan hadiah setelah permainan selesai. Untuk menyelesaikan setiap tugas, hitung mundur mulai dari angka 10, agar perkerjaan membersihkan dan merapikan kamar tidur anak seolah seperti sebuah permainan sungguhan.  

6. Simpan semuanya dengan mudah
Selalu simpan barang-barang terpenting di tempat yang mudah dijangkau anak-anak, bersama dengan barang-barang yang paling sering mereka gunakan sehari-hari seperti buku pelajaran, kotak pensil, kotak krayon, dan lain-lain.

7. Dekorasi Terakhir, datanglah bagian dekorasi kamar tidur anak. Ini adalah bagian penting karena dekorasinya harus menarik, menyenangkan, dan memukau, sehingga anak-anakmu akan senang menjadi bagian darinya.

Jadi, pastikan kamu tidak membuat dekorasi yang membosankan. Gabungkan warna sebanyak mungkin dan tempelkan poster tokoh kartun atau super hero yang mereka sukai.

 

Source: kompas.com

Penulis Abdul Haris Maulana | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan
Pic SHUTTERSTOCK/KATERYNA OMELIANCHENKO


 

Artikel Lainnya

Sewaktu kecil, mungkin sebagian Ibu pernah merasakan cara belajar menggambar tanpa kebebasan berimajinasi dan berkreasi. Misalnya, saat belajar menggambar pemandangan, biasanya identik dengan 2 gunung...

Saat si kecil mogok makan jangan dulu panik, cari tahu penyebab dan solusi yang tepat saat balita menjalankan aksi tutup mulit alias mogok makan : 1. Sakit Kondisi tenggoroakannya yang radang, a...

Fakta medis di balik mitos 40 hari Menurut dokter kebidanan dan kandungan dr. Benny Johan Marpaung, Sp. OG., secara medis tidak ada kondisi khusus yang melarang ibu untuk keluar rumah setelah melah...

Jakarta -  Sejak anak lahir, mereka sangat luar biasa di mata Bunda. Setiap kemampuan barunya semakin membuat Bunda yakin bahwa Si Kecil pasti cerdas. Ternyata, hal tersebut tidak se...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................