Cara Aman Redakan Batuk Pilek pada Bayi Tanpa Obat

Selasa, 01 Maret 2022 | 12:38 WIB Penulis : Muhayati Faridatun  


Bayi Bunda batuk pilek? Pasti bingung ya bagaimana menanganinya, apalagi kalau bayi baru lahir. Boleh enggak sih bayi minum obat untuk menyembuhkan batuk pilek? Yuk, simak penjelasannya.

Saat memasuki musim hujan, penyakit seperti batuk dan pilek memang sangat mudah menyebar. Kalau punya bayi dan orang di sekitar kena batuk pilek, pasti Bunda cemas si kecil akan tertular.

Dikutip dari Healthline, setiap bayi dilahirkan dengan imunitas atau kekebalan terhadap berbagai penyakit. Meski begitu, bayi butuh waktu untuk mematangkan sistem imunitas dalam tubuhnya.

Tahukah, Bunda, ada lebih dari 200 tipe virus yang bisa menyebabkan batuk pilek. Tapi enggak perlu khawatir, sebagian besar pilek yang menyerang bayi justru akan membantu meningkatkan kekebalan mereka.

Tapi memang tak dimungkiri, orang tua pasti cemas kalau bayi batuk pilek untuk pertama kalinya. Faktanya, bayi bisa terserang batuk pilek di usia berapa pun. Sebagian besar bayi mengalami batuk pilek setidaknya tujuh kali sebelum usianya genap satu tahun.

"Pilek pada bayi baru lahir tidak berbahaya, tapi bisa dengan cepat meningkat jadi kondisi seperti pneumonia. Pada dasarnya, saat bayi di bawah 2 atau 3 bulan sakit apapun, harus dibawa ke dokter, terutama jika bayi demam," demikian penjelasan yang dikutip dari ulasan berjudul What You Should Know About Colds in Newborn Babies di Healthline.

Jangan diberi sembarang obat

Bayi baru lahir yang mengalami batuk pilek harus dirawat dengan cermat. Melansir dari Medical News Today, tubuh bayi sebenarnya sedang belajar melindungi dirinya sendiri, tapi perlu bantuan terbaik dari orang dewasa, dalam hal ini orang tua.

Perawatan yang lembut akan memberi kenyamanan pada bayi yang terkena batuk pilek. Bunda perlu ingat, obat batuk pilek yang dijual bebas tidak dianjurkan untuk bayi. Obat itu tidak akan berfungsi dan malah bisa menimbulkan efek samping yang serius.

Dokter pun kadang merekomendasikan beberapa pengobatan rumah untuk mengatasi batuk pilek pada bayi. Atau biasanya menyarankan pemberian obat tetes hidung untuk meredakan hidung tersumbat.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin memberikan obat penurun panas. Dan sebenarnya, diperlukan waktu hingga dua minggu untuk meredakan batuk pilek pada bayi. Berikut solusi aman untuk mengatasi bayi batuk pilek:

1. Hidrasi. Bayi harus terhidrasi dengan baik saat melawan batuk pilek. Lendir dan demam bisa menghilangkan cairan dan elektrolit vital. Jadi, pastikan bayi mendapat cukup ASI.

2. Bersihkan saluran hidung. Bunda bisa membersihkan hidung bayi dengan pipet karet agar membantu bayi bernapas lebih mudah.

3. Jaga kelembapan. Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan area di sekitar bayi. Ini bisa mencegah hidung bayi tersumbat dan melancarkan napas bayi.

4. Uap. Cara lain untuk mengatasi lendir adalah dengan uap air panas selama 10 sampai 15 menit. Bunda bisa melakukannya di kamar, caranya cukup tuang air panas ke dalam wadah agak besar seperti baskom, tapi hati-hati jangan terlalu dekat dengan bayi. Biarkan kamar tertutup agar uapnya dihirup oleh si kecil.

Selain itu, Bunda juga bisa menambahkan Pure Kids Inhalant Decongestant Oil, aromaterapi yang dipercaya mampu melegakan hidung tersumbat akibat pilek pada anak, serta membantu relaksasi. Bunda nggak perlu khawatir, Pure Kids Inhalant tidak ada efek samping karena tidak langsung diaplikasikan di kulit. Ditambah lagi, dengan kandungan Eucalyptus Pure Kids Inhalant mampu melegakan sekaligus menghambat virus Corona.

Pure Kids Inhalant Decongestant Oil juga diproduksi oleh perusahaan Farmasi yang sudah bersertifikat halal. Cara pakainya praktis, tinggal diteteskan di kerah baju, sarung bantal, air panas dalam mangkok, tungku aroma terapi atau diffuser. Dengan 3 aroma yakni orange, geranium dan lemon yang menyegarkan Purekids Decongestant Inhalant Oil bisa didapatkan di toko-toko terdekat maupun e-commerce kesayangan Bunda. Klik di sini untuk tahu informasi selengkapnya, Bun.

5. Istirahat. Bayi yang sedang batuk pilek sebaiknya cukup istirahat karena biasanya, jam tidurnya terganggu karena tidak nyaman. Hindari juga membawa bayi ke tempat-tempat umum ya, Bunda.

Kalau gejala batuk pilek memburuk, sebaiknya Bunda periksakan si kecil ke dokter. Konsultasikan juga jika ingin menggunakan obat rumahan atau bahan alami. Semoga lekas sembuh.

 

Souce : haibunda.com

Artikel Lainnya

Banyak orangtua yang menerapkan begitu banyak aturan agar si kecil berperilaku baik. Namun, sebuah penelitian justru berkata lain. Dua perguruan tinggi di New Zealand mengungkapkan bahwa anak ber...

Kapan sebenarnya usia tepat balita bisa berpuasa? Perkembangan setiap anak berbeda dan unik, jadi tak ada patokan usia tepat mengajarkan balita berpuasa. Yang dapat Anda lakukan adalah mengenalkannya ...

Membiasakan anak untuk tidur sendiri merupakan fase penting. Dengan tidur sendiri akan membuat si kecil mengenali rasa ngantuknaya dan juga melatih kemandirian sejak dini. Namun ada beberapa kesalahan...

Ketika Asisten Rumah Tangga (ART) mudik dan Anda kehabian waktu serta tenaga untuk cuci-jemur-setrika pakaian, maka jasa laundry kiloan yang saat ini bertebaran dapat digunakan. Namun perhatikan 7 h...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................